Moneygame Febrian dan Randu: DNI, DBS dan Eco racing

Tentang dua bersaudara tokoh moneygame

Dua anak muda ini adalah kakak beradik. Dua-duanya cerdas. Terbukti kuliahnya di ITB. Mereka cerdas pula menggunakan label-label yang ‘rada-rada’. Maksudnya rada-rada salah. Tidak sepenuhnya salah, tapi sengaja menyesatkan orang.

Dalam hal latar belakang akademis, misalnya. Yang satu, Febrian Agung, drop out dari ITB dan selalu menyebut dirinya almuni ITB. Tidak salah. Kuliah satu semester pun orang bisa menyebut dirinya alumni. Tapi itu lucu. Mungkin cuma 1 orang di dunia yang drop out dari suatu kampus tapi selalu mencantumkan ‘gelar’ alumni kampus tersebut. Sanga unik. Mungkin tujuannya supaya orang mengira dia lulusan ITB. Ya kan tidak banyak orang yang tau bedanya alumni dan lulusan. BTW, di berbagai media pun selalu disebut dia lulusan dan selalu lupa protes.

Yang satu lagi, Randu SW juga sama. Dia sarjana teknik alias ST, tapi selalu memakai gelar ‘Ir’ di depan namanya. Gelar Ir itu adalah gelar profesi. Yang berhak pakai gelar itu adalah anggota Persatuan Insinyur Indonesia. Syaratnya pengalaman di dunia keteknikan kurang lebih 5 tahun dan punya rekam kerja keteknikan. Tapi Randu SW ini dari lulus kuliah sudah main di money game. Jadi aneh juga. Rekam kerja sebagai Leader MLM moneygame, gelarnya Insinyur. Setau saya tak ada teknik moneygame.

Tapi pokoknya, dua anak muda ini memang cerdas. Dengan kecerdasannya dia bisa membuat bisnis yang dikagumi para Ustadz dan nubitol. Dimulai dari Duta Network Indonesia, lalu Duta Business School dampai Eco Racing.

Perjalanan itu dimulai dari DNI

DNI atau Duta Network Indonesia itu MLM jualan pulsa. Semi moneygame. Disini Randu SW berhasil sukses merekrut banyak orang dan mempunyai penghasilan besar.

Melihat adiknya banyak uang, Febrian agungpun ikut dan berhasil juga menjadi Leader yang sukses. Tanda-tanda kehebatan dua bersaudara ini sudah kelihatan.

https://www.youtube.com/watch?v=szxOsPDMNfc&feature=youtu.be
Febrian Agung di Acara penghargaan Duta Network Indonesia

DNI dengan gaya khas iming-iming: Bisnis sukses supaya orang beli chips pengisi pulsa dan membeli pulsa dari mereka. Cara ini ampuh untuk jadi Leader sukses. Dan itulah yang dipakai oleh Leader-leader DNI seperti Randu SW dan Febrian Agung. Mau jualan pulsa doang? Duh berapa untungnya? Rekrut orang lebih bagus. Dapat komisi sponsor dan pasangan berserta berbagai reward.

Sukses di DNI, membuat sendiri DBS

Sukses di DNI tentu tak cukup untuk 2 anak muda yang cerdas ini. Punya perusahaan moneygame sendiri tentu lebih asik. Untungnya lebih banyak.

Maka merekapun membuat DBS. Serupa saja dengan DNI. Lebih parah, malah. Harga pulsa tak bersaing. Orang jauh lebih fokus rekrut member daripada jual pulsa.

Mmmh, wait. Mereka? Ya secara legalitas yang mendirikan adalah Febrian Agung. Randu SW dipasang sebagai Leder papan atas. Ini juga cerdas. Selain untung jual chips, bonus pasangan bertingkat-tingkat jatuhnya ke mereka juga. Asik.

Seperti halnya skema piramida lain, DBS pun bubar. Untung besar bagi dua bersaudara dan segelintir orang, duka bagi ribuan orang.

Derita member DBS dan sukses Randu.
Lebih lanjut di Ini kisah modus Febrian Agung dan Randu SW di DBS.

Eco Racing, Modus itu berulang lagi

Sekarang 2 bersaudara sedang mengelola skema piramida baru: Eco Racing. Disinilah kecerdasan mereka dalam mebuat label dan klaim yang ‘rada-rada’ benar-benar dicurahkan:

Menyatakan produk lulus uji padahal yang diuji hanya secuil sample

Menyatakan Eco Racing mempunyai paten produk padahal cuma hak merek

Menyatakan Eco Racing penghemat BBM padahal yang diukur emisi HC

Selain berbagai label dan klaim diatas, tentu tak lupa pula dia menutupi moneygame alias skema piramida di Eco Racing, dengan menyembunyikan istilah hak usaha dan fakta bahwa satu orang bisa mempunya hak usaha:

Upaya Febrian Agung menutupi skema piramida

Sama dengan DBS, di Eco Racing pun secara legal pendirinya adalah Febrian Agung. Randu SW dipasang sebagai Leader papan atas yang akan menangkap berbagai bonus dan reward jaringan terbanyak.

Dan sama dengan DBS, sebentar lagi Eco Racing pun akan bubar. Hasilnya adalah beberapa puluh orang sukses dan beberapa puluh ribu orang yang rugi.

Mau buktinya? Lihat saja sebentar lagi.

42 komentar untuk “Moneygame Febrian dan Randu: DNI, DBS dan Eco racing”

    1. Sdh dagang yg reality aja misal buka warung Malam, jualan baju, HerbaL doll jadi ga usah nipu2 berlabel MLM. Does dosa

      No MLM yuk kerja Yg pasti2 Dan dagang Yg reality aja

      1. Menurut saya penulis ini kocak yah, Allah memberikan akal dan fikiran untuk saling mengingatkan, bukan mendzolimi, ingatkan aja orgnya jgn dzolim di web, klo penulis org muslim pasti mengerti dengan istilah dosa jariah, wah dgn mengomongkan org seperti ini, udah otomatis semua dosa2 org yg dibicarain akan masuk kepada penulis dan semua pahalanya penulis akan masuk kepada org yg dibicarakan tersebut, tp klo penulis ini kaum kafir saya rasa tidak akan mengetahui hal yg seperti pahala dan dosa tadi, mudah2an kita semua termasuk org2 yg dilindungi Allah SWT. Kita urus masing2 iman kita, kita ingatkan teman kita apabila teman kita punya salah, kita pelajari dahulu apa yg sedang terjadi, masa lalu mungkin orang2 pernah berbuat salah, tp jika bertaubat Allah akan menghapus segala dosanya mudah2an kita semua Istiqomah

        1. Benar sekali, Allah memberi akal bukan untuk saling menzolimil. Anda baca artikelnya gak? Menerut anda, di DBS itu febrian agung menzolimi orang apa gak? Dan kalau bicara soal menzolimi dan kafir, di negara kafir justru skema piramida seperti ini pelanggaran berat. Di Indonesia, skema sesat ini dipraktekkan sambil bersorban, termasuk pakai simbol-simbol agama, dengan kata-kata nyantri seperti Anda.

          1. Penulis buat kyk gni ya penulis sudah mendzolimi jg secara tidak langsung,,, heheheh
            Udah biarin saja, biar org2 menilai sendiri, krn yg saya rasa money game itu tidak ada nya produk yg dijual, tp saya cermati di youtube dan media lainnya jelas ada produk, hati2 dengan fitnah, karena dosa jariahnya bisa sampai kiamat, dan klo boleh tau, menurut anda money game seperti apa?? Coba kita sharing aja yah

          2. belajar lagi yang banyak. moneygame skema piramida itu justru ada produk yang dijual, yang lakunya cuma di kalangan member. bedakan dengan moneygame skema ponzi. Belajar lagi, jadi tau siapa yang menzolimi.

        2. Klu memang itu benar,…?

          Melindungi orang banyak, lebih baik. Jgan biarkan orang membuat keji dan mungkar, apalagi menzalimi orang banyak.

          Dalam islam, apakah muamalat seperti itu yg dianjurkan, atau bahkan dilarang atau salah satu jenis riba dari 63 jenis riba.

          Mungkin itu informasi mengingatkan, kebenaran ada pada masing2, atas dasar ilmu.

    2. Sy jg ikut edc nih tapi sistem konsorsium. Klw giv4dream kemarin ikut 3 juta. Tp kayakx beneran scam deh. Sekarang apa2 Web nya my mulu, aplikasinya server connection mulu. Ikhlas aja lah, uang 4,5 hilang dr Coin2 abal ini, anggap aja kurang sedekah

  1. info ada yg benar ada pula yg mesti diluruskan… DNI dg Randu sbg leader itu benar..anak muda berprestasi dimana yg lain hanya menunggu transferan ortunya. gelar Ir bukan mas Randu yg nulis..tapi mitra2nya dan diluar kuasa mas Randu…sudah berungkali di bantah… soal H Febrian agung Dwi Prasetio…sudah ada rilis di instagram beliau bahwa beliau tdk pernah menulis gelar… beliau sdh menyelesaikan semua mata kuliah bahkan melebihi target sarat kelulusan dan sudah sidng skripsi tapi tidka mau di WISUDA krn mengikuti inspiratornya BILL GATES lukus dari HARVARD tapi tidka mau di wisuda akhirnya dinyatakan DO (Drop out) krn mereka memotong jembatan… menuntut ilmu setingginya tapi ga perlu gelar mereka adalah ENTERPRENEUR/PENGUSAHA. ( data dan fakta hasil skripsi dan mata kuliah dg total nilai IPK 3.5. diatas rata2.
    silahkan cek di instgram beliau:
    Febrianagungofficial

    …atau hub saya: chef muno

    eco racing adalah jalan usaha terbaik yang saat ini sudah terbukti LEGAL, HALAL, Masuk Akal, bukan puluhan yg dapat reward cash tanpa nyicil tanpa riba… RIBUAN mas ….silahkan cek n ricek
    http://www.sinergy-world.com

    #nohaters
    #ceknricek
    #OJK
    #KBLI47999
    #permendag
    #AP2LI
    #MUI
    #HALAL
    #LEGAL

    Seoga bijak dalam membuat konten

    chef muno

    1. Mau meluruskan tapi info anda sendiri yang bengkok. Di facebook dan IG nya sendiri randu tulis gelar insinyur. Banyak orang lain bisa mandiri tak mengandalkan trasferan ortu dengan usaha tanpa mengorbankan orang lain. Jauh bener bandingannya Gill Gates. Dia tak pernah tulis di dokumen profesionalnya sebagai ‘alumnus xxx’.

    2. Belum pernah kuliah ya mas muno? klo sudah skripsi, sudah sidang di nyatakan lulus gak ikut wisudapun tetep bisa ambil ijazah. Wisuda itu bukan syarat kelulusan. Klo ststusnya DO berarti ya memang belum selesai

      1. Saya ikut DNI dan sudah bubar,
        Tapi saya ga kapok ikut MLM,
        Karena ikut MLM ga merugikan orang,
        Kalo blm sukses ya anggap saja blm hoki,
        Jangan baper…
        Karena ga ada orang sukses tanpa proses,
        Ngapian ngurusin hidup orang,
        Banyak cara menuju sukses, termasuk bisnis MLM,
        Yg saya tau money game hanya urusan duit tanpa ada barang,
        Yg bawah ngasih bonus ke atas dst,

        1. Karena anda berjiwa pemain. coba pikirkan bahwa bubarnya skema itu adalah keniscayaan dan orng di piramida terbawah jadi korban. Moneygame skema piramida justru ada barang. Ngurusin orang? anda jualan juga ngurusin orang, tapi kalau jualan yang bener, kasih solusi ke orang. Apa itu bukan ngurusin orang? Jangan baper juga kalau sy bilang anda pemain.

          1. Justru menurut saya yg di bawah gk rugi kok. Org beli produk sesuai harganya, gmn aja warung kita beli rokok kan nguntungin warung dan nguntungin pemilik rokok, di eco racing jg sama, beli eco racing ya nguntungin yg punya eco racing, saya rasa gk ada masalah, produk jg saya pakai bagus2 aja, enak ke mesin buat obatnya jg bisa nyembuhin ortu saya yg punya kolesterol. Kembali lg ke niat, di eco racing gk usah jadi member jg gpp, mw jadi member sekedar pakai produknya jg gpp, gk jalanin bisnisnya jg gpp, kok mimin yg repotnya yah? Coba mimin produksi baju, benangnya mimin yg produosi, mesin jahitnya mimin yg bikin, cat bajunya mimin yg bikin, nah itu baru gkn nguntungin org lain

          2. hai pakai otak. Di eco racing kalau mau jadi member hanya untuk pakai sendiri gpp? ya gpp, siapa yang larang. Cuma ada gak member kayak gitu di eco racing? Kalau ada, berapa persen? gampang aja nih: buktikan bahwa penjualan eco racing lebih banyak di ‘non member’ daripada di member basic keatas. Kalau bisa membuktikan, saya hapus semua artikel kritik eco racing di bahas bisnis. Mau lebih jauh? saya bubarkan grup masyarakat anti ponzi yang selama ini gencar mengkritik skema piramida eco racing. Silahkan. Monggo, silahkan.

    3. Lulus, tapi tidak mau diwisuda sehingga tidak ada gelar? Wkwkwkwkw, aneh ya.

      Saya juga lulus dan saya tidak mengikuti wisuda, tapi saya mendapat gelar ST dan izasah sah dari Universitas. Krn saya memang sudah skripsi dan dinyatakan lulus. Bisa dicek ke Universitas saya.

    4. Lol, aneh aja bilang gamau wisuda karena mau ngikutin Bill Gates. Bill Gates DO dari Harvard setelah cuma 2 tahun kuliah karena dia emang bener” pengen fokus ke perusahaannya, jadi pionir di bidang komputer. Dia sendiri sebenernya pengen kuliah, dan berencana balik ke Harvard kalo emang bisnisnya gagal. Lah kalo Febrian, apa alesan dia ga ikut wisuda kalo dia emang BENERAN udah menuhin syarat lulus?

  2. Saya sudah mengamati ECO Racing sejak pertama. Beberapa rekan saya ahli matrix memang berpendapat akan terjerumus ke moneygame. Karena jualannya cenderung pada rekrut jaringan dari pada jual produk. Yang pasti akan menyimpang dari tujuan awal penciptaan produk. Orang cenderung tertarik pada iming iming bonus dan reword. Akhirnya jadi qoror dan multi akad. Hukumnya jadi haram muamalahnya. Jaringan group sebelah telah meledak dan bubar. ECO Racing juga akan sama bubar jika tidak ada perbaikan pola penjualannya

    1. Sahabat saya ikut bisnis ini dan memilih bisnis ini dari pada kerja ataupun usaha. Katanya tidak perlu lembur, tidak habis waktunya seperti pengusaha, setiap hari cuma ketemu orang, ngopi2, tapi dapat penghasilan lumayan, sebentar lagi akan bawa mobil pulang.

      Dan, saya hadir karena beliau, dan yg saya dengar itu, lebih banyak ke siapa2 yg sudah dapat mobil, dan siapa2 yg sudah dapat rumah. Mrk lupa berapa banyak uang yg harus mereka dapatkan dan setorkan kepada eco racing untuk dapat mobil?

      Sehingga saya berpikir, apakah yg mereka jual itu produk atau impian kosong? Impian kosong karena berapa ribu org harus direkrut hanya supaya mereka dapat satu mobil? Dan, uang jutaan itu mungkin bukan kecil untuk ribuan orang tersebut, bahkan mereka membesarkan hati orang untuk meminjam uang tersebut karena resiko nol persen.

      Resiko nol persen? Hmmm. Kl ga bisa rekrut org dan produknya ga lakupun bisa dipakai sendiri. Hmm, apakah produk tersebut layak? Dan benar2 bisa memberikan mamfaat menghemat bahan bakar buat org yg ikut dan membeli.

      Logikanya ga usah 70%, hemat 20-30% saja, saya pikir ga perlu mlm. Grab Gojek sendiri akan mempopulerkan dan bahkan org2 kantor juga akan pakai.

      Bebas CO 100%? Pemerintah pasti akan menghimbau untuk dipakai seluruh rakyat. Bahkan pemerintah seluruh negara di dunia pasti akan mendukung Eco Racing.

      Ini hanya pendapat saya yg bodoh. Tapi, saya marah besar, karena sahabat saya yg masih belum sadar, ini sudah menjadi korban brain wash eco racing.

      Tolong, yg berwajib, tertibkanlah.

  3. Saya belum paham betul dg istilah skema piramida, sistem binary, ponzi termasuk MLM. Teruslah berdiskusi secara cerdas, santun, bijak dan saling menghormati.

    Saya seorang member eco racing (stokist). Jujur saja, motivasi saya adalah income : bonus dan reward. Terlepas dari kisah masa lalu Owner bisnis eco racing seperti DBS, DNI atau lainnya kalau ada, termasuk juga cerita riwayat studi dan pemakaian gelar yg ilegal (?), penyebutan hak paten yg keliru dan klaim Petro Lab yg berkeberatan dipakai logonya,
    sampai sertifikat dari MUI Prov. Jawa Barat yg konon tidak berwenang mengeluarkan fatwa karena seharusnya kewenangan DSN MUI Pusat, saya saat ini bersikap status quo menunggu sampai ada keterangan dan penjelasan yg meyakinkan saya bahwa bisnis eco racing dg sistem binary dan marketing plan-nya saat ini adalah ghoror. Jika informasi itu saya dapatkan, maka saya siap hijrah dan taubat, tanpa perlu menyalahkan siapa pun termasuk Owner bisnis eco racing.
    Kepada Bang Mimin dan pemerhati bisnis MLM khususnya eco racing, silakan tampilkan data seakurat dan se up to date mungkin, sehingga dapat menjadi pertimbangan saya dan kawan-kawan untuk meneruskan bisnis eco racing atau berhenti sampai di sini. Salam bisnis halal.

    1. kalau masalah ghoror tanyanya ke Kiai, kisanak. Jangan ke ustadz yang ikut Eco Racing. Kalau masalah data seakurat mungkin? apalagi yang kau perlukan, kisanak? cari di menu eco racing website ini. Semuanya ada. Bahwa itu skema piramida dan alasannya juga sudah dibahas.

  4. Sayabada di satu grup wa dgn pak Randu, nama yg beliau cantumkan memang Ir, nulis sendiri berarti kan? Awalnya saya kira dia sudah tua krn setau saya gelar Ir sudah tidak dipakai sejak lama..

    Yang terbaru nama beliau dan kakaknya ada di tembok plaza oktagon ITB sejajar bersama Hatta Rajasa, Ahmad Zaky bukalapak & pramono Anung..

    Nggak ngerti juga artinya apa, yg jelas ecoracing menurut saya syubhat, wajib ditinggalkan

    Sedih juga macam bang jonru & beberapa ustadz bisa terjebak mlm

    Terima kasih admin atas pencerahannya

    1. Ada program fundraisingnya ITB namanya Salam Ganesha. Anda bisa nyumbang ke sana minimal 50 juta buat nama anda ditampilkan di Plaza Oktagon. Nama” yg ada di Tembok Plaza Oktagon itu cuma DONATUR, bukan artinya lulusan terbaik. Jadi mau anda DO karena ga lulus”, kalo anda nyumbang 100 juta ke ITB juga bakal ditampilin di sana. Liat aja di websitenya Salam Ganesha, ada namanya Febrian Agung dan PT Eco Racing.

      Jadi Randu dan Febrian itu cuma donatur doang, bukan dikasih penghargaan sama ITB. Heran aja kenapa mereka pura” kaget liat ada nama mereka di sana

  5. jujur saja buat para pelaku yg sdh menjalani Eco memang berat yaaa buat meninggalkan …apalagi bonus sdh terbayang mau dapat apa …?juga para ustadz2 yg sdh terlanjur pasti bingung mau mundur gmna udh terlanjur ngajak orang bnyk…?mau ditarok kemana muka nanti…?wahai para ustadz mengakui kebenaran itu memang berat dan mahal nilainya …tapi sanggupkah kalian wahai para ustadz mendustai hati nurani sendiri…?apakah rekam jejak sang kakak adek membutakan mata hati kalian dengan bilang itu adalah itu hanyalah sebuah masa lalu,,Terlepas dari kisah masa lalu Owner bisnis eco racing seperti DBS, DNI atau lainnya kalau ada, termasuk juga cerita riwayat studi dan pemakaian gelar yg ilegal..?apakah akal sehat sdh mulai sirna dengan mengatakan hasil rekrut member sebagai usha yg berkah…???dari mencari sekian pasang member untuk mendapat mobil dengan bilang NO RIBA ..???? walau sdh jelas2 pompes temboro sdh mengadakan Bahstul masaail dan hasil keputusan adalah Haram apa msh kurang cukup..?dan kenapa tidak dilaporkan temboro nya yg jelas2 mengatakan HARAM ..apa alamat temboro kurang lengkap ..?kok malah Bahas Bisnis yg dilaporkan …?jika memang Bahas Bisnis ada selama ini beritanya yg merasa terusik tidak lain adalah yg merasa bisnis nya terganggu dan memang semua rata2 adalah pelaku money game …setidaknya memakai sistem piramida masih kurang paham…?rajin2 belajar yaaa buat sedikit egomu wahai saudara2 yg dimuliakan Allah swt

  6. Setiap Perdagangan memerlukan Usaha dan Kerja Keras, bukan Menunggu jatuhnya rembulan dari langit. Sistem Perdagangan itu terbagi 2, sistem Perdagangan Umum dan sistem perdagangan terstruktur. Dilihat dari kedua bentuk sistem perdagangan itu, Pertama sistem umum = Ada Barang Ada Pembeli Ada Keuntungan. Sistem Terstruktur mengambil pola seperti orang kerja. Yaitu ada perekrutan. Perekrutan Kerja umum tidak ada keuntungan yang diraih. Sistem Terstruktur ada keuntungan karena ada mengambil dana perekretuan. Tapi bila tidak ada perekrutan berarti murni sistem perdagangan umum dipadukan dengan sistem terstruktur. Dimana Perpaduan sistem ini adalah ibaratnya mengumpulkan para ahli penjualan atau yang ingin menjual dalam satu sistem yang menguntungkan dalam bentuk persentase. Di Eco Racing, syarat untuk menjadi Membernya TIDAK MEMINTA DANA PEREKRUTAN, tetapi meminta para Calon Membernya belanja Produk dengan sistem yang terbagi beberapa tingkatan untuk mmeperbesar hasil penjualan produknya atau jasa perekrutannya. Sistem Perdagangan berarti sistem managemen. jadi untuk masuk kedalam apapun perdagangan terstruktur yang perlu dilihat adalah sistem perdagangannya sekaligus sitem pembayarannya kepada para member kelompok penjualnya. Contoh nyata sistem management Merusak adalah… Ketika orang sudah menjual produknya tetapi untuk mendapatkan hasil pembayaran kerja kerasnya harus dipaksakan belanja produk untuk memenuhi syarat mendapatkan Bonus (Hasil Jasa Penjualan? perekrutannya. Ini disebut Tutup Point (TUPO). Inilah yang haram dan menipu membernya. Perbedaan TUPO dan Repeat Order : Repeat Order (RO) Tidak Memaksa Member belanja Ulang untuk mendapatkan Bonus Pembayarannya. Mau Belanja ulang syukur, tidak belanja ulang syukur. Tetap dapat Bonus asal kerja Menjual atau merekrutnya. ( Sama kan seperti Penjualan di warung biasa. Ada Pembeli ada untung, tetapi keuntungan tidak dibagi). Masih panjang sebetulnya yang mau ditulis. Intinya…. Hasil Tidak Akan Didapat Bila Tanpa Usaha dahulu. By the way… bram Angga kerja dimana ? dan Apakah pernah bergabung di suatu perusahaan MLM atau apa ? Mungkin bisa berbagi Informasnya… Salam Kenal yach….

    1. asik ada bukti pelanggaran permendag No. 70 2019. MLM dilarang mengharuskan mitra penjual untuk membeli produk saat pendaftaran. Tulisan panjang tapi ga nyambung. Tapi lumayan ada mengkonfirmasi sesuatu. Sorry kagak mau kenal.

  7. Akmal Ammar Fawwaz

    Saya ngikuti dan nyimak semua penjelasan komentar diatas. Cuman ini saya masih bimbang apakah saya harus lanjut di bisnis ER ini atau berhenti ? Mohon pencerahannya dan sarannya. Bagaimanapun juga slogan Go Berkah No Riba ini menarik.

    1. Mau saran saya? ya berhenti. :-). Di artikel lain saya sudah tulis yang dimaksud berkah di eco racing itu apa. Setiap ada satu orang mendapat berkah mobil, ada beberapa ratus orang dapat zonk. Itu berlaku kapanpun, termasuk saat sudah jenuh dan akhirnya bubar dengan tenang seperti DBS. Skema piramida sama saja dengan skema ponzi. Anda rugi, atau merugikan orang lain. Silahkan ikut kalau yang anda maksud berkah adalah mengorbankan orang lain.

      1. Akmal Ammar Fawwaz

        Okay terus kalau terkait dengan bisnis di HNI (Halal Network International) apa termasuk dengan money game atau ponzi??

  8. MasyaaAllah…Alhamdulillah artikelnya akhi Brahm, jazaakallahu Khair, saya sempat gabung ecoracing walaupun awalnya ragu2, tapi terpedaya dng ustadz nasional,haha…begitu produk datang Alhamdulillah sadar sesadar2nya bahwa produk dan harga tidak masuk akal( kebetulan pilih produk pertanian dan peternakan), yg tak tercantum produsen, komposisi produk maupun SK Kementan pada kemasan nya…dari situ saja jadi takuuut sama الله، takut melakukan 3 jenis jual beli tak halal…setelah bertaubat saat itu juga, kmdian cari di google dng kata kunci ecoracing penipu dan menemukan bahas bisnis…sekali lagi jazaakallahu Khair akhi Brahm, semoga banyak orang terselamatkan dunia sampai akhirat, Aamiin…

    1. ok sy tambahin pahalanya.Febrian itu penipu, janjiin kaya supaya produknya laku. Lakunya sama orang yang tertipu. Ente mau pahala juga? OK. Yang bantu penipu ya namanya pembantu penipu. Puas? Masih kurang?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Scroll to Top