HIPO, skema ponzi anggota KADIN sempalan

HIPO singkatan dari Himpunan Pengusaha Online. Orang bisa jadi anggota tanpa perlu jadi pengusaha Online. Orang hanya perlu beli PIN 150 ribu rupian, lalu jualan PIN. Juga, bisa beli paket ‘loyalty’ dengan untuk 25% sebulan. Mau?

5 Pilar HIPO

5 Pilar HIPO hipo itu semacam tujuan umum. Isinya cukup menarik:

5 pilar hipo

4 Pilar pertama biasa saja. Cocoklah buat himpunan pengusaha. Memanusiakan, mensejahterkan, mendampingi, mencerdaskan.

Yang asik itu pada pilar kelima. Membahagiakan: Memberi aset mewah + Kebutuhan wisata Asia Eropa. Indah.

Harusnya ada pilar keenam: ‘Menyengsarakan’. Karena begitulah faktanya nanti. Untuk para leader dan orang yang masuk duluan, mereka membahagiakan. Tapi untuk yang masuk belakangan, menyengsarakan. Mengapa pilar itu tidak ada? mungkin mereka lupa.

Produk dan layanan HIPO

Di situs resmi HIPO, diterangkan tentang produk HIPO. Aneh. Saya belum pernah dengar himpunan pengusahan mempunyai produk.

Produk HIPO

Himpunan pengusaha biasanya tidak punya produk. Misalnya, himpunan pengusaha penjualan langsung (APLI, Asosiasi penjualan langsung), memang punya produk MLM? Atau contoh yang keren, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Punya produk? Tidak.

Tapi tak apalah. Namanya juga himpunan tipu-tipu. Lagian kalau tak punya produk, nanti mereka bingung kalau ada yang tanya: Itu bayar profit dari mana? Mari kita bahas produknya.

  1. Unit usaha HIPO
  2. Produk UKM
  3. Produk dari Anggota
  4. Kerjasama dengan produsen
  5. Aplikasi Multi fungsi
  6. Branding aplikasi
  7. Layanan periklanan

Kurang lebih, produk HIPO, atau apa yang dijual oleh HIPO: produk dari unit usaha HIPO, produk UKM, produk dari anggota, produk hasil kerjasama dengan produsen, aplikasi, layanan branding dan layanan periklanan.

Modus operasi:

Selayaknya skema ponzi lain, hipo punya berbagai skema yang mereka sebut dengan berbagai nama. Untuk memudahkan, kita asimilasikan dengan berbagai praktek bisnis yang sudah kita kenal:

HIPO seperti Market Place

Cara kerjasama dengan HIPO dapat dilihat dari gambar berikut:

cara kerjasama dengan HIPO
Cara kerjasama dengan HIPO

Dari gambar diatas, HIPO dapat dianggap seperti market place seperti Tokopedia. Bedanya:

  • Jadi anggota di HIPO harus bayar Rp. 150.000
  • Jadi anggota HIPO harus ikut paket kesejahteraan.
  • Harus kasih diskon ke sesama anggota HIPO
  • 1% keuntungan jualan produk diberikan untuk HIPO (Tokopedia tidak ada potongan, kecuali kita inginkan untuk memproosikan produk)

Tapi hanya bualan. Sebetulnya tidak ada market place. Yang jadi member disana hanya ingin profit dari paket kesejahteraan.

HIPO seperti Paytren

Selain seperti Tokopedia, HIPO juga meniru moneygame Paytren. Aplikasinya bisa digunakan untuk jualan pulsa. Juga yang terpenting, setiap anggota dapat menjual keanggotaan kepada orang lain dengan komisi 25.000 rupiah.

Digambarkan bahwa kalau anggota dapat merekrut paling tidak 3 orang perhari, keuntungan sebagai berikut:

hipo seperti paytren

Bedanya, di HIPO PIN keanggotaan harus dibeli ulang setiap tahun. Jadi, setiap tahun anggota akan mendapat keuntungan berlipat ganda dari penjualan PIN keanggotaan (dari pembelian ulang dan pembelian baru).

HIPO seperti MMM dan D4F

MMM dan D4F adalah skema penipuan dimana member menyetorkan uang lalu mendapat keuntungan yang besar. Keuntungan itu bukan dari hasil usaha, tapi dari uang member yang belakangan basuk.

Di HIPO anggota bisa mengikuti paket Loyalty. Member menyetorkan sejumlah uang dan otomatis akan mendapat keuntungan setiap hari. Contoh, paket kesejahteraan 4, anggota menyetor 15 juta rupiah, setiap hari akan mendapakan 126 poin yang dalam rupiah = 126.000 rupiah. Berarti, anggota mendapat keuntungan sebesar 0,84 % sehari, alias 25% sebulan!

Member juga dianjurkan mengajak orang lain (downline-nya) untuk membeli paket loyalty. Bila downline mengikuti paket lolalty, anggota juga dapat komisi 10% dari nilai paket plus keuntungan lain yang ditentukan dari jumlah paket seluruh downline. Asik bukan?

paket loyalty hipo

Dari mana HIPO membayar berbagai komisi? Apakah himpunan pengusaha online ini begitu besar pendapatannya? Sama sekali tidak. HIPO membayar berbagai komisi dan reward dari uang anggotanya sendiri. Keuntungan bersih (setelah dikurangi modal) anggota lama dibayar dari dana anggota baru. Itulah skema ponzi.

Kenapa saya yakin? Karena tak ada usaha real yang bisa memberi keuntungan sampai 20% lebih sebulan. Kecuali bisnis perorangan seperti tukang bubur: Belanja sendiri, masak sendiri, dorong gerobak sendiri, buka lapak sendiri, layanin sendiri. Baru bisa dapat prosentase ‘untung’ gede. Usaha besar? Tidak ada. Di usaha besar, atau bahkan di suaha yang sudah memperkerjakan orang, segalanya harus bayar. Keuntungan jadi sedikit.

Selain memberi keuntungan besar, HIPO memberi keuntungan fix. Itu suatu hal yang mustahil dalam dunia usaha.

Jadi HIPO itu apa? Himpuman ponzi online.

Pendiri HIPO: Penipu-penipu veteran

Sebagaimana umumnya skema ponzi yang lain, HIPO juga didirikan oleh pemain lama, penipu-penipu veteran yang dari dulu sudah malang melintang dalam skema ponzi.

pendiri hipo: Umeet, Budi Suroyo, Andi Junaedi Nyompa
Pendiri HIPO, Para penipu veteran

Tiga orang yang aktif mempromosikan HIPO adalah dedengkot Dream for Freedom. Skema bisnis penipuan yang telah bubar tahun 2014. Kenapa disebut penipuan? Karena mereka tidak terus terang bahwa Dream for freedom adalah arisan berantai alias skema ponzi belaka.

Jejak digital yang masih bisa didapat tentang para petinggi HIPO

Mujahid Fillah Umar Alias Mr. Umeet, ada logo Dream for Freedom di fotonya
Mbah Wongso alias Budi Suroyo, membanggakan keluarganya (Power Team pimpinan Angga, support system Dream For Freedom)

Pengakuan KADIN terhdap HIPO

Ketua KADIN ikut dalam acara launching HIPO

Ini aneh bin ajaib. KADIN mendukung HIPO. Kamar Dagang dan Industri Indonesia? Ya. Ketua KADIN Eddy Ganefo turut hadir dalam acara deklarasi HIPO.

Kenapa Aneh bin ajaib? Kadin itu wadah berkumpulnya pengusaha perdagangan dan industri. Isinya tentu para pengusaha. Kenapa bisa ketuanya mendukung bisnis penipuan seperti HIPO? Suatu kecerobohan luar biasa. Seorang pengusaha harusnya tahu mana yang realistis mana yang mustahil. Ketua wadah pengusaha? harusnya super tahu.

Ketua KADIN ikut dalam aktifitas operasional HIPO

Bukan hanya itu saja. Ketua KADIN Eddy Ganefo juga terlihat terlibat dalam beberapa aktifitas HIPO lain.

Ketua KADIN dalam salah satu aktifitas HIPO. Ehem. Jangan percaya bahwa ini benar-benar pembayaran tanah.

Jadi anggota KADIN

Dan yang lebih wow, HIPO menjadi anggota KADIN. Penipuan berskema Ponzi aggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia?

Sertifikat kenaggotaan HIPO di KADIN

Catatan: Kadin yang mendukung HIPO bisa dibilang sebagai Kadin sempalan yang terbentuk melalui munas luar biasa. Kadin asli tidak terlibat.

Keterlibatan KADIN sempalan dalam HIPO ini menunjukkan mana KADIN yang masih kredibel mana yang tidak. Dan KADIN sempalan nyata-nyata tidak kredibel.

Peringatan OJK

HIPO masuk dalam daftar entitas investasi ilegal

Agustus 2019, Satgas Waspada Investasi melalui OJK telah memasukkan HIPO dalam daftar perusahaan investasi ilegal.

diambil dari laman ojk

Pihak HIPO, seperti halnya skema ponzi lain tentu menyanggah. HIPO tidak menghimpun dana, kata mereka. Lalu member membayar sampai 15 juta untuk paket sejahtera itu apa namanya? Mereka bilang donasi, yang dikelola untuk usaha oleh HIPO dan menghasilkan keuntungan.

Bodohnya. Dari definisi per kamus saja, mengalokasikan modal berupa uang untuk dikelola dalam bisnis itu artinya investasi.

Mendapat Legalitas

Setelah dimasukkan dalam daftar investasi ilegal, HIPO memberi perntayaan bahwa mereka tidak menggalang investasi. Bahwa mereka adalah impunan pengusaha online sesuai legalitasnya yang terbit januari 2019. Secara hukum HIPO terdaftar sebagai perkumpulan. Perkumpulan pengusaha online.

Pengedahan badan hukum HIPO
Lampiran pengesahan hukum HIPO

Oktober 2019, OJK menyatakan bahwa HIPO sudah mendapatkan ‘izin usaha’. Lihat rilis OJK Okteober 2019.

Cukup disayangkan sebetulnya OJK memberi pernyataan seperti itu. Orang-orang HIPO menggunakan hal tersebut sebagai legitimasi, menganggap mereka sudah tak lagi ada dalam daftar entitas investasi illegal.

Saran buat Satgas Waspada Investasi: Ganti saja namanya menjadi Satgas Waspada Ilegalitas.

Legalitas tak menjadikan sebuah entitas itu bebas dari skema Ponzi. OJK bersama Satgas Waspada Investasi tahu persis itu. Pandawa Mandiri Group, CSI, legal secara administratif. Terbukti skema Ponzi.

Sebagai catatan, pada siaran rilis diatas, OJK menyatakan ada 3 entitas sudah mendapatkan ‘izin usaha’: Eco Racing, Akumobil dan HIPO. Satu bulan kemudian, masyarakat dihebohkan dengan penipuan Akumobil. Jadi apa fungsimu Satgas Waspada Investasi?

Okelah. Tak bisa juga terlalu sinis sama OJK dan Satgas WI. Paling tidak mereka mendorong penipuan jadi ‘punya legalitas’. Dengan begitu ada penanggungjawabnya saat ada masalah. Dan di HIPO, dengan adanya legalitas, orang-orang inilah yang nanti akan bertanggung jawab:

  • Muhammad Syukur
  • Syahrizal Pulungan
  • Dra. Afnizar
  • Andi Junaedi

Syahrizal Pulungan dan Andi Junaedi dulu lolos dari kasus Dream for Freedom. Kenapa? Karena mereka tak tertulis dalam struktur organisasi. Bisa melabelkan diri mereka sebagai korban juga. Di kasus HIPO nanti, mereka tak bisa lagi begitu.

HIPO, Himpunan ponzi online

Apapun yang dikatakan pentolan HIPO tentang aktifitas mereka, pada faktanya adalah:

  • HIPO didirikan oleh para verteran penipuan skema ponzi Dream for freedom
  • Tidak ada satupun bukti bahwa HIPO menjalankan usaha real yang menguntungkan
  • Pun kalau ada usaha real, mustahil bisa memberikan keuntungan tetap sebanyak 25% perbulan. Belum termasuk berbagai reward lain yang dijanjikan.

Dapat dipastikan bahwa HIPO memberikan berbagai keuntungan dan reward dari dana anggotanya sendiri.

Selama masih ada anggota baru yang menyetor uang, atau anggota lama yang melakukan setoran baru, pemberian keuntungan masih bisa dilakukan.

Tapi makin lama kewajiban pembayaran keuntungan itu makin membengkak. Pada akhirnya pemasukan tak lagi cukup untuk membayar keuntungan. Saat itulah HIPO akan bubar. Sama halnya dengan MMM, Dream for Freedom, Pandawa Mandiri Group, Umroh First Travel dan berbagai entitas penipuan berskema ponzi lain.

HIPO lulus ISO 9001

Di website resminya, HIPO menyatakan telah lulus ISO-9001. Dengan kata lain mendapatkan sertifikat ISO-9001.

HIPO lulus iso 9001
HIPO lulus iso 9001, sertifikat yang ada di website resmi HIPO

ISO-9001 adalah standar sistem manajemen. Dengan mendapat sertifikat itu berarti organisasi telah menerapkan manajemen yang mampu menjamin kesesuaian produk/layanan secara konsisten.

Kedengarannya hebat. Tapi nanti dulu. Saya pastikan sertifikat ini PALSU. Lihat bagian yang saya lingkari merah dibawah ini.

Tanda-tanda sertikat ISO-9001 palsu HIPO

Pernyataan kesesuaian salah grammar

Perhatikan struktur kalimat.

“This is to certify that management system of Himpunan Pengusaha Online Indonesia Jl. Dewi Sartika – – – DKI Jakarta Indonesia”

“Ini untuk menyatakan bahwa sistem manajemen dari Himpunan Pengusaha Online Indonesia Jl. Desi Sartika – – – DKI Jakarta Indonesia”

Kok berhenti? Harusnya ada lanjutanna … confirms to ISO-9001:2015 standard, atau dalam variasi kata yang lain yang menyatakan HIPO lulus ISO 9001.

Ini mungkin karena salah copas. Tapi fatal sekali.

jadi, dari teks di sertifikat saja sudah kelihatan sertifikat itu dibuat oleh anak-anak.

Lingkup sertifikat ISO-9001 HIPO

Disebut bahwa cakupun sertifikat adalah layanan aktifitas sosial, layanan publik dan layanan lain.

Layanan publik apa? Layanan publik artinya layanan untuk masyarakat umum. HIPO tidak memberikan pelayanan umum. Dia hanya memberikan layanan pada membernya untuk bermain arisan berantai.

Tanda tangan direktur badan sertikiasi tak bernama

Tanda tangan direktur badan sertifikasi (yang memberikan sertifikat ISO-9001 kepada HIPO) tidak mencantumkan nama. Aneh. Takut?

HIPO lulus ISO 9001 dari Badan sertifikasi abal-abal

Saya pastikan juga badan sertifikasi (yang memberikan sertifkat ISO-9001) abal-abal. Badan sertifikasi yang valid diakreditasi oleh lembaga akreditasi yang valid. Di Indonesia, badan akreditasi yang diakui adalah KAN, Komite Akreditasi Nasional. Semua badan sertifkasi harus terakreditasi KAN, atau badan akreditasi lain yang diakui di negara lain.

INA Cert diakreditasi oleh IAB-CB, badan akreditasi yang juga abal-abal.

Di website resminya inacert.co.id, INA-Cert benar-benar gaje alias gak jelas. Tak ada nomor telpon, adanya sederet nomor HP. Tak ada profile manajemen. Lokasi kantor operasionalnya pun di daerah nun jauh disana, di sebuah kabupaten di Bali yang bernama Gianyar.

Badan Akreditasi, IAB-CB

Badan akreditasi dan lembaga sertifikasi sama tak jelasnya. Malah lebih parah: Tak ada alamat

Tulisan website-nya, iab-cb.org kelihatan keren, tapi cuma tulisan dari website lain. Begitu di klik read more wuiiing kita di over ke website lain.

IAB-CB juga tidak terdaftar dalam jaringan lembaga akreditasi IAF (International Acreditation Forum).

Jadi, sertifikat ISO-9001 HIPO adalah palsu, dari badan sertifikasi tak jelas, yang diakreditasi oleh lembaga akreditasi yang juga tak jelas.

Orang bikin badan akreditasi sendiri, lalu bikin badan sertifikasi sendiri yang pendirinya dia dia juga, lalu print out sertifikas ISO-9001 kepada siapapun yang mau beli.

Akan jadi kasus skema ponzi terbesar?

HIPO ini skema ponzi model terbaru di Indonesia. Hanya HIPO skema ponzi berbentuk himpunan pengusaha. Mereka ‘nyantel’ di KADIN. Tentu kita tau itu KADIN sempalan. Tapi kebanyakan orang mana tau? Nama KADIN itu menguatkan kesan HIPO sebagai himpunan pengusaha.

Yang mengerikan dari HIPO adalah cara memperluas jaringannya. Mereka membuat semacam DPD (dewan pimpinan daerah). Mereka juga mengadakan acara workshop. Sama sekali berbeda dengan skema ponzi pada umumnya.

Nama, keterkaitan dengan kadin membuat mereka leluasa dan terang-terangan menyebar ke berbagai penjuru.

Apakah akan menjadi skema ponzi terbesar? Bisa jadi. Melihat betapa leluasanya mereka mengembangkan jaringan. Kasusnya mungkin akan mengalahkan kasus skema ponzi seperti Dream for Freedom.

Silahakan baca juga:

Apa itu skema ponzi

Skema ponzi, dari mana datangnya komisi

108 komentar untuk “HIPO, skema ponzi anggota KADIN sempalan”

  1. saya yakin pendapat ini berasal dari orang yg tidak faham ttg hipo yg seutuhnya, atau bahkan berasal dari pesaing yg produk BO nya tdk laku krn Hipo berkembang cukup besar dan kuat. Spt kita tahu dasar hukum pendirian sebuah ormas, hipo adalah ormas yg di akui kelahirannya oleh UU. Cara kerja ponzi yg mana yg dilakukan oleh hipo, bahkan bonus leaderpun sangat dibatasi. Tdk unlimited spt bisnis2 BO BO sblmnya. Kemudian 3 orang yg dianggap pendiri itu sangat salah, pendirinya adalah wakil dari 22 propinsi, memang penggagasnya adalah pak Andy, didukung oleh Wongso, tetapi bukan berarti mrk bertujuan yg buruk. Hipo berusaha menunjukkan kebenaran, tetapi yg namanya pesaing selalu mencari cari kelemahan….

      1. Brahma Anuga, anda tau banget tentang hipo salut lah,, dan mau mengupas tentang legalitas dsb. Maksud dan tujuan anda tentunya agar masyarakat berhati-hati atau jangan ikut hipo ok baguslah.
        Tapi semua itu tidak bisa menjawab kebutuhan masyarakat terutama yang bergerak dibidang UKM.
        Nah sekarang mampukah anda mendirikan suatu organisasi yang menguntungkan melebihi hipo dengan manajemen yg baik dan legalitasnya betul-betul diakui
        Kalau hanya tulisan semacam itu mah udah banyak bos,,, cape ngoreksi organisasi orang lain, mending anda buat organisasi yang lebih yahut,, entar saya ikutan, kalau anda tidak mampu maka saya memprediksi beberapa ke mungkinan tentang anda.
        1. Anda orang bagian dari hipo, atau
        2. Anda pesaing atau org yg tidak senang dengan hipo baik secara pribadi atau mewakili suatu org/instansi.

        Alasannya no. 1. Anda ko tau banget dan niat banget menguliti hipo dari berbagai aspek.
        Alasan no. 2. Sama seperti alasa no.1 tambahannya salah satu aja merubah singkatan hipo menjadi himpunan ponzi online,, terkesan norak atau nyinyir jd ga ilmiah lagi biasanya ini datang dari orang yang kecewa, ngiring, atau dendam walau dasarnya jelas dan betul,, tapi tetep aja kampungan.

        Masalah bubar, jangankan hipo bahkan bank juga bisa kolap, ingat bagaimana nasib kantor pos sekarang sungguh merana,,, padahal dulu pos itu idola.

        Kenapa ketika hipo sudah maju dan banyak anggotanya banyak orang yang nyinyir komen ga karuan dengan tidak ada solusinya apa bedanya dengan SATGAS bahkan terkesan PENGECUT.

        Ku nanti organisasi anda (Brahma Anuga) yang mantap kalau bisa yang tidak akan bubar sampai kiamat tiba. Entar saya ikut..

        1. bodohnya. Lebih baik tak ada bantuan buat UKM daripada bantu pakai skema ponzi. BTW memang ada UKM yang dibantu HIPO? aduh ngarangnya.
          Daripada komen panjang gak mutu, lebih baik sesuai konteks. Gimana menurut kamu bahwa HIPO itu didirikan oleh para mantan pemain moneygma? Gimana menurut kamu bahwa HIPO itu sertifikat ISO nya abal-abal? Gimana menurut kamu bahwa HIPO itu tak punya usaha real yang bisa menghasilkan profit seperti yang diberikan ke member?

          1. Skr ini paket sejahtera 4 dan 3 sdh tidak bisa di topupbdng alasan full limit harian meski kita masuk lebih awal jam nya tetap full limit..entah ada apa gerangan??

      2. Model lawas iki mas… Thn 2011 saya pernah kena D4F… Sekarang kapok lombok cari duit dengan cara seperti ini… #BullshitOfAll #Saya browsing ini karena ada teman nawari HIPO, tadinya saya pikir himpunan pengusaha online beneran… rencananya sih mau jadi dropship giyu lah… eeh ternyata elemel… #Preeet !!!… Buat kalian anak muda, sebaiknya kalian nuat produk apa yang bisa dijual, untung sedikit yang penting berkah…

        1. Jadi ingat Dream for freedom 1% per hari beruntung modal balik dan tidak pernah rekrut orang, jadi tak ada beban. Hati2 saja.

    1. Pengamat investasi bodong

      Tipikal otak kura-kura
      Yg beranalogi “kalo bunganya kecil bukan riba, kalo gede itu riba”
      Ini juga yg selalu diyakini oleh anggota dan pengurus HIPO “kalo namanya reward berarti bukan investasi” dan “kalo bonus dibatasi berarti bukan ponzi” dan lain-lain.
      Ini analogi yg sesat, ponzi itu mengacu darimana hasil keuntungan yg di dapat dan bagaimana sistem pengolahan uang yg dilakukan.
      Ini semua saya yakin bisa mengugurkan semua claim HIPO apabila diexplore lebih jauh lagi prinsip pengolahan good governence nya.
      Yah kita lihat aja, dalam waktu dekat akan seperti apa, tapi dari sini kita bisa lihat bahwa SATGAS bentukan pemerintah isinya ngga lebih hanya manusia manusia parasit pemakan uang rakyat.
      Menunggu hipo besar untuk kemudian dananya dibekukan layaknya kasus kasus penipuan investasi lainnya.

      1. wow setuju bgt sama komen atas saia, setelah kasus pandawa yg asetnya dirampas negara, ada lagi first travel yg asetnya juga dirampas negara..

  2. Saya ikutan sudah 2 bulan, karena tetangga udah duluan dan sampai pinjam ke bank jaminan rumah, mulai dari abang sampai adik istri dan anak2 ikutan. Lalu adik saya juga ikut, akhirnya saya ikutan juga. Saya dulu banker dan istri juga, setelah timbang2 ok lah kami ikut 3 paket 15jt. Bulan pertama saya rajin tarik beli OVO tiap jam 7, mesti rajin coba terus dan berhasil, lumayan untuk ongkos grab Istri dan jajan siang.. kalo gak dapet OVO, saya suka withdraw tiap senin, antara 1jt -an.. dana masuk rabu atau kamis. Saya juga rajin promoin ke beberapa kawan, tp blm ada yg ikutan join.

    Saya pernah ikut acara di Krawang, yg hadir ratusan hingga Bupati hadir.. disebelah saya seorang bapak yg punya akun total jumlahnya 300juta, dan masih akan tambah terus katanya. Dari pandangan mata saya, banyak yg ikut dari kalangan bawah hingga menengah.. so far so good.

    Hingga 2 minggu ini, saya coba beli OVO tidak pernah sekalipun berhasil, mulai jam 5, 6 sampai 9.. katanya berebutan tp sial amat sy gak kebagian. Tapi saya pikir, masih bisa withdraw, lalu saya withdraw Senin 23/12/2019, timbul pesan “wd tidak bisa karena kebijakan manajemen, silahkan tarik lewat OVO/gopay”. Thats it. Saya jadi bingung, yg gampang withdraw saja tidak bisa apalagi yg susah seperti beli OVO yg berebutan.

    Walaupun saya sangat berharap HIPO tetap jalan lancar, tapi perasaan saya kerja sebagai banker 10 tahun berontak ingin berkata lain yang lebih jujur. Saya jujur merasa salah mengambil keputusan; tentu bukan salah siapa2, saya paham rules “high gain high risk”, saya tergiur “hasil” 21%/bulan, sekarang saya harus terima “resikonya”. Saya cuma tersenyum sendiri, yah gw kemakan nih.

    Well, shit happen.

    1. Well well. Jadi ingat kasus pandawa. Banyak orang bank ikut, sampai berhenti kerja. Ada yang jadi leader akhirnya masuk penjara. shit happens yes. Mudah mudahan paham sekarang apa itu skema ponzi.

    2. Boleh mnta WA nya ? Ibu sy ikutan juga bru 2bulan , sy di kasi uang sm ibu n disuruh join, tp sy takut.. stelah belajar dari situs ini tentang ponzi dll, sy jd lumayan paham, boleh sy chat pribadi sampean?

  3. Harus dibuktikan dulu, klu memang ulasan ada semua benar…
    Saya baru percaya klu anda bisa membuktikan secara hukum… ,
    nah tidak ada salah ya anda berjuang untuk kebenaran.
    contoh :
    dari mana hepo bisa memberikan 25% keuntungan untuk anggotanya

    Certifikat Abal2… anda juga harus bisa membongkar dan menjelaskan secara hukum.

    Sebab ada perusahaan yg bonafit.. konon juga memberikan profit keuntungan.. perusahaannya bernama Omega Best. Pemiliknya bernama Bartoz. Bartoz ini masuk majalah forbez… 100 orang terkaya di dunia…
    kmudian ada lagi Revoobit ini juga perusahaan yg memberikan keuntungan mirip kaya hipo… banyak sihh sebetulnya..

    Tolong buktikan agar kebenarannya ada… biar masyarakat juga tau… saya pribadi tidak percaya penjelasan Anda…
    karena blom dibuktikan secara hukum…

    Tks..

    1. bukti sertifikat iso abal-abal udah jelas. mau bukti apa lagi? Bukti bahwa hipo usaha bagus bisa kasih profit 25% sebulan? ya hipo yang membuktikan.Saya cuma bilang itu gak mungkin dan bullshit. Gampang kalau hipo mau buktiin. panggil aja akuntan publik.

  4. Bagi sy…Hipo luar biasa…
    Biarkan anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu…
    Inti nya setiap usaha yg kita kerjakan….kita pasti di hadapkan pada 2 kenyataan…yaitu..untung dan rugi….bagi saya…hipo bisa diandalkan…..selebih nya….tergantung hati dan keyakinan kita…ok…
    Salam hipo…Yes…yes…yes

    1. Entah apa yang merasukimu. Usaha lebih realistis jual kopi. Anda bisa untung 100%
      Kopi serebu limaratus anda jual tigarebu
      Coba kalo limabelas juta.

  5. web ini bagus, membuat kita berpikir kritis, memilih dan memilah mana yang menguntungkan dan resiko nya paling kecil saat dihadapkan ke penawaran bisnis online, terus menulis bang…

    1. HIPO BISA KASIH
      UNTUNG 25 PERSEN.
      KALO JUALAN KOPI MODAL KOPI 1500 TAMBAH AIR PANAS DI KASIH CUP PLASTIK HARGANYA JADI 3000 RUPIAH

      GUA BARU MASUK AKAL

    2. Saya pernah menanyakan legalitas HIPO melalui contact center resmi OJK, tapi kok pihak OJK tdk berani mengatakan bahwa HIPO sudah dilegalkan ya?? Dari WA tsb. Disebutkan bahwa jika ingin mengetahui legalitasnya saya diarahkan untuk menanyakan ke Kementrian Perdagangan melalui email [email protected], tapi sampai saat ini saya tdk mendapatkan balasan email sama sekali

    1. gak usah saya jawab. Udah anggap aja hipo sama dengan gojek. Calon unicorn. Halusinasi member HIPO dan juga memiles.

  6. Pernah gak berpikir berapa org yg download aplikasi dan berapa org yg mengklik aplikasi hipo dan berapa iklan yg masuk setiap bertransaksi di hipo dan berapa kali kita bertaransaksi di hipo kayak layanan PPOB…?
    Apakah organisasi HIPO dapat uang disana..?
    Nah Bonek dia dapat uang darimana?
    Jlas dari aplikasinya 🤣🤣🤣
    Salam HIPO 😎

  7. Dokter Bernadh Mahfouz

    Terimakasih telah membuat informasi yg membuat kita lebih kritis, banyak tawaran dr teman/tetangga tentang itu, dan saya gak akan terpancing sebelum mencari info lebih detil.

    1. Saya juga anggota hipo yg sudah merasakan bonus hipo , paket di hipo itu kan sumbangan kalok ihlas ya ganjarannya besar,di islam sama dengan sedekah akan di balas berlipat lipat,apalagi karir sangat di hargai usaha kita.usaha mana ayo klok tidak di hipo .

      1. kalau mau nyumbang ikhlas ya gak di hipo. Hadeuh. nyumbang pengen dapet profit kok disebut ikhlas. Bawa bawa agama pakai istilah sedekah pulak. Itu bisnis saling memaling sesama, malu lah.

        1. Brahm Anuga, kata itu jendela hati,apa yg diutarakn itu isihatinya,biasanya mantul ,membeberkn kerjaan selama ini kita lakoni. Kita memprhtikn orng lain justru diri sendiri yg gitu. Karna alam ini cermin apa yg terlihat itu yg ada dlm diri.hipo spt gula,skalipun gula manis kata kbnyakn orang blum tentu klok tdk di cicipi. Bgitu jg hipo

          1. mau coba kapi buat uji beracun atau gak? diri sendiri yg gitu? kamu aja kali. style filosofis tapi gak tau skema ponzi di HIPO. dangkal.

      2. yg bayar keuntunganmu itu siapa? uang darimana?
        downline-mu apa udah profit semua?
        klo sistem kolaps, profit ga dibayar, terus downline mu ada yg belum untung, apa mau tanggung jawab?
        org sepertimu ga sadar klo lagi menipu dan mendzolimi orang lain, klo downline ada yg merasa rugi tinggal bilang “iklasin aja, namanya resiko bisnis” tai kucing

        “usaha mana ayo klok tidak di hipo”
        maaf, lebih baik usaha jadi pemulung, dijamin lebih berkah dan halal daripada bisnis moneygame macam hipo

  8. Mantap bro pembahasannya, sempat tergiur dengan tawarannya, cari cari tentang hipo, di website hipo.or.id juga, sempat curiga juga kok website nya seperti ini tampilan dan isinya wkwk. thx bro. kalau bisa dibahas sejak awal sebuah “usaha” tersebut rilis, minimal buat artikel tapi isinya “coming soon” biar kami semua bisa waspada pada “usaha” tersebut

  9. Buat yang masih percaya HIPO, coba ditanya mengapa dananya gak bisa di withdraw? Mengapa beli OVO dibatasi (Kenyataannya gak pernah kebagian) padahal itu adalah hak member untuk mengambil keuntungannya setiap saat seperti saat awal ditawari produk sejahtera tersebut. Jika memang HIPO begitu menguntungkan dan calon Unicorn, mengapa hasil yang menjadi hak member harus dibatasi dan tidak bisa ditarik?

    Kemarin saya mencoba menjual paket sejahtera saya dengan harga 1/2 saja dari investasi awal, masih ada sekitar 300 hari lagi; (penawaran yg sangat menarik harusnya), tapi para member HIPO yg saya tawari juga enggan.. apakah sebetulnya kekawatiran itu sudah mulai dirasakan, tapi enggan dan malu untuk di utarakan?

  10. Setiap orang bebas dan punya hak untuk menilai sesuatu, tapi sebaiknya janganlah menjelekkan yg lain dengan tujuan mencari kebenaran dirinya.
    Jangan menjatuhkan yg lain demi mencari popularitas diri.
    Karena sifat yg demikian adalah sifatnya orang yg tak bermoral.
    Jangan ada unsur politis dalam berbisnis kalau tak ingin ada bahaya. Fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan.

  11. Informasi yg sangat bagus. Ada keluarga sy yg pernah jadi korban dream for freedom ( DF4 ).

    Pada saat DF4 mau collapse, mereka beralasan bahwa sistem sedang maintenance selama 3 bulan .

    Setelah itu , sistem mati,
    uang para nasabah hilang, tak kembali.

    Nasib para nasabah yg menyetor uang dari pinjaman, tentu yg paling parah akibat nya.

    Karena pinjaman yg tadinya di angsur dari pendapatan DF4 setiap bulannya,
    Sudah tidak bisa lagi diambil uangnya.
    Dan hutang tetap hutang yg harus dibayar.
    Betapa sengsaranya, ikut DF4 dua bulan, setor uang 100 juta.
    Dan hutang yg ditanggung di bank, berjangka 6 tahun.

    Puasss?

    Untuk itu sy himbau bagi teman2, untuk saling bergandeng tangan, dan memerangi bisnis abal2 seperti DF4, HIPO, langit biru dll.

    Kalau perlu , terjun seminggu sekali dari tingkat RT , untuk selalu menghimbau dan mengingatkan warga kita, agar tidak ikut dalam bisnis yg merugikan tersebut.

    1. Hahaha sy juga buk dulu daf tapi beruntung dah balik modal, dan saya juga tidak rekrut orang, jadi gk ada beban lah. Nah muncul yang ginian juga ngeri ngeri sedap hehe

  12. Ibu saya sudah ikut kegiatan ini, sudah saya wanti-wanti setengah mati bahwa apa yang dilakukan hipo ni mencurigakan, masih juga ngeyel. Sampai akhirnya saya menemukan artikel ini. Jika ada nasehat yang bisa mas titipkan ke Ibu saya pasti saya sampaikan. ttd : anak yang gk mau uang orang tuanya yang pensiunan ilang gak jelas.

    1. Oh my god. Titip salam saja, bahwa di bisnis skema ponzi ini, orang yang dapat untung itu sebetulnya memakan uang orang yang rugi. Jadi cuma ada 2 kemungkinan hasil: Rugi atau merugikan orang lain. Dan bisnis seperti ini pasti akan bubar, karena untung didapat dari uang member baru. Jadi harus ada member baru dengan jumlah yang berlipat lipat setiap waktunya. Akhirnya jenuh dan bubar. Coba kasih tau juga riwayat para pentolan HIPO. Semuanya adalah pemain di bisnis sesat Dream for freedom. Mudah-mudahan masalahnya selesai. ibunya tak lanjut setelah uangnya kembali.

      1. Iya mas. ini saya dah cari informasi lainnya juga, biar lebih kompliy infonya. mohon doanya juga ya mas, agar pas saya cerita ini itu Ibu saya setidaknya mau denger.

  13. HIPO adalah Organisasi. Dan tidak membuat program Investasi.

    saya kutip sedikit kalimat pintar anda yg mengklaim bahwa HIPO menjalankan program investasi, Dengan seabrek analisa anda di atas, anda memang cukup pinterr membuat propaganda, sayangnya di kalimat anda yg sy kutif dibawah ini, analisa anda masih sangat dangkal ..

    Perhatikan cuplikan kalimat anda ini, “Bodohnya. Dari definisi per kamus saja, mengalokasikan modal berupa uang untuk dikelola dalam bisnis itu artinya investasi.”

    Dari analisa singkat itu sj bisa disimpulkan kalo anda bukan sedang menebar kebenaran, melainkan sedang memprovokasi dan membodohi.

    Supaya investigasi anda ttg HIPO akurat dan berdasar, saran sy silahkan gabung sebagai member HIPO. Atau jika anda sdh gabung sebagai member HIPO dan sdh dalam salah satu program loyalitasnya, silahkan pelajari dan fahami baik baik akad dari program loyalitas tsb.

    Sy salut dg inisiatif anda membahas HIPO, cuma sayang dari ulasan panjang lebar anda, anda hanya baru mengupas kulitnya. Masih terlalu dangkal kawan.

    Assalamu’alaikum wrwb
    Salam ikhwafillah
    Saya Habieb Al Juneid
    Dari Lombok – NTB

    1. Biasa member bisanya cuma begitu ajah. Dangkal, tak berdasar. Lalu yang tak dangkal dan berdasar itu yang mana? Gabung dulu? ma’aaaf. Saya gak akan nyentuh bisnis makan orang.

    2. Jika terbukti Ponzi dikemudian hari zonk… Betapa besarnya Tanggungjawab anda Atas pembelaan Atas HIPO…

      Sedikit banyak Analisa gua anggap Keren…

      Jika di Audit pasti ketemu
      Kebetulan sy Akuntan…

      Sy bisa prediksi kan colabs karena internal mrk sendiri…

      Semoga tdk banyak masyarakat menjadi korban iklan yg mrk sendiri tidak paham…

      Jika mrk Sepaham Si Admin
      Sy yakin Setahun kemudian terbukti…

  14. Bisnis server bertahan 2 th maks 3 th pasti kelar yakin saya hippo ponzi ga ada produk kok bs omset gede….pa lagi baru membangun sdh omset meledak…yg namanya usaha dari bawah ga bs langsung dooor meledak ntr hancur dah klo ngeboom, thanks mas buat infonya setuju ge ama loe

  15. Sy jg pernah adu argumen sm temen sy tentang HIPO ini danTulisan mas ini persis seperti yg sy katakan sm temen sy yg nawarin HIPO ke sy…
    Sebenarnya,bagi orang yg mau gunakan akal sehat/logika ya spt yg mas tulis ini..sampai2 sy bilang sm temen saya kl keuntungan yg kita terima sama saja dgn makan bangkai temen yg lain..
    Apa gak terlalu sadis kata2 saya ini mas…😊

    1. Assalamualaikum mas brahm anuga, tolong jelaskan ojk menetapkan hipo dalam daftar investasi ilegal bulan agustus 2019, trus hipo berusaha nyari legalitas setelah dimasukan daftar investasi ilegak oleh sagas invest pada bulan januari 2019 juga, tlng dijelaskan itu saja yg rinci plus bukti otentikny, jngn asal menginvestigasi tnpa ad dasar yg jelas mohon untuk komen saya dijelaskn sedetail dan alas perbedaan bln yg jauh knpa memasukan daftar investasi ilegal, kok bulan agustus. wassalam

  16. Selamat menjelang tengah malam, Bang
    Terima kasih atas insight-nya tentang HIPO
    Sangat membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak masuk akal

    Menurut hemat saya tentang kenapa di dalam pembahasan abang, OJK pada rilis Oktober tidak mengikutsertakan Hipo Bisnis Manajemen sebagai salah satu investasi ilegal, karena di bulan Agustus sudah dimasukkan ke dalam “Investasi Ilegal yang Dihentikan”.
    Logika saya, setelah masuk dalam daftar dihentikan, ya dihentikan
    Kalau mau investasinya dianggap legal, mau tak mau harus dengan menggunakan nama perusahaan baru

    Itu sih menurut hemat logika berpikirnya saya, bang
    Correct me if i’m wrong

    BTW….gua suka gaya berpikirmu bang

    1. Thanks. bener banget. Actually sy cuma menyesalkan OJK segala kasih klarifikasi yang digunakan oleh orang orang HIPO untuk ‘melegitimasi’ bisnis mereka padahal memang bukan itu maksud OJK.

      1. Ada kawan yang bilang OJK sudah mengeluarkan siaran pers tentang adanya ijin HIPO
        Tapi saya cari2 linknya di website OJK, tidak saya temukan
        Atau saya yang kurang teliti y, bang?

  17. Riba lah itu, macam mana, kita letak uang dekat aplikasi, lepas tuh uang nya bertambah, tanpa kita lakukan usaha atau niaga…. macam mana hukumnya.. betul lah itu orang penulis blog… kita orang pandai2 lah, ….

  18. Mantap bg… penjelasannya mantap, mudah2an makin banyak org yg terselamatkan dari himpunan ponzi online ini.. Hehehe
    Setelah ini bubar.. pasti ada aja lg yg muncul… gak habis2nya para penipu itu ya…

  19. Brahm anuga yang pernah kritis sama ksp pandawa.. Saya mantan nasabah pandawa nih..
    Ya dulu juga waktu pandawa masih berdiri.. Anggota nya membela seperti anggota hipo sekarang lakukan..

    Kalo cuma bilang klik iklan. Atau donlot app hipo di playstore keuntungan hipo sama hal nya dulu pandawa bilang untung dri ukm. Tapi inti nya ada ga secara detail penjelasan uang yg masuk dri nasabah kemana aja.. ? Jgn bilang ga boleh tau dapur bisnis..

    Tapi kenapa lulus ojk ya hipo.. Bingung..

    1. Gak lulus OJK, gak dapat ijin dari OJK. OJK masukin HIPO ke daftar investasi bodong. Orang HIPO protes, mereka bilang kami udah dapat izin sebagai organisasi/perkumpulan. Lalu OJK bilang, OK, HIPO sudah dapat izin sebagai organisasi/perkumpulan. Gitu aja sebetulnya. Memang sangat disayangkan OJK pake kasih pengumuman begitu. Beritanya dimanipulasi sama orang HIPO bahwa mereka sudah tak masalah sama OJK. Padahal rilis sebelumnya pun TIDAK dicabut. HIPO tetap ada dalam daftar investasi bodong OJK.

  20. pertama saya harus mengatakan orangorang yg ikut hipo ini bodoh dan tidak tau berterimaksih. Bodoh karena tidak belajar dari sejah skema ponzi diindonesia. ini bodohnya level ngeri. tidak tau terimakasih karena sudah diingetin supaya tidak terjerumus masih saja membela sesembahannya. haehae..

  21. Teman dan tetangga dah banyak yg ikutan, pake merayu sy utk ikut gabung, tapi sy dah tahu itu modwl skema ponzi dan sampai detik ini saya bkn anggotanya, tambah lagi artikel mas Brahm Anuga tambah yakin kl ini bisnis model skema ponzi

  22. Trimakasih bang ulasannya…hampir saja saya kena bujuk rayu teman masuk member Hipo….Setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih faham. Selain itu saya juga trauma dulu pernah jadi korban investasi bodong dan dengan memahami artikel ini saya terselamatkan untuk tidak tertipu yang kedua kali….

  23. Bang kalo ini semua benar,
    tolong laporin dong hipo ke pihak berwajib,agar semuanya terhenti…….
    Dan setiap Dpd ada ketuanya….
    kalo ketangkep,bisa lebih 100 orang ni struktur pengurusnya ketangkep……

    Apa jangan2 anda sudah melapor?
    terus tolong jelaskan kenapa hipo selalu masuk tv,?

    1. kasus skema ponzi kan hukum memang selalu telat. liat aja pandawa, sbl, first travel. Cuma memiles yang polisi proaktif seblum ada pengaduan mereka bertindak. Mudah mudahan memiles itu tanda awal bahwa hukum di indo sekarang lebih sigap. dan hipo segera…disergap.

  24. Saya belajar banyak soal skema ponzi saat bergabung di tenaga pemasaran/sekaligus investor di CV Medical, Solo th 2004. Baru benar2 ngeh setelah tertipu. Akhirnya bs mengenali dan menganalisa dengan sangat mudah skema ponzi itu seperti apa. Makanya saat ditawari D4F, Bitclub, Memiles, HIPO dll sy langsung menolak. Bahkan sy taruhan kalau mereka ga akan tahan lama. Terbukti semua kolaps, tinggal menunggu HIPO saja yg belum…. Ga lama lagi…. maybe

  25. Kata Anda Situs IAB-CB.org masuk ke situs lain, saya coba barusan bener itu situsnya certificate iab-cb.org 😊🙏 dan itu certificate ISO-9001 kalau palsu kata Anda, knp ngk laporin aja ke pihak kepolisian. saya ditawarin gabung Hipo sama temen, saya baca2 dl ttg Hipo dan temen saya udah merasakan manfaatnya. tapi saya belom gabung s.d skr. saya mikir2 dl baca2 dl dari berbagai sumber dengan bukti2 yg jelas dan otentik. terima kasih.

  26. Kumpulan dari orang yg sakit hati. Saya yakin mereka dulunya juga penipu hanya sayang ndak bisa bertahan lama seperti HIPO. Jadinya sakit hati dan berusaha menjatuhkan. Kasihan Nasibmu seiring dgn mulut dan otakmu.

  27. Makasih bro infox.
    Hipo skrg lgi ngetop di daerah sy. Tp krn sy pnya pengalaman g enak dgn bisnis model bgini, makax jdi g tertarik. Sy jdi parno klo sdh ngomong rekrut member, MLM, 2 kaki dll. Waduuuhhh kapook dh.
    Th

  28. Saya kebetulan kemarin membahas ttang HIPO dgn teman di bogor, dia suruh sy buka di Google dan ketemu, analisa sy, memang tidak masuk logika kita setor uang 750rb, dengan keuntungan 21% per bulan, jadi uang kita akan kembali 2x lipat pada akhir ke anggotaan. Dan ada yang bikin sy aneh, bahwa setoran uang itu disebut oleh hipo sebagai DONASI, mantap kan? Kalau ada apa2 , pihak hipo akan bilang itu kan uang DONASI /sumbangan, lolos deh dari jerat hukum! sekian semoga bermanfaat. …

  29. Kalau bedebat dg abdi Hipo skrg, percuma. Buang2 waktu. Mereka hanya org2 malas yg sangat semang sekali dg hal2 berbau keajaiban. Nanam duit, ongkang-ongkang kaki, duit balik 2x lipat.

    Sama kayak bedebat ama abdi abdi d4f dijaman sblm colaps.
    Mereka baru terbangun setelah itu investasi kolaps, semantara duit mereka blm balik 100%.

    Anehnya, seperti keledai, selalu saja ada yg masuk lobang, padahal perangkap serupa sudah banyk muncul, cuma gonta ganti nama.

    Kayaknya konsep skema piramid/ponzi perlu di perkenalkan sejak bangku sekolah di pelajaran ekonomi, dan harus lebih sering masuk pemberitaan / TV supaya masyarakat kita tambah pintar.

  30. Jujur aku bukan anggota Hipo, setelah baca postingan ini hingga selesai malah jadi pengen masuk HIPO. Kayaknya HIPO mantap tuh. Apalagi dijelasin di sini KADIN mendukung HIPO, yg tulis aja masih bilang aneh KADIN dukung HIPO. klo aku yakin KADIN lembaga pemerintah tdk sembarangan utk dukung sebuah organisasi pasti sdh diperhitungkan dengan matang. Jadi sepertinya HIPO didukung KADIN sangat beralasan dan sepertinya juga HIPO memiliki visi yang jelas, setelah baca malah ingin gabung HIPO. Gabung ah, trimakasih pencerahannya gaes

    1. Sebenarnya saya hanya pembaca saja disini dan di group FB hitung2 cari ilmu buat diri sendiri tapi ga tahan juga ingin ikut komentar sekedar berbagi pengalaman, untuk legalitas perusahaan saat ini sebenar nya sudah bisa kita cek langsung secara Online . untuk kartu anggota KADIN saya coba cek dengan 2 metode
      1. Scan QR Code yang ada di kartunya , ternyata tidak berhasil saya berfikir
      mungkin resolution pixel nya yang kurang bagus .
      2. Cek via online di alamat http://anggotakadin.com/Info.php saya coba masukan
      nomor Registrasi Nasionalnya 00001752 dengan jenis keanggotaan Anggota
      biasa dan hasilnya ” Anggota dengan nomor registrasi Naisonal 00001752 tidak
      ditemukan/KTA habis masa berlakunya. sedangkan disitu tertulis sampai dengan
      29 Juli 2020.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Scroll to Top