EDC Cash menang gugatan PKPU. Lalu?

Asik, EDC cash menang gugatan PKPU. Para member yang lugu lugu itu bisa berharap lagi duitnya kembali. Kan menang? berarti EDC Cash benar dong secara hukum? Kalau benar, ya nanti beroperasi lagi, profit lancar lagi. Asoy geboy.

EDC Cash menang PKPU
EDC Cash menang PKPU

Menang kalah PKPU tak ada artinya

Sayangnya, pikiran seperti itu keliru pakai banget. Supaya terang, kita bahas pelan-pelan.

Pertama, apa itu PKPU?

PKPU adalah penundaan kewajiban pembayaran utang. Istilahnya bikin bingung. Yang lebih tepat sebetulnya: Menetapkan batas waktu pembayaran utang. Kalau sampai batas waktu tidak bisa bayar, nanti lanjut ke gugatan palit. Kalau sudah dinyatakan pailit, maka harta disita, dibag-bagi ke semua orang yang berhak, bukan cuma yang menuntut.

Jadi, si penggugat ini minta sama hakim: Pak, tolong tetapkan batas waktu buat si Abdurrahman Yusuf (AY) bayar utang. Kalau gak ada batas waktu kan nasib duit kita semua jadi ngambang.

Kedua, AY menang dari gugatan PKPU bukan berarti dia tak menipu

Menang gugatan PKPU itu tak berarti dia menang juga digugat pidana. Orang bisa saja kalah digugat PKPU tapi tak melakukan tindak pidana. Sebaliknya yang menang PKPU bisa saja dia menipu dan tetap dibui karena tindak pidana. Hakim menolak gugatan PKPU itu alasannya bukan apakah dia menipu atau bukan menipu. Contoh alasannya: penggugat tak bisa membuktikan bahwa AY punya kewajiban pembayaran ke dia dan sudah jatuh tempo.

Menang atau terhindar dari PKPU itu tak berarti EDC Cash akan beroperasi lagi. AY akan tetap diproses secara pidana.

Ketiga, menang kalah PKPU itu tak berarti uang member kembali

Yang harus disadari oleh semua korban skema ponzi, khususnya di Indonesia adalah: Uang korban tak akan kembali. Pahit, tapi begitulah kenyataan yang harus diterima. Mengapa tak akan kembali? Baca disini sebagai penjelasan penipuan EDC Cash. Tulisan itu dibuat jauh sebelum EDC Cash gagal bayar profit.

Karena skema ponzi itu, uang member disebar kembali ke member. Disebut di sebuah pemberitaan, kerugian member totalnya 500 milyar. Kemanakah 500 milyar tersebut? Sudah disebar ke member juga, sebagian kecil dipotong oleh AY dan antek-anteknya. Yang disebut profit, penghasilan dari nambang EDC coin itu sebetulnya adalah duit setoran member juga.

Enak member yang sudah lama karena sudah untung. Yang baru baru masuk? ya buntung.

Jadi, secara matematis, kasarnya, total kerugian bersih (net loss) dari member itu ada di member yang sudah mendapat keuntungan bersih (net profit) dan di AY. Bagaimana bisa narikin duit yang sudah tersebar seperti itu? Tak pernah terjadi di Indonesia.

Bagaimana dengan asset yang ada di AY? Hanya secuil pastinya. Tak akan cukup dibagi-bagi ke seluruh member yang rugi. Contohnya kasus first travel. Kalau dihitung-hitung, kerugian jamaah yang 15 jutaan itu cuma bisa terganti sebesar 200 ribu per orang. Menyedihkan dan cuma bikin ribut. Makanya hakim memutuskan, sita negara saja. Contoh lain adalah ponzi di koperasi langit biru. Asset yang dimiliki Jaya komara tak sampai 5% dari kerugian member. Pahit? memang. Terima saja sebagai pelajaran.

Jadi, mau menang PKPU, mau kalah, mau seri (eh gak ada, ya), kerugian member itu tak akan terganti. Itu makanya, PKPU di kasus penipuan yang pakai skema ponzi adalah sesuatu yang lucu dan menggemaskan.

Wait, kalau EDC Cash beroperasi lagi, mungkin bisa bayar profit member? Ini juga tidak akan terjadi. Skema ponzi itu membuat bisnis (kalau pun bisa disebut bisnis) berhutang segunung. Bayarnya dengan cara cari korban baru. Karena hutangnya sudah segunung, korban baru itu harus dalam jumlah luar biasa banyak jumlahnya dalam waktu seketika. Mungkinkah? Well, setelah pemberitaan tentang EDC Cash yang menipu banyak orang, itu bisa terjadi terlalu banyak orang idiot (tapi banyak uang) di Indonesia yang masih mau jadi member EDC Cash saat ini.

Member EDC Cash, terimalah kenyataan pahit dan move on

Yang seharusnya dilakukan oleh member EDC Cash adalah menerima kenyataan bahwa duitnya hilang. Dukung Kepolisian untuk mempidanakan AY dan antek-anteknya. Ini berguna paling tidak buat saudara-saudara kalian supaya tidak terjerat skema jahat yang sama di kemudian hari.

Laporkan juga Leader atau siapapun yang mengajak Anda ikut EDC Cash dengan berbagai iming-iming keuntungan. Mereka sudah membantu penipuan. Ehem, siapa tau, kalau Anda bilang mau lapor, mereka akan mengganti kerugian Anda karena ‘tanggung jawab moral’ sekaligus takut dibui. Itu satu-satunya cara kalau uang Anda mau kembali.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"