Amway, MSO Dr Sigit dan Skema Piramida

Apakah Amway skema piramida? Bukan. Dari aturan yang dibuat Amway bagi para mitra nya, Banyak yang bilang Amway adalah MLM yang bukan skema piramida.

Apakah MSO (Mekanisme Sukses Otomatis) Dr Sigit Skema piramida? Ya. Dari panduan MSO bagi para membernya, kita bisa bilang bahwa MSO adalah skema Piramida.

Tapi MSO itu kan jualan Amway? Member MSO juga adalah member Amway. Disinilah menariknya.

Mengapa Amway bebas dari tuduhan skema piramida.

Sepanjang sejarahnya, Amway tidak pernah divonis sebagai skema piramida oleh FTC (Federal Trade Commission – Komisi Perdagangan Federal) Amerika Serikat. Beda dengan Herbalife yang akhirnya divonis sebagai skema piramida.

Yang menarik adalah pelindung yang membuat Amway terbebas dari tuduhan skema piramida. Apa itu? Aturan 70 persen dan Aturan 10 pelanggan ritel.

Aturan 70% adalah: Member harus sudah menjual 70% produknya untuk mendapatkan bonus performance. Bonus performance adalah bonus yang didasarkan pada volume penjualan grup yang dibangun member.

Aturan 10 pelanggan ritel adalah: Penjualan produk harus minimal ke 10 ‘retail customer’ yang berbeda. Jadi kalau julanya ke 4L (lu lagi lu lagi), itu tak boleh. Gak akan dapat bonus. Ini untuk menghindari adanya penjualan ‘palsu’ misalnya ke anggota keluarganya yang tentunya akan 4L. Harus ke banyak retail customer (pelanggan yang bukan member).

Kedua aturan itu biasa ada di manual bisnis Amway.

Referensi:
Bisnis manual Amway

Kedua aturan itu membuat para pebisnis Amway harusnya lebih fokus pada penjualan produk, bukan pada rekrut-rekrut member baru. Meskipun tentu rekrut member baru sebagai downline dibolehkan.

Aturan yang dibuat Amway itulah konon yang menjadi perisai pelindung Amway sehingga tidak bisa dibilang skema piramida. Dan aturan itu sangat terkenal, menjadi acuan MLM-MLM lain, dicontek supaya juga tidak dituduh sebagai skema piramida.

MSO Dr. Sigit Melanggar Aturan Amway

Malah kebalikannya. Mari kita lihat promosi yang beredar dikalangan member MSO. Salah satunya dalam video yang bisa dilihat diakhir artikelini. Beberapa point penting:

  • Tidak perlu menjual produk (berlawanan dengan aturan 70% dari Amway)
  • Hanya perlu memakai produk Amway
  • Buatlah duplikasi (artinya, cari orang yang mau jadi downline dan juga memakai produk Amway dengan setia)..

Dengan panduan seperti itu, metoda yang dijalankan Sigit jelas saja melanggar aturan 70% dan aturan 10 pelanggan ritel yang dibuat Amway dan seharusnya, member atau IBO yang menjalankan metoda seperti itu TIDAK MENDAPATKAN BONUS PERFORMANCE.

Metoda MSO Sigit juga melanggar beberapa ketentuan Amway. Lihat bagian ketentuan ini:

Aturan lain di Bisnis Manual Amway

Lihat bagian 5.4.3. Member tak boleh menyatakan atau mengesankan tak memerlukan penjualan ritel atau tak tak perlu memasarkan produk. Ini jelas dilanggar Dr. Sigit yang secara tegas menyatakan tak perlu menjual.

Lalu mengapa Amway Indonesia membiarkan? Entah. Mungkin referensi manual bisnis yang saya jadikan referensi (yang membuat Amway sulit dibilang skema piramida) tidak berlaku di Indonesia?

MSO Dr. Sigit adalah skema piramida

Aturan yang dibuat Amway dalam manual bisnis yang dikutip dalam artikel ini dapat menangkal tuduhan skema piramida terhadap Amway. Dan justru aturan itulah yang dilanggar oleh MSO Dr. Sigit.

Sebagai catatan, skema piramida itu bukan cuma masalah bentuk jaringan, bukan cuma masalah biaya pendaftaran, bukan cuma ada atau tidak adanya syarat pembelian saat pendaftaran, tapi juga tentang kepada siapa produk dijual. Bila kebanyakan produk hanya dijual dalam jaringan, itu skema piramida. Kenapa? Karena dengan begitu dibutuhkan member yang berlipat ganda dari waktu kewaktu supaya member lama mendapat keuntungan. Itulah esensi dari skema piramida.

Seperti dinyatakan dalam publikasi FTC dibawah ini: Skema piramida bila minim penjualan ke pelanggan ritel (non member).

Sumber: Federal Trade Commission US

Apakah bisa mendapat penghasilan dengan MSO Dr. Sigit?

Bisa saja. Dalam video dibawah, dijelaskan potensi penghasilannya.

Bila Anda belanja produk Amway senilai 150PV (kurang lebih 1,5 juta rupiah), lalu anda mempunyai 9 downline yang masing masing belanja sekitar 750 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan penghasilan senilai 235 ribu rupiah. Sungguh penghasilan yang luar biasa, tanpa menjual produk (tapi menjual ludah).

Lebih dahsyat lagi, bila jaringan Anda sudah berjumlah 225 orang Anda bisa mendapatkan penghasilan 24 juta sebulan. Tentu syarat ketentuan berlaku: Salahsatunya, semuanya harus pakai produk Amway 750 ribu rupiah sebulan. Mungkinkah? Mungkin saja kalau Anda punya kemampuan membuat orang manut pada Anda untuk selalu setiap membeli produk Amway.

Sesungguhnya hanya segelintir orang yang bisa mendapat penghasilan cukup dari metoda MSO. Selebihnya adalah orang-orang yang tak mendapat keuntungan, atau minimal, tetapi tetap setiap membeli produk Amway setiap bulan. Silahkan tanya sang dokter berapa persen membernya yang dapat penghasilan 10 juta sebulan. Pasti….prosentasinya secuil.

MSO itu seharusnya bukan mekanisma sukses otomatis, tapi Mekanisma Setia Otomatis. Maksudnya setia membeli produk Amway supaya Sang dokter mendapat banyak cuan. By the way, saya tidak bisa menemukan nama Sigit Setyadi baik di database Konsili Kedokteran Indonesa maupun Ikatan Dokter Indonesia. Tak penting, tetap kita panggil dokter saja.

Video Dr. Sigit memasarkan Amway dengan cara skema piramida, jelas tidak menyarakan member untuk ‘tidak jualan’.

70 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"