V-tube Gratis, Nipunya Dimana? Ya di Kamu!

Yang gratis yang menipu

Vtube memang bisa gratis. Itupun selalu dirayu supaya beli fast track.

OK, anggap saja ada yang imannya kuat (atau tak punya uang) dan tak beli fast track. Lalu nipunya Vtube dimana? Kalau nipu kan harusnya berbohong supaya orang setor uang. Itu definisi dari KUHP. Kalau kamu ikut gratis, kan tidak setor uang. Jadi vtube tak nipu, dong? Mari kita simak.

vtube gratis
Vtube gratis

Skenario 1: Ikut Vtube gratis tanpa rekrut

Kamu ikut gratisan. Murni tanpa rekrut-rekrut. Dengan strategi yang diajarkan antek vtube Louis Ridwan, beberapa tahun kemudian (Anggap vtube belum bubar), kamu dapat VP yang lumayan. Kemana kamu jual? Ke member gratisan juga? Tentu tidak. Kamu jual ke member yang mau beli fast track. Member ini keluar uang karena dibohongi vtube, mengaku sebagai bisnis periklanan alias…ditipu. Jadi, dengan skenario yang ‘paling tak berdosa’ ini pun, kamu bisa disebut memakan uang hasil penipuan.

Skenario 2: Ikut gratis, ajak gratisan pula

Kamu ikut gratisan, tapi ajak orang gratisan juga supaya kamu dapat komisi VP. Beberapa bulan kemudian (tidak lagi beberapa tahun), kamu sudah mengumpulkan sejumlah VP yang lumayan. Kemana kamu jual? Ke member yang mau beli fast track. Ini berarti sama dengan skenario pertama. Kamu terima uang dari orang yang tertipu di vtube. Kamu disebut memakan uang hasil penipuan.

Skenario 2: Ikut gratis, ajak orang fast track

Kamu ikut gratisan, tapi ajak orang. Beberapa orang tersebut beli fast track karena rayuan kamu. Rayuan kamu ya sama dengan rayuan para PLC: Bahwa Vtube adalah bisnis periklanan yang adalah kebohongan. Berbohong supaya orang setor uang adalah penipuan. Maka kamu disebut sebagai: PENIPU.

Dasarnya vtube menipu?

Semua label ‘makan hasil penipuan’ dan ‘menipu’ itu dasarnya adalah bahwa v-tube penipuan. Memang yakin vtube menipu?

Sekali lagi, berbohong supaya orang setor uang itu menipu. Vtube berbohong karena mengaku bisnis periklanan padahal bukan. Padahal cuma skema oper-operan uang dari member ke meber alias skema ponzi.

Kalau menipu kok tak ada yang dirugikan?

Aksi penipuan itu adalah suatu fakta. Bahwa sudah ada atau belum ada yang dirugikan, atau bahwa ada yang sebagian (kecil) orang yang diuntungkan, atau bahwa belum muncul kerugian (tapi pasti akan muncul) itu adalah hal lain.

Misalnya saya tau ada orang bernama Jack Gukguk. Dia mengaku punya bisnis padahal tidak punya. Jak Gukguk lalu mengajak si A setor uang supaya bisa dapat untung. Jack gukguk lalu mengajk 2 orang lainnya untuk bayar penghasilan si A. Jack Gukguk lalu mengajak 4 orang lainnya untuk membayar yang 2 orang tadi, begitu seterusnya. Tetap dengan berbohong bahwa penghasilan semuanya berasal dari bisnis. Apakah itu penipuan? Jelas penipuan. Apakah ada yang rugi? Belum. Tapi saat dia tak bisa lagi mengajak orang lain, yang terakhir masuk itu rugi. Saat itulah yang terakhir sadar dan tau telah tertipu.

Jadi, belum terjadinya saat dimana Jack Gukguk kehabisan orang yang diajak, itu tak berarti bahwa Jack Gukguk sekarang bukan menipu.

Paham cuy?

Vtube adalah penipuan walaupun belum kehabisan orang yang bisa dibodohi. Yang ikut-ikutan mengajak orang di vtube dan membuat orang lain keluar uang, ya sama dengan membantu penipuan. Mau yang ngajak itu gratis, mau bayar, tetap menipu.

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"