Beli produk karena peluang bisnis. Masuk Logika?



Banyak MLM seperti Paytren yang menjual produknya sekaligus dengan peluang bisnis. Kalian beli sekian, harga sekian, sekaligus terdaftar sebagai mitra usaha. Bisa dapat penghasilan kalau bisa bantu kami jual produk tersebut. Menarik bukan? Tapi apakah peluang ini layak diambil? Tidak. Kemungkinan besarnya adalah mereka hanya ingin menjual produk mereka, dan syukur-syukur kalau Anda bisa membantu mereka menjualnya pula kepada orang lain. Mengapa?

Produk itu pastilah produk yang sulit laku dipasaran.

Mengapa? Karena kalau produknya laku, mereka tak perlu membumbuinya dengan peluang bisnis. Anda lihat saja sekeliling Anda. Produk yang menurut Anda bagus. Entah itu alat elektronik, entah itu kendaraan. Adakah yang dijual dengan iming-iming peluang bisnis? Tidak ada. Sebab si penjual sudah cukup yakin bahwa produknya dibeli orang karena manfaat produk.

Peluang bisnis untuk produk yang tak laku itu tipu-tipu.

Kalau Anda belajar statistik probablitas, peluang itu ada antara 0% dan 100%. Nol itu tidak mungkin terjadi, 100% itu pasti terjadi. Namanya peluang itu ada di antaranya. Peluang bisnis dikatakan bagus kalau punya kemungkinan yang cukup besar untuk berhasil. Pertanyaannya: Berapa besar peluang berhasil untuk menjual produk yang tak laku?



Faktanya adalah 95% atau lebih orang yang ikut MLM cuma menderita kerugian. Entah itu kerugian karena telah membeli produk yang tak dibutuhkan, entah itu kerugian waktu, biaya pelatihan dan lain-lain.

Mereka memang tidak salah kalau mengatakan Anda mendapat peluang bisnis. Tapi bahwa peluang itu kecil, itu yang harus Anda tahu.

Agen mencari agen itu lucu.

Secara logika bisnis, Agen, distributor, mitra usaha dalam jaringan penjualan apapun sebetulnya tak ingin ada agen lain untuk produk yang persis sama di wilayahnya. Itu makanya sistem distribusi mengatur wilayah keagenan. Dengan begitu 2 POM bensin Pertamina atau 2 dealer Toyota tidak berdiri berdampingan. Maka bila tetangga Anda atau orang dari lingkungan pertemanan yang sama, yang sudah jadi agen suatu produk mengajak Anda menjadi agen produk yang sama, harus Anda tanya akal sehatnya dimana.

Jadi? MLM yang menawarkan produknya dengan iming-iming peluang bisnis, dengan segala bualan dan tipu dayanya sebetulnya cuma ingin Anda membeli produk mereka. Apa Anda akan mendapat peluang tersebut? kemungkinan besar tidak. Anda hanya membeli produk tak bermutu dan/atau kemahalan.



Semua iklan dalam situs ini dimunculkan oleh google, tergantung apa yang pernah Anda cari di Google atau kata yang terkandung di artikel. Iklan kadang bertentangan dengan isi artikel, menampilkan apa yang dikritik dalam artikel, diluar keinginan pengelola situs.

Comment 1

  1. Lizz Zubir Oktober 18, 2018

Leave a Reply