Eco Farming Bikin Petani Rugi, PT BEST tak Perduli

Eco Farming membuat pak Abraham rugi puluhan juta rupiah. Kebun Jagungnya yang biasa menghasilkan 17 ton kini hanya menghasilkan 3 ton. Parahnya, keluhannya sama sekali tak ditanggapi.

Dia mencari solusi ke semua grup Eco Farming. Tak ada solusi. Tak ada seorangpun di belasan grup Facebook Eco Farming yang bisa memberi jawaban kenapa gagal. Lalu semua grup itu grup apa? Grup para petani? Atau grup para penipu? Mengapa gencar mempromosikan bisnis pupuk tapi tak paham pupuk dan pertanian?

Dia juga mengadu ke leader MLM Eco Farming, tak ada solusi. Mengadu ke kantor Eco Farming juga tak ada solusi. Bahkan bandar MLM Eco Farming pun bungkam. Ada apa sebenarnya?

Kronologi Gagal Panen

Pak Abraham terkena rayuan orang yang mempromosikan Eco Farming. Rayuannya Eco Farming tentu maut. Selain video palsu indahnya tanaman hasi Eco Farming, juga peluang bisnis kalau bisa mengajak orang jadi mitra. Begitulah biasanya cara Eco Farming mencari mangsa.

Maka pak Abraham pun menjadi member Eco Farming. Tak tanggung-tanggung, dia membeli 3 linsensi kemitraan.

Dia pun mulai masa tanamnya Didampingi agen Eco Farming. Dia mengaplikasikan Eco Farming di lahan seluas 2,7 hektar. Tentu dengan prosedur sesuai petunjuk pada kemasan Eco Farming.

Tak disangka tak dinyana, bukan tanaman jagung subur hijau yang pak Abraham dapatkan, tapi tanaman jagung yang sakit.

Tanaman jagung hasil Eco Farming
Tanaman jagung dengan pemakaian Eco Farming sesuai petunjuk
Posting pemakaian Eco Farming
Posting pak Abram terkait kegagalan Eco Farming

Pakai Eco Farming dia berharap panen lebih baik. Tapi yang diperoleh malah sebaliknya. Tanpa Eco Farming dia sebelumnya biasa panen 17 ton. Pakai Eco Farming hanya 3 ton. Dan buat pak Abraham itu bencana.

Modal yang dikeluarkan untuk masa tanam itu kurang lebih 35 juta. Berapa yang dia dapat dari 3 ton? Hanya berkisar belasan juta rupiah! Untuk modal tanam berikutnya pun jauh dari cukup.

Dengan pakai Eco Farming, pak Abraham yang tadinya untuk puluhan juta rupiah kini rugi puluhan juta rupiah.

Yang terjadi di Eco Farming itu sudah biasa

Banyak yang belum tau bahwa penipuan produk Eco Farming itu sudah biasa di PT BEST. Sebelum Eco Farming, produk PT BEST yang lain, Eco Racing juga juga penuh dengan kebohongan.

Dalam tulisan di kemasan sudah jelas berboghong. Dalam klaim manfaat juga jelas menyesatkan. Dan dari hasil percobaan, Eco Racing juga terbukti telah membohongi orang. Silahkan baca disini:

Cerita penipuan agen Eco Racing pun sudah beredar luas:

Untuk Eco Farming, bukan pak Abraham saja yang tertipu. Itu makanya promo bisnis Eco Farming ditolak di hampir semua grup-grup facebook pertanian.

Sekilas tentang Eco Farming, bisnis dan promo bohong

Eco Farming besar kemungkinan adalah produk lain yang cuma dirubah kemasannya dan dijual jauh lebih mahal. Produk lain tersebut adalah Nutritani. Sebotol isi 30 gr. Nutritani harganya 80 ribu rupiah sedang Eco Farming sebotol isi 30 gr. harganya 250 ribu rupiah.

Eco Farming itu dari Nutritani

Apakah Eco Farming ada manfaat? bisa jadi. Tapi membuat klaim bahwa Eco Farming seperti produk ajaib yang bisa mengatasi semua masalah di semua situasi adalah kebohongan. Sama dengan Eco Racing yang diklaim mengatasi hampir semua masalah terkait bahan bakar kendaraan.

Yang mengerikan itu sebetulnya adalah cara bisnis. Baik itu Eco Racing maupun Eco Farming.

PT BEST, supaya produknya laku terjual, menawarkan peluang bisnis. Mottonya Go Berkah No Riba. Anda bisa jadi kaya kalau jadi mitra usaha PT BEST. Caranya beli paket produk Eco Farming. Darimana Anda nanti bisa kaya? Anda harus mengajak orang lain juga jadi mitra usaha dan membeli paket Eco Farming. Jangan lupa juga rayu teman Anda dengan iming-iming jadi kaya.

Maka muncullah para pebisnis dadakan yang menawarkan produk sekaligus juga menawarkan bisnis. Para pebisnis dadakan ini juga menjadi ahli dadakan. Pebisnis Eco Racing mendadak menjadi ahli mesin dadakan. Pebisnis Eco Farming menjadi ahli pertanian dadakan. Dan lalu muncullah berbagai masalah. Para ahli abal-abal itu memberi semacam konsultasi gratis tapi menyesatkan dan ujungnya merugikan banyak orang. Mereka juga tak malu untuk berbohong, mengatakan sebuah lahan pertanian sebagai hasil Eco Farming padahal bukan.

Promo mengandung kebohongan Eco Farming
Promo mengandung kebohongan Eco Farming

Maka tak heran apapun masalah yang dihadapai pengguna Eco Farming tak ada yang bisa menanggapi. Pak Abraham mengeluh di 15 grup Facebook Eco Farming, tak ada solusi. Bahkan ke admin PT BEST, tak ada solusi. Bahkan di postingan pendiri PT BEST (Febrian Agung) juga tak ditanggapi. Mengapa? Karena mereka semua adalah ahli pertanian abal-abal.

Kejamnya Eco Farming dibanding Eco Racing

Bedanya penipuan Eco Racing dan Eco Farming adalah skala kerugiannya. Tertipu pakai Eco Racing, paling jauh orang hanya keluar biaya turun mesin beberapa juta rupiah. Tapi tertipu produk Eco Farming bisa membuat petani jatuh miskin.

Namanya pupuk itu mempengaruhi mata pencaharian orang. Salah pakai pupuk, bisa hilang penghasilan berbulan-bulan. Beda dengan salah pakai pil penambah Oktan.

Inilah sebetulnya yang harus disadari oleh Febrian Agung. Juga inilah yang harus disadari oleh para member Eco Farming. Anda bisa merusak hidup orang. Anda bisa membuat petani jatuh miskin.

Ingat, membuat serangkaian kebohongan untuk mengeruk untung adalah penipuan. Diluar masalah apakah korban merasa tertipu atau tidak.

Sekilas pemilik perusahaan Eco Farming

Eco Farming itu didistribusikan PT BEST. Pemiliknya Febrian Agung. Febrian Agung sudah punya catatan panjang berbisnis berbau setengah penipuan, mengajak orang ikut berbisnis yang faktanya cuma skema piramida: Skema rekrut merekrut member baru.

Bisnis seperti yang sudah dijalani dan yang sedang dijalani pasti jenuh sebab skema cari member baru itu pasti jenuh, dibatasi oleh jumlah calon member potensia. Dan saat jenuh lalu bubar, dia tak perduli pada ribuan member yang merugi. Baca disini:

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"