PT BEST Itu Skema Piramida. Mau Ikut?

PT BEST itu skema piramida. Skema piramida adalah MLM yang produknya sebagian besar dibeli karena syarat jadi member atau syarat naik peringkat, dan sedikit terjual ke masyarakat umum sebagai pengguna produk. Gak percaya? Tanya aja ke Jonru Ginting. Jon, berapa persen produkmu dibeli oleh pengguna akhir? Jualan kok produknya cuma dibeli buat urusan membership jon?

Bedanya skema piramida dan ponzi? Masalah klasifikasi saja sebetulnya. Skama ‘bisnis’ dimana member lama hanya bisa dapat penghasilan kalau ada member baru yang setor uang, itulah skema piramida. Skema ponzi termasuk skema piramida. MLM yang produknya tidak laku di pengguna akhir, sehingga mengandalkan keanggotaan baru supaya anggota lama dapat untung, juga skema piramida.

Skema ponzi itu skema piramida yang menyamarkan skemanya dengan bisnis investasi. Koperasi pandawa, Onecoin adalah contoh skema ponzi. Cara sederhana untuk menilai apakah suatu bisnis itu skema ponzi: Kira-kira saja, kalau tak ada investor baru, apakah bisnis itu akan tetap bertahan dan bisa memberi keuntungan bagi investor yang sudah masuk?

Hal yang sama untuk menilai MLM apakah skema piramida atau bukan: Kira-kira, kalau tak ada member baru, apakah bisnis itu bisa memberi keuntungan bagi mitra yang sudah bergabung?

Untuk PT BEST: Kalau tak ada member baru, apakah member lama semacam jonru ginting bisa dapat untung? Tentu tidaak 🙂. Produknya gak laku dijual gimana bisa dapat penghasilan jonru ginting kalau gak dapat member baru?

Dan itulah skema piramida. Mengandalkan adanya member baru. Apa sih bahayanya mengandalkan adanya member baru supaya dapat penghasilan? Karena jumlah orang yang bisa dijadiin dan minat jadi member itu terbatas. Saat sudah mentok, tok, rugilah yang baru baru masuk yang baru dapat member beberapa biji atau malah belum sama sekali. Itulah yang terjadi dengan DNI dan DBS (skema piramida febrian agung) yang sudah mentok. Juga Paytren ucup mansyur.

Selain secara logis akan merugikan banyak orang pada akhirnya, MLM skema piramida semacam PT BEST juga memperdaya orang dengan iming iming bisnis sukses dan over claim produk. Kenapa mereka iming-iming bisnis sukses? supaya orang jadi member. Kenapa mereka biasa overclaim? Karena produknya sebetulnya sampah.

MLM yang mengandalkan keuntungan dari keanggotaan disebut skema piramida. Kenapa disebut skema piramida? Karena kebutuhan anggota barunya harus lebih banyak dari waktu ke waktu. 1 jadi member, dia butuh ratusan downline supaya dapat penghasilan. ratusan downline ini butuh puluhan ribu downline lagi supaya keuntungan member yang lama tetap terjaga dan cukup. Begitu seterusnya, membentuk semacam piramida. Itu makanya disebut skema piramida. Makin banyak dan makin banyak butuh anggota baru. Akhirnya mentok. Itu yang terjadi dengan paytren dan MLM skema piramida lain.

Dan tak perlu nunggu mentok pun akan selalu ada jauh lebih banyak anggota yang rugi ketimbang yang untung. Jadi, masih mau ikut?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Scroll to Top