AFC Life Science. Skema Piramida atau Bukan?

MLM Skema Piramida

Tidak semua MLM adalah skema piramida. MLM skema piramida adalah MLM yang produknya sebagian besar hanya laku di kalangan member, terutama pada saat perekrutan member baru. Saat perekrutan itu, member baru harus beli produk. Itulah cara utama mereka dalam menjual produk.

Member dapat uang sebagian besar dari komisi penjualan saat perekrutan, bukan dari penjualan ke retail customer atau pelanggan pengguna.

Mengapa utamanya adalah menjual saat perekrutan? Karena produknya kurang laku di pasar umum atau retail customer.

Apa akibatnya? Akibatnya member harus merekrut member baru supaya dapat penghasilan. Akibatnya penghasilan member lama sangat tergantung dari adanya member baru.

Apakah itu buruk? Ya. Karena dengan begitu bisnis akan cepat jenuh. Karena apa? Karena jumlah member baru harus berlipat ganda. Dalam waktu tak lama calon potensial member baru habis. Saat itu member lama makin sulit dapat penghasilan. Saat itu, member yang baru bergabungpun rugi.

Bagaimana dengan AFC Life Science?

Bila melihat marketing plan-nya, AFC Life Science mensyaratkan orang untuk membeli barang untuk jadi member. Ada 3 tingkatan kepesertaan: Ruby, Saphire dan diamond. Untuk ruby, harus beli produk senilai 3 jutaan. Untuk Saphire 9 jutaan dan diamond 19 jutaan.

Dari berbagai video promosi AFC Life Science, banyak sekali dijelaskan bagaimana cara dapat penghasilan di AFC Life Science. Caranya: Rekrut member baru alias cari downline yang mau beli produk sebagai syarat jadi member.

Penjelasan marketing plan AFC Life
Penjelasan Marketing AFC Life

Jadi apakah skema piramida? Menurut saya ya. Dari syarat beli itu saja sudah pertanda. Ditambah dari berbagai ‘panduan’ bisnisnya di berbagai video di Youtube. Saya yakin sebagian besar produk mereka hanya dibeli oleh orang yang mau jadi member. Itulah skema piramida.

Mau bukti? Tanya saja kepada orang yang mengajak Anda. Sudah berapa banyak menjual produk AFC Life ke retail customer (ke masyarakat umum, tanpa embel-embel jadi member)?

Disamping itu, mengharuskan member baru untuk membeli produk juga menyalahi permendag No. 70 2019. Dalam permendag itu, pasal 21 huru f dan g:

Permendag No. 70 2019 ayat 21 huruf d dan e.

Dapat penghasilan puluhan sampai ratusan juta?

Ini tipikal MLM skema piramida. Mengumbar mimpi jadi kaya. Apakah ada yang berpenghasilan puluhan juta? Ada, hanya segelintir orang yang masuk dari awal.

Untuk dapat puluhan juta, Anda harus merekrut banyak downline. Hitung saja dari komisi yang bisa Anda dapat setiap dapat downline. Anda akan tau jumlah downline yang diperlukan. Gampang? Tidak. Anda harus ikut banyak seminar dan mengajak ‘calon downline’ Anda untuk ikut. Tentu Anda juga harus berdoa bahwa calon tersebut akan terpengaruh dan akhirnya menjadi downline Anda.

Produk AFC Life Science dan legalitas

Produk AFC Life Science berasal dari Jepang, SOP 100+. SOP sendiri adalah salmon ovary peptide, suatu zat yang terkandung pada ovarium ikan salmon. Apakah betul dari Jepang? Memang betul. Tapi produk MLM skema piramida itu bisa apa saja. Apapun bisa dibuat sebagai media skema piramida selama memungkinkan ada selisih besar antara biaya pokok dan harga jual. Bukan produknya yang salah, tapi skema-nya.

Apakah produknya bermanfaat? Bisa jadi. Tapi masalah skema piramida bukanlah pada manfaat produknya, tapi pada apakah produk tersebut lebih banyak terjual ke masyarakat umum atau cuma ke orang yang mau jadi member.

Juga tentang legalitas. Ada SIUPL. Bagus. Tapi Qnet, skema piramida yang sudah dilarang di banyak negarapun dulu punya SIUPL. Di Indonesia memang aneh. MLM yang jelas melanggar peraturan, mendapat izin dari kementerian (atau bagian dari kementerian) yang mengeluarkan peraturan tersebut.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari lebih lanjut skema piramida dan ruginya ikut skema piramida, silahkan simak ulasan yang bagus ini:

Skema piramida, penjelasan FTC

apa itu skema piramida

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"