Febrian Agung Mau Tanggung Jawab ke Korban DBS?

DBS, Moneygame Febrian Agung yang banyak makan korban

DBS adalah bisnis moneygame Febrian Agung yang dulu. Sama seperti Eco Racing. Moneygama itu pasti bubar. Bubar karena cuma mengandalkan pertambahan member baru yang membuat skema itu akhirnya jenuh. Saat bubar, member yang masuk belakangan akan rugi. Yang rugi ini jauh lebih banyak dari yang untung. Apalagi kalau dibanding dengan yang mendapat reward.

iming-iming kebebabasn finansial DBS
iming-iming kebebabasn finansial DBS

Dan sialnya member DBS, mereka bukan cuma rugi karena membeli produk sampah, tapi banyak juga yang menyimpan deposit uang disana. Deposit untuk beli pulsa.

Berbagai komen menyedihkan ini diambil dari sebuah page di facebook. Beginilah komen di posting terakhir (tertanggal 25 Mei 2014)

Postingan di Facebook yang menual banyak komentar sedih

Berikut komentar-komentar yang mengikuti postingan tersebut.

Febrian Agung mau Tanggung Jawab ke korban DBS

Berita kotornya bisnis Febrian Agung itu sudah tersebar kemana-mana. Kalau Anda belum tau, mungkin Google sentimen pada Anda. Atau mungkin Anda yang tak kenal Google.

Karena ketahuan kedoknya, Febrian Agung sering berkelit masalah DBS ini. Pernah dia bilang bahwa member DBS sudah disarankan untuk pindah ke Paytren. What? Kebohongan besar. Tak pernah ada pengumuman seperti itu.

Kali ini Febrian Agung mencoba membersihkan nama, sekaligus ingin sekali lagi memperdaya member DBS. Dia menawarkan member DBS untuk jadi RESELLER Eco Racing secara gratis.

Tanggung jawab itu ngibul lagi

Sekilas tawaran ini seperti bentuk tanggung jawab Febrian Agung. So sweet. ‘Sebagai bentuk tanggung jawab kepada mitra DBS’. Tapi kata tanggung jawab itu bohong sebetulnya.

  • Jadi reseller di Eco Racing itu memang gratis. Tanpa perlu jadi mantan DBS pun orang bisa gratis jadi reseller Eco Racing. Mengganti kerugian orang yang jutaan rupiah kok dengan keanggotaan yang memang gratis?
  • Kenapa tak ganti saja uang pembelian chips dari korban DBS?
  • Kenapa tak ganti saja uang deposit member yang terpendam di DBS?

Jadi bahasa ‘sebagai bentuk tanggung jawab kepada member DBS’ itu asli bohongnya. Kalau mau tanggung jawab, ganti uang. Habis perkara.

Tanggung jawab itu artinya menanggung segala sesuatu akibat perbuatannya. Kalau akibat perbuatannya membuat kerugian pada orang lain, tanggung jawab berarti melakukan yang wajib: Mengganti kerugian tersebut.

Apakah dengan menjadi reseller akan mengganti kerugian member DBS? Sama sekali tidak. Apakah jadi reseller akan membuka peluang mantan DBS dapat untung? Sama sekali tidak. Jadi reseller itu cuma bisa menjual produk Eco Racing. Tidak bisa dapat downline, tidak bisa dapat komisi rekrut-rekrut (bagus sih, tak ikut moneygame Eco Racing). Tapi mau jual kemana? Jual Eco Racing dibully anak motor. Jual Eco Farming dibully petani.

Mengajak orang jadi reseller itu sebetulnya jarang dipromosikan Eco Racing. Itu cuma cara supaya kelihatannya memenuhi permendag tentang distribusi langsung. Faktanya di lapangan, Eco Racing selalu mengajak orang untuk beli paket produk tak berguna dengan iming-iming jadi kaya. Jadi, tawaran jadi reseller itu cuma untuk ditertawakan saja.

Apakah ini tanda frustasinya Febrian Agung?

Bisa jadi. Bodoh sekali sebetulnya membuat penawaran yang cuma untuk ditertawakan. Mungkin sudah sulit cari member baru (yang mau beli paket eco racing). Lalu dia mencoba menarik para korban DBS. Iming-iming gratis, lalu didorong untuk beli paket dan jadi member moneygame lagi.

Atau cuma ingin terlihat bertanggung jawab? Ya hanya permainan kata-kata. Ganti uang korban adalah bentuk tanggung jawab sebenarnya. Uang pembelian chips, juga uang deposit.

Apapun itu, ada satu fakta menarik: Febrian Agung mengakui bahwa dia seharusnya bertanggung jawab ke para mitra DBS! Secara tidak langsung mengakui bahwa ada yang dirugikan di DBS. Kalau tidak ada yang rugi mengapa harus tanggung jawab? Sayangnya tanggungjawabnya cuma ngibul.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"