Forsage, Arisan Berantai ala Blockchain

Forsage itu skema ponzi alias arisan berantai. Itu pasti. Akan bubar, juga pasti. Akan banyak yang rugi, juga pasti. Tak ada bedanya dengan arisan berantai primitif, tapi dengan menggunakan teknologi blockchain.

Arisan berantai primitif

Dulu, di tempat-tempat publik seperti telpon umum, suka ada kertas ajakan untuk bersama sama jadi kaya. Isinya kurang lebih begini:

Mau jadi kaya raya tanpa usaha? Hanya bermodalkan kejujuran. Silahkan transfer ke A, B, C dan D, masing-masing Rp. 20.000.

Misalnya anda adalah si E. Anda ikutan. Lalu setelah transfer ke empat orang itu, Anda pun membuat ajakan yang sama dengan memasukan nama Anda.

Mau jadi kaya raya tanpa usaha? Hanya bermodalkan kejujuran. Silahkan transfer ke B, C, D dan E, masing-masing Rp. 20.000.

Makin banyak anda berhasil mengajak orang, makin untung Anda dan orang di atas Anda.

Begitulah seterusnya. Anda mengajak sebanyak-banyaknya orang. Lalu yang berhasil Anda ajak juga harus mengajak sebanyak-banyaknya orang.

Itulah arisan berantai yang primitif. Setiap orang yang ikut harus ‘jujur’ dan menuliskan namanya sendiri dan nama-nama beberapa upline di atasnya untuk tujuan transfer perserta berikutnya.

Forsage, Arisan berantai ala Blockchain

Bagaimana dengan Forsage? Prinsipnya sama persis dengan arisan primitif tadi.

Uang peserta baru sama-sama ke peserta lama. Setiap perserta harus mencari sebanyak-banyaknya peserta supaya dapat untung.

Memang, detilnya beda. Di Forsage skema aliran uang dan pembagiannya lebih rumit.

Penyesatan dengan tetek bengek istilah cryptocurrency

Arisan berantai biasa menyesatkan orang dengan berbagai cara. Ada yang berpura-pura sebagai komunitas saling tolong seperti MMM dan Autogajian, ada yang berpura-pura sebagai bisnis seperti Vtube dan HIPO.

Forsage sama seperti MMM, mengaku sebagai komunitas saling tolong. Ini dikatakan sendiri oleh ‘pendiri’ forsage, Lado Okhotnikov. Tentu saja menyesatkan karena pada akhirnya, seperti MMM dan skema ponzi manapun, akan ada jauh lebih banyak orang yang rugi daripada yang untung. Dimana saling tolongnya?

Bedanya dengan MMM, Forsage menggunakan cryptocurrency / teknologi blockchain. Istimewa? cryptocurrency memang istimewa, tapi pengguna cryptocurrency ya biasa saja. Dan Forsage itu cuma menggunakan teknologi cryptocurrency untuk arisan berantai.

Ini penyesatan dan kebohongan Forsage:

Forsage bukan ponzi?

What? Member lama dapat uang dari member baru. Kalau tak ada member baru, member lama tak dapat untung. Ya itu jelas skema ponzi alias arisan berantai.

Sangat aman, tidak akan scam dan bangkrut?

Kalau maksudnya aman itu coin member dijamin akan ditransfer ke upline (atau mungkin ke pihak forsage), bisa jadi betul aman. Tapi kalau maksudnya aman adalah uang member terjamin akan kembali, itu bohong besar. Member akan mendapat uangnya kembali dari orang yang diajak. Kalau tak bisa mengajak orang, tak akan dapat uang.

Tak akan bangkurt? Tak ada skema ponzi yang tak bangkrut. Bangkrutnya skema ponzi itu adalah konsekuensi logis dari skema itu sendiri. Skema ponzi membutuhkan member baru dalam jumlah berlipat ganda. Suatu saat orang bodoh atau para maling yang bisa direkerut habis. Itu pasti karena jumlah orang bodoh dan maling itu terbatas. Bahkan kalau semua orang di dunia dan antar planet ikut, tetap akan habis. Saat sudah tak ada lagi orang yang jadi member baru, saat itulah bangkrut. Dan itu tak akan lama. Dan saat bangkrut, ada lebih banyak orang yang rugi daripada yang untung.

Pakai smart contract, aman (lagi) dan tak bisa dicurangi

Ini sebetulnya omongan orang yang asal omong. Smart contract itu pemrograman yang disisipkan dalam blockchain. Isi progmanya semacam block if…then untuk menentukan apakah transfer cryptocurrency harus dilakukan atau tidak. Misalnya: Kalau jumlah dibawah 100, gagalkan, kalau pas 100, eksekusi. Kalau di atas 100, transfer kelebihannya ke pengirim.

Isi programnya bisa macam-macam dan tergantung si pembuat program. Bisa dicurangi? Ya bisa oleh si pembuat program.

Makanya dalam website yang berisi smart contract, ada label apakah ada kemungkinan smart contract itu potensial curang atau tidak. Dan smart contract dari forsage itu berlabel…high risk! Resiko tinggi terjadi kecurangan.

Dan smart contract forsage itu berlabel ‘high risk’. Itu artinya sudah banyak yang melaporkan adanya kecurangan.

Link smart contract ini didapat dari website resmi forsage sendiri (forsage.io)

Apa sih sebetulnya smart contract itu? Itu transaksi bersyarat. Kalau syarat dipenuhi, maka transaksi akan dilakukan, transfer asset dieksekusi. Misalnya, kalau jumlah coin yang yang dikirim kurang dari 100, batalkan. Kalau pas 100, eksekusi, kalau lebih dari 100, kembalikan lebihnya ke pengirim. Itu contoh syarat sederhana.

Dalam dunia cryptocurrency, smart contract itu program yang disisipkan dalam jaringan komputer pencatatan. Syarat yang ditulis bisa berbagai macam sesuai kebutuhan.

Lalu smart contract di forsage? Ya salah satu bagian kodenya kurang lebih: Kalau ada orang tolol yang transfer uang ke si X, lihat kode referalnya. Kalau kode referal milik si X, terima. Kalau bukan, tolak. Tak ada istimewanya.

Smart contract itu kontrak digital. Netral saja sama seperti kontrak dunia nyata. Bisa dicurangi, bisa tidak. Tergantung yang membuat kontrak/perjanjian.

Sekali menyebar, tidak akan mati

Smart contract itu kode yang tersimpan di jaringan ethereum. Tersebar di jaringan? ya. Tak akan mati? Bisa jadi. Tapi masalahnya, saat jenuh, saat semua orang bodoh dan para maling itu sudah ikut semua, tak ada lagi yang mau ‘kontrak’ disitu. Jadi apa gunanya bilang tak akan mati?

Ikut forsage itu murah?

Seperti biasa skema ponzi yang menyebut murah atau malah gratis (seperti vtube), itu cuma pancingan. Ada level terendah dengan hanya setor uang 300 ribuan (dalam gambar itu level pertama, 85.000 setor di matrix X3, 85.000 setor di matrix X4, dan sisanya buat biaya transfer). Level selanjutnya, kalau mau cepat kaya (atau cepat bangkrut) bisa setor uang sampai ratusan juta rupiah.

Dan jangan kaget kalau nanti upline bilang, kalau cuma level satu, kapan kayanya? Ayo dong naik ke level berikutnya.

Jadi, murah itu hanya pancingan.

Level-level di Forsage
Level-level di Forsage. Dari yang hanya beberapa ratus ribu sampai seratusan juga. Dan level itu harus diikuti berurutan.

Pendiri Forsage

Forsage konon didirikan oleh orang yang bernama Lado Okhotnikov. Asalnya dari rusia. Sama dengan Mavrodi, pendiri MMM yang juga adalah skema ponzi manca negara.

Dalam salah satu videonya dia mengakui bahwa Forsage adalah komunitas. Forsage itu bukan bisnis. Jadi kalau ada yang bilang Forsage bisnis, itu ngaco.

Forsage itu komunitas skema ponzi.

Lado Okhotnikov, pendiri Forsage
Lado Okhotnikov, pendiri Forsage

Forsage sudah diblacklist di Filipina

Filipina termasuk negara berkembang yang cepat mendeteksi dan mengumumkan adanya entitas yang bakal merugikan rakyatnya. Lihat beritanya disini:

Forsega illegal di Filipina

Forsage memang menyasar negara berkembang dimana rakyatnya masih awam terhadap bahaya skema ponzi. Dan beberapa bulan belakangan Forsage juga menyasar Indonesia.

Apakah akan untung ikut Forsage?

Di skema ponzi manapun akan ada orang-orang yang untung. Mereka adalah orang yang masuk duluan. Selain masuk duluan, mereka harus pandai cari orang dan membohongi orang. Hei, mari ikut, bisa dapat uang ratusan juga. Kalau Anda pandai marketing plus rela berbohong, Anda akan sukses di Forsage.

Tapi di skema ponzi manapun, akhirnya akan bubar. Saat bubar akan ada orang yang rugi, berlipat ganda dari yang untung. Mereka adalah orang yang masuk belakangan dan/atau orang yang tak pandai berbohong.

Mengapa Forsage itu penipuan

Skema ponzi itu menipu karena mengiming-imingi orang untuk ikut dan setor uang. Kata-kata pasti sukses, anti bangkrut itu sudah biasa. Disitulah menipunya. Membuat serangkaian kebohongan supaya orang setor uang adalah penipaun.

Pada faktanya, secara logika matematika, skema ponzi pasti bubar dalam waktu yang tak lama. Dan orang yang untung banyak hanya segelintir.

Apakah Anda termasuk orang awam atau maling? Yuk ikut Forsage

Orang yang ikut skema ponzi, termasuk Forsage itu ada 2 golongan: Orang awam dan maling. Orang awam tak tau apa itu skema ponzi, tak tau forsage itu skema ponzi, terpengaruh sama kerennya istilah-istilah dunia blockchain di Forsage dan tak tau bahaya skema ponzi yang akan merugikan lebih banyak orang daripada menguntungkan. Mereka biasanya masuk belakangan. Setor uang hanya untuk menjadikan uplinenya yang adalah para maling menjadi lebih kaya.

Maling adalah orang yang paham bahwa ini cuma oper-operan uang. Mereka dikenal sebagai pemain BO (bisnis online). Mereka biasanya masuk duluan jadi peserta. Mereka tau bahwa skema seperti ini pasti bubar dalam waktu tak lama. Mereka juga tau bahwa akan ada banyak orang yang rugi setelah bubar. Mereka juga tau bahwa keuntungan mereka berasal dari yang rugi yang mereka ajak bergabung. Mereka tak perduli. Maling mana perduli?

Forsage skema piramida
Forsage. Yang atas jadi maling utama. Yang tengah maling perantara. Yang bawah korban.
Gambar dari bitcoin.com
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"