Amway, MSO Dr Sigit dan Skema Piramida

Mungkin Anda juga menyukai

36 Respon

  1. Leo berkata:

    Terima kasih atas saran dan masukannya. Namun faktanya, bonus yg saya dapatkan dgn sistim 4L, belum pernah sekalipun mendapat teguran dari pihak Amway Indonesia. Dan saya pun yakin, pihak Amway Indonesia akan lebih profesional dan bijaksana dalam menyingkapi hal ini.

    • Brahm Anuga berkata:

      berarti Amway memang membiarkan skema piramida itu. di aturannya kan jelas tertulis, gak bisa dapat bonus permormance kalau gak memenuhi aturan 70 persen dan 10 pelanggan ritel. Hancurlah image Amway di mata saya.

  2. Afdal berkata:

    Salah satu concern saya juga beberapa minggu terakhir ini.. krn menemukan poin aturan tersebut setelah membaca nya dengan teliti.

    Menarik nya, bagaimana dengan support sistem lain, Network Twenty One (N21) misalnya. Setahu saya, dr. Sigit awalnya di N21. Dan pedoman di N21 jg tidak ada explisit utk menjual, ada nya poin belanja dari bisnis sendiri.
    Bagaimana menurut Bapak?

    • Brahm Anuga berkata:

      Thanks komennya. MLM yang cuma mengandalkan belanja sendiri itu lucu. Namanya harus rubah jadi multi level purchasing. Juga, itu satu tanda skema piramida yang merugikan banyak orang. Koalau rules of conduct amway (diatas kertas) kan jelas tertulis ‘harus menjual’, ‘tak boleh menyatakan tak perlu menjual’.

  3. Aim sujana berkata:

    Kasihan sama yg buat artikel, sebaik nya banyak belajar supaya tidak ngawur, kalo perlu masuk dan mencoba jadi ABO, minimal tau hal sebenar nya tidak membuat artikel yg tidak mendasar, untuk cari tau, mening lihat langsung di dalam, biaya join biaya join cuman 100rb, AMWAY ini perdagangan biasa, bagi yg sekedar ingin belanja, ya belanja biasa, bagi yg ingin membangun bisnis, silahkan bangun pelanggan loyal, knpa saya komentar, krna sebelum nya juga saya pernah mendapat informasi yg salah, dan setelah tau banyak, ternyata tidak seperti yg saya baca sebelum nya, untuk tau banyak, silahkan datang di SIV jkarta dan surabaya, untuk tau mantan dr nya, silahkan cari tau FK Unair surabaya,, untuk tau banyak seluk beluk nya silahkan join jadi ABO, dapat potongan hrga 25%, jangan dulu belanja,, pelajari 3 bulan, udah tau banyak, keluar lagi, selama 3bulan biaya join, masih bisa di ambil,,
    🙏🙏

    • Brahm Anuga berkata:

      kasian tuh kamu yang jadi IBO tapi gak pernah tau ada rules of conduct Amway

      • lutfi berkata:

        Yang kasian tuh kamu. Saya ikuti tulisan tulisanmu awalnya ndukung banget. Gabung ke MAP isinya orang2 yg kasar, bodoh, kayak anak anak, dan jualan jualan doang, dasar kuadran kiri kamu Brahm. Pasti temannya Dewa Selling ya? Kalau mau belajar bisnis belajarlah ke kitab2 fikih salafy biar bener, kamu belajar ilmu muamalah ke undang undang Kafir ya? Ehe ehe

        • Brahm Anuga berkata:

          Kalau gitu kita saling mengasihani. Sy juga kasihan lihat member MSO seperti kamu. Defensif tapi tak pernah ada yang menyangkal kebenaran dari artikel di atas.

  4. Hasna berkata:

    Pak Brahm apakah pensiunan dokter lebih dari 10 tahun masih tertulis di database konsil kedokteran Indonesia harus ada di Ikatan Dokter Indonesia?

  5. Hasna berkata:

    *dan harus ada di Ikatan Dokter Indonesia

  6. Hasna berkata:

    Pak Brahm apakah pensiunan dokter lebih dari 10 tahun masih tertulis di database konsil kedokteran Indonesia dan masih harus ada di Ikatan Dokter Indonesia?

  7. Hasna berkata:

    Karena saya dengar sejak 15 tahun lalu dr. Sigit sudah pensiun jadi dokter. Dan menutup Rumah Sakit nya sendiri Pak Brahm. Rumah Sakit itu sudah lama jadi hotel Pak, di Kota Batu JATIM.

  8. Anton berkata:

    Salam,
    Setahu saya kalau dapat uang(Bonus) dari orang yg daftar baru itu Money game. Kalau sistim Piramida itu posisi puncak hanya dikuasai satu orang seperti di Kantor/perusahaan. Misal si A adalah top manajer dan si B bawahannya, maka gaji si B tidak akan melebihi gaji si A.
    Kalau di bisnis Direct Selling (networking) yang benar dan sistemnya bagus dan tidak menganut sistem piramid, misal si A jadi member lalu rekrut si B. Si B lebih aktif dan bisa mengembangkan jaringan yang besar & kuat, maka si B yang akan dapat bonus nya, sedangka si A gak dapat apa-apa (karena hanya rekrut si A).

    Itu yang saya tahu. Jika ada pendapat lain dari para ahli yang lebih kompeten silakan sahring pendapat supaya jadi pembelajaran bagi yang lain.

    • Brahm Anuga berkata:

      Di artikel diatas sudah jelas dikasih referensi tentang skema piramida dari lembaga yang kompeten: federal trade commission. MLM yang barangnya tidak dijual/sedikit dijual ke pelanggan ritel adalah skema piramida.

  9. Budi berkata:

    Tulisannya menarik untuk menyadarkan masyarakat dari bisnis yang berpotensi merugikan member. Saya pernah ditawari bisnis beras dengan sistem jaringan. Beras ISC… boleh dibahas pak disini.

  10. Mahdi berkata:

    Wah bahkan direct selling terbesar dg sistem MSO dianggap piramida, terus bisnis MLM apa yg tidak piramid ya? Beri rekomendasi donk

    • Brahm Anuga berkata:

      Dulu kalau ada yang naya seperti kamu, saya biasanya gak jawab. Tapi dalam pikiran sy muncul 3 nama: tupper, shopie, amway. Sekarang tinggal 2.

    • Brahm Anuga berkata:

      sayangnya limited access

      • Elok berkata:

        Informasi akurat dan jelas hanya bisa di dapatkan jika sdh ibo jk blm jdi ibo anda hanya akan mendapatkan informasi 25% nya saja prinsip di AMWAY jk punya 100 informasi maka akan dikeluarkan 25% saja sisanya bisa didapatkan lewat pelatihan sesuai pringkat. Jangankan org yg belum join yg sdh join saja informasi dan pelatihan antara pringkat 3% dan 21% grupnya sudah beda. Nah pelatihan kelas tknya silahkan masuk grup building the dream nanti akan diajarkan mengapa sudah bekerja bertahun tahun hasilnya segitu gitu aja. Punya penghasilan besar bertahun tahun hutangnya jg semakin banyak. Jg ada bahasan secara detail apa itu mlr,money game, mlm dan networking

        • Brahm Anuga berkata:

          ‘ikut dulu baru paham itu’. Jadi ingat member member paytren dan eco racing. Tak perlu ikut suatu bisnis untuk paham suatu bisnis.

      • Elok berkata:

        Lucu jg ya dengan sedikit akses dan informasi buat artikel tentang AMWAY dan mso. Bagi yg paham artikel diatas itu anda baru dpt 1/3 informasi tentang mso, itupun keliru. Anda orang hebat pengetahuan anda di bisnis jaringan luas, sampai sampai banyak banyak istilah yg semua org gak paham. Yang saya tau sih pengamat banyak. Coba kita minta mereka buat 1 sistem saja yg ideal seperti komentar mereka gak bakalan bisa. Untuk membedakan antara perusahaan support dan sistem bisnis saja sdh bingung coba anda jd ibo saya jamin botak kepala anda pasti belum paham juga. Dr sigit itu pemain 14 tahun di amway bukan hanya sebagai pengamat. Org yg punya jiwa besar dan santun dalam menyampaikan sesuatu. Tidak arogan pake bahasa seperti anak tk baru belajar nulis artikel di blok seperti ini. Beliau banyak memberikan informasi kepada ibo lewat ling blok anda jika ada yg tanya tentang bisnis bisnis di luarsana. Tapi dg ringannya saja anda mengatakan mso menjual ludah. Saran saya coba kembali belajar tata bahasa yg santun dan sopan. Sebenci apapun kita pada seseorang apalagi pada org tua yg bahkan anda sendiri tidak pernah bertemu dengannya. Saran saya cari informasi dulu sebelum menulis gak sulid kok ibo mso ada di mana mana atau coba anda ikut siv dan temui langsung dr sigit atau pak arnex di jln mogot jakarta.
        Atau coba anda masuk grup btd, lanjut caa, lanjut ke fca jika hati anda tidak terbuka dan paham juga apa itu mso dg seabrek kode etiknya mungkin hati anda sudah beku tertutup. Untuk itu mungkin anda perlu mendengarkan audio finansial intelijen dari robert t kyosaki agar anda paham apa itu pasif income dan hubungannya dengan money game, multilevel rekruiting. Mlm, dan networking e comers

  11. Elok berkata:

    Mohon untuk ibo di grup internal mso berulang kali disampaikan kita tidak perlu jd pembela amway. Fokus pada hasil jangan pada proses. Intinya org luar hanya paham pada kulitnya saja, amway sudah ada 50 tahun lebih, untuk isu isu miring amway sudah biasa. Bagi ibo yg sudah masuk caa tentunya sdh lebih paham pola pendidikan di mso, yg banyak dibaca orang output negatifnya saja tapi coba tanyakan pernahkah mereka mendapatkan pelatihan people skill, membangun pola pikir berjiwa besar, apa itu hukum hukum alam, personality plus, pelajaran membangun impian, pelaharan membuat daftar hal hal yg harus disukuri, mengatasi keluhan, sepiritual emosional teknik menghilangkan trauma masa lalu. Hukum 95-5-1 dll. Itu semua bisa anda dapatkan di mso gratis seumur hidup. Trimakasih artikelnya yg sangat bagus jika ingin tau lebih banyak lagi tentang amway dan mso silahkan aja join nanti tak kasih lingk telegram lingk pelajaran mso yang sesungguhnya yg tidak banyak di ketahui para pengamat selain ibo dan leader mso. Mohon maaf jk ada yg kurang berkenan

  12. Andi berkata:

    [2/7 08:49] Dr Sigit Setyawadi SpOG: Kita sebaiknya tidak bereaksi apa apa. Ibaratnya kapal besar kalau kena ombak tidak merasakan apa apa. Diluar juga banyak berita tentang Amway yg hampir semuanya salah. Amway tidak pernah bereaksi apa apa.

    Terkadang ada yg mengirimkan postingan ttg Amway yg negatif di internet dan minta komentar saya. Biasanya saya jawab _:”Anda hanya punya satu. Saya punya jauh lebih banyak lagi berita negatif tentang Amway. Apa peduli saya krn saya tahu itu persepsi orang yg kalah”_.
    [2/7 08:51] Dr Sigit Setyawadi SpOG: Lebih baik kita fokus membesarkan bisnis kita. Semua pembicaraan itu justru akan menjadi positif utk kita. Yg penting ada aware atau perhatian dulu. Nanti waktu yg akan membuktikan itu benar atau tidak.
    [2/7 08:57] Dr Sigit Setyawadi SpOG: Coba amati pertentangan antar politikus atau public figure. Penyebabnya sederhana, mereka terlalu banyak berbicara di media, sehingga bisa diadu domba oleh reporter yg tugasnya memang demikian. 🤭

  13. Andi berkata:

    Bisnis jaringan sistem piramida inilah yang seringkali dipakai acuan “para ahli” untuk menganalisa sebuah bisnis networking atau MLM yang asli, padahal berbeda seperti bumi dan langit. Ini mirip cerita di desa nelayan di sebuah pulau terpencil yang tidak memiliki hewan berkaki empat. Semua orang hidup sebagai nelayan dan tahunya hanya ikan. Ketika mereka masuk islam, diberi tahu bahwa babi itu haram. Apa babi itu ? Ooo, babi itu berkaki empat, biasanya warnanya putih, kadang ada yang hitam atau belang. Kalau ikan tidak punya telinga, babi punya telinga.

    Karena tahunya babi hanya dari cerita tanpa melihat bendanya, maka ketika ada pedagang datang ke pulau menawarkan kambing, sapi dan lain lain, mereka menolak karena haram. Cirinya sama dengan babi, berkaki empat, warnanya ada yang putih ada yang hitam, dan bertelinga. Jadi ya haram.

    Anda mungkin tertawa, tetapi kalau Anda cukup mempelajari dunia networking kemudian membaca analisa mereka yang menyimpulkan bahwa MLM itu haram, akan tersenyum karena semua analisis itu menunjukkan ciri sebuah money game/ sistem piramida atau MLR. Bukan MLM apalagi Networking.

    • Brahm Anuga berkata:

      jauh bener jawabannya. Cukup dikaji, bener gak mso menyalahi kebijakan amway? Dan kenapa amway membiarkan? Heran dari sekian banyak komen yang membela MSO, disini maupun di facebook, tak ada satupun yang sesuai konteks.

  14. Jonez berkata:

    Waduh ternyata MSO begitu

    Makasih bro brahm atas pencerahannya

  15. Anton berkata:

    Supaya tahu pedoman bisnis Amway di Indonesia silakan buka di sini
    https://drive.google.com/file/d/19e5NIKnqOPdikjxfw72wfFtbGpgCc7oC/view?usp=sharing

    MSO tidak menyalahi pedoman bisnis yg dikeluarkan Amway Indonesia

    • Brahm Anuga berkata:

      dan pedoman bisnis amway Indonesia memang bedadari negara lain (amerika, taiwan). Tak ada 70% rule, tak ada ten retail customers rule. So, runtuhlah image Amway di mata saya sebagai MLM yang anti skema piramida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *