Michael Tanudiredja, Mantan Pentolah D4F jadi Pengurus APLI

Michael Tanudiredja, Pentolan Dream for Freedom

Siapa itu Michael Tanudiredja? Dia adalah pentolan Dream for Freedom. Apa itu Dream for Freedom? Itu adalah skema ponzi yang heboh tahun 2015-2016. Sebuah kejahatan jaringan, penipuan yang membuat ratusan ribu orang rugi sampai ratusan juta rupiah.

Michael Tanudiredja alias Michael Tan di video promo Dream for Freedom
Michael Tanudiredja, dalam video promosi Dream for Freedom
https://www.youtube.com/watch?v=rRYGl0vZOkM

Apakah Michael Tanudiredja dilaporkan ke Polisi? Ya. Menurut berita ini. Dia adalah salah satu pentolah Dream for Freedom yang dilaporkan.

Mengapa Michael Tanudiredja tidak ditangkap dan dihukum? Tidak jelas. Tapi di Indonesia, para penipu di skema ponzi memang banyak yang bebas tanpa hukuman. Menikmati kekayaan dari uang orang yang rugi, sementara yang rugi jatuh miskin sampai terjerat hutang. Lihat saja kasus BTC Panda, Give4Dream, HIPO, Auto Gajian dan sederet yang lain.

Dream for Freedom Bubar, mendirikan moneygame baru

Belakangan Michael Tanudiredja mendirikan Smart In Pays. Sebuah bisnis yang katanya bisnis pembelian token dan tiket akomodasi. Tapi bisnis itu hanya penyamaran saja. Pada prakteknya, peserta SIP beroleh keuntungan dari jualan lisensi alias rekrut member baru, bukan jualan pulsa, tiket. Juga bukan dari jualan produk yang tercantum di SIUPL.

Jadi pengurus APLI

Orang mengenal APLI itu seperti salah satu faktor legitimasi suatu MLM. Jadi kalau MLM anggota APLI dan punya SIUPL, mestinya sudah sesuai dengan regulasi dan pasti bukan moneygame. Faktanya tidak begitu.

  • Qnet, yang diberbagai negara dilarang karena skema piramida, itu anggota APLI sebelum heboh kasus Lumajang.
  • Direktur Qnet Indonesia, Ina Rachman yang sempat jadi buronan polisi adalah pengacara APLI sebelum kasus heboh kasus Lumajang.
  • Dan kalau malu ditilik, beberapa MLM lain yang jadi anggota APLI adalah skema piramida, yang melanggar beberapa peraturan permendag No. 70 2019. Contohnya Paytren dan Melia Sehat Sejahtera.

Dan sekarang mantan pentolah Dream for Freedom jadi pengurus APLI, duduk sebagai anggota bidang perdagangan dan perindustrian. Ini lebih menegaskan bahwa APLI itu ‘bukan apa-apa’, hanya perkumpulan MLM, tak perduli MLM moneygame atau bukan. Tak perduli juga member MLM akan rugi atau tidak. Pengurusnya saja pernah direktur Qnet, sekarang duduk bercokol disana Michel Tanudiredja.

Michael tanudiredja jadi pengurus APLI
Michael Tanudiredja, pengurus APLI

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"