Type-type maling dalam skema ponzi

Cara kerja skema ponzi

Untuk paham berbagai type maling di skema ponzi, Anda harus paham dulu sedikit skema ponzi. Supaya paham, saya misalkan saja saya si A, adalah bandar skema ponzi.

Saya bikin sebuah lembaga. Namanya bebaslah. Bisa HIPO, bisa Give4dream, bisa EDC. Apa saja yang kelihatan keren.

Saya lalu mengajak orang setor uang. Namanya juga bebas. Bisa dinamakan donasi, bisa investasi, bisa ‘provide help’.

Saya janjikan imbalan yang besar. Jauh lebih besar dari deposito. Saya janjikan bahwa dalam tempo 6 bulan, duit orang akan jadi 2 kali lipat. Asik kan. Untung 100%.

Mula-mulai saya ajak si B untuk setor uang, saya janjikan keuntungan 100%

Darimana saya bisa bayar keuntungan? Dari orang-orang juga. Jangan khawatir. Setiap 6 bulan itu saya cari member baru buat bayar keuntungan member yang lama.

Perioda berikutnya, saya ajak C dan D setor uang. Uangnya saya kasih ke si B buat balikin modal plus keuntungan.
Perioda selanjutnya saya ajak si E, F, G dan H untuk ikut setor uang. Uangnya untuk bayar modal dan keuntungan si C dan D.

Lalu tak ada lagi orang yang mau ikut. A, B, C dan D untung. E, F dan G H rugi.

Contoh di atas adalah sangat disederhanakan. Cerita sebenarnya, bisa ribuan bahkan ratusan ribu orang yang masuk belakangan yang rugi dan jadi korban.

Pertanyaan penting

Darimanakah keuntungan A, B, C dan D?

Jawabnya adalah mudah: dari uang si E, F, G dan H.

Apakah E, F, G dan H ikhlas? Boro-boro ikhlas. Orang ditipu. Dijanjiin untung ternyata buntung. Jangankan untung. Modal pun tak balik.

Memindahkan hak orang lain tanpa tanpa keikhlasan yang bersangkutan apa namanya? Meminta, memaling, memohon? Ya memaling. Maling utama adalah penyelenggara skema Ponzi. Nuryanto, Filli Muttaqien, Bernie Madoff dan lain-lain. Di bawahnya ada maling-maling lain.

Berbagai type maling dalam skema ponzi

Orang yang menerima rezeki, tak tau bahwa itu dari skema ponzi, mungkin rada keterlaluan kalau disebut maling. Tiba-tiba ada tetangga yang kasih opor ayam. Sedap. Tak tau bahwa tetangganya maling ayam. Kalaupun disebut maling, mungkin maling khilaf. Dan kalau orang normal, begitu tau itu ayam hasil maling, dia cari yang punya ayam buat ganti kerugian.

Tak perduli kalau tetangganya maling ayam atau bukan, walaupun sudah banyak orang bilang, sudah masuk dalam daftar hitam OJK sebagai maling ayam, tetap mau terima opor ayamnya, yang penting nikmat, apa namanya? Maling oportunis.

Kalau dia tau tetangganya maling ayam, lalu dia sengaja minta opor ayam dan menerima dengan sukacita, apa namanya? Maling celamitan.

Sudah tau tetangganya maling ayam, lalu ikut mencari korban yang ayamnya bisa dimaling, lalu menikmati opor ayamnya? Maling biasa

Bagaimana dengan bandar yang memprakarsai skema ponzi? Itulah bandar maling.

Jadi, buat yang ikut HIPO, Give4Dream, EDC Cash, Hector dan sederet skema ponzi lain, yang bangga sudah dapat untung, yang mengajak orang lain untuk bergabung, padahal sudah tau atau pantas tau bahwa itu skema ponzi, sadarilah bahwa kalian semua adalah maling.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"