Daftar bisnis skema Piramida yang Bikin Kaya (Orang Lain)

Prinsip dasar skema piramida adalah: Anda dirayu jadi mitra dengan iming iming jadi kaya. Tujuannya supaya Anda beli produk mereka. Apakah benar jadi kaya? Ya, tapi yang kaya adalah pendirinya dan segelintir pentolannya.

Ini daftar bisnis dan MLM skema piramida semacam itu. Untuk daftar bisnis online skema ponzi, lihat disini.

Daftar MLM Sesat Skema Piramida

3i Network

bisnis car 3i network

Inilah skema piramida yang menyedihkan. Menyedihkan karana ‘produsen’ dari produk ini harusnya diawasi langsung oleh OJK. Menyedihkan karena bisnis ini merusak dunia asuransi Indonesia.

Orang diiming-imingi berbagai janji indah seperti menabung digaji, pendapatan ratusan juta, hanya supaya orang membeli asuransi unit link yang bernala CAR Link Pro Mixed.

Eco Racing / PT BEST

eco racing skema piramida

Produknya ada banyak. Diantaranya Eco Racing dan Eco Farming. MLM yang sukses besar memanfaatkan keawamanan tentang prduk additive bahan bakar dan pupuk pertanian.

Persyaratan jadi untuk naik peringkat harus beli sebuah paket produk, dan adanya lisensi kemitraan ganda untuk satu member sebetulnya sudah jelas melanggar permendag No. 70 2019.

Fingo

fingo skema piramida

Bisnis pemasaran produk dari market place Fingo. Sayangnya cuma penyamaran. Yang sebetulnya terjadi, member hanya dapat penghasilan kalau merekrut member baru.

Saat ini Fingo dianggap ilegal di Indonesia karena tak berizin. Bahkan bila sudah berizin dan marketplace-nya sudah berdomain ‘id’, selama lebih fokus pada rekrutmen member baru, Fingo tetap bisnis sesat skema piramida.

In4link

Bisnis yang serupa dengan 3i Network. Orang diiming-imingi keuntungan jadi agen, tapi untuk jadi agen harus beli polis asuransi. Iming-iming sukses keagenan hanya supaya orang beli polis asuransi.

MCI

MCI, Millionaire Club Indonesia. Ciri skema piramidanya jelas: Harus beli paket produk untuk menjadi member/naik peringkat. Anda tak akan mendapat untung disini kecuali berhasil merekrut member baru dalam jumlah banyak.

Melia Sehat Sejahtera

melia sehat

Ini MLM skema piramida yang bertahan cukup lama seperti Qnet. Untuk upgrade peringkat, member harus beli sejumlah produk. MLM ini juga memungkinkan satu member mempunya beberapa hak usaha, meski mereka menutupinya dengan istilah ‘paket’.

MLM ini juga terkenal dengan klaim manfaat produk yang terlarang. Diantaranya klaim Melia Propolis dapat menyembuhkan kanker.

MMBC

MMBC, Medussa Multi Business Center. Bisnis ini sudah masuk dalam daftar bisnis ilegal di OJK / Satgas Waspada Investasi. Lihat disini.

Bisnis ini adalah bisnis tour and travel. Sejatinya penghasilan utama member dari penjualan tiket dan akomodasi. Nyatanya, pebisnis di MMBC lebih fokus mencari pebisnis baru karena keuntungan mendapatkan pebisnis/mitra baru jauh lebih menguntungkan dari penjualan tiket transportasi.

Muku / Multi Kurir

Idenya kelihatan bagus. menggabungkan beberapa jasa kurir menjadi satu. Member seperti mempunya beberapa keagenan kurir sekaligus. Tapi bisnis ini juga menawarkan komisi untuk rekrut member/pebisnis baru yang luar biasa besar. Setiap dapat member baru, member yang merekrut akan mendapat komisi 50% dari biaya pendaftaran. Jadi, bisa dipastikan bahwa nantinya member akan lebih fokus cari member baru ketimbang jualan jasa pengiriman.

Paytren

paytren penipuan

Ini MLM yang penuh kehebohan. Heboh karena MLM sesat ini dimotori oleh Yusuf Mansur.

Menyamar sebagai bisnis PPOB, tapi faktanya penghasilan utama member dari merekrut member baru. Suatu skema yang pasti jenuh dan merugikan orang yang tak bisa rekrut member, atau orang yang masuk belakangan.

Terbukti sekarang Paytren sudah jenuh dan meredup. Para korbannya pun sudah mulai buka suara. Baca disini: Korban Paytren.

Qnet

horor qnet berlanjut

Ini adalah MLM skema piramida paling kuat se Asia. Umurnya juga sudah hampir 20 tahun. Selama itu produknya berubah-ubah. Dari koin emas, perhiasan sampai pendan ajaib yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Modelnya sama saja dengan skema piramida lain. Orang diiming-iming sukses luar biasa kalau jadi member. Padahal tujuannya cuma supaya orang beli produk sampah seperti pendan tak berguna.

Smart in Pay

sip-cover

Pendirinya adalah mantan pentolan bisnis penipuan Dream for freedom. Disini member bisa mempunya 1 sampai 20 lisensi, yang jelas melanggar permendag No. 70 2019.

Smart in Pay mengaku sebagai bisnis PPOB, tapi dipastikan bahwa membernya lebih fokus untuk mencari komisi perekrutan member baru.

Treni net

MLM besutan Yusuf Mansur yang tak kapaok-kapoknya bikin bisnis yang merugikan orang banyak. E-Miracle sudah bubar. Paytren sudah ambyar, lalu sekarang bikin baru, Treni net.

Skemanya sama saja. Ada produk yang dijual, tapi bisnis secara umum lebih fokus cari member baru. Sama dengan E-miracle dan Paytren. Produknya sendiri tak laku dipasaran kecuali pakai iming-iming sukses menjadi member.

Ruginya ikut bisnis Skema Piramida

Skema piramida itu fokus cari mitra usaha. MLM yang benar fokusnya lebih pada penjualan produk ke masyarakat umum.

Karena fokus cari mitra, maka tentu akan cepat jenuh sebab jumlah potensi calon mitra itu terbatas. Beda bila fokus jual produk. Jumlah potensi calon pembeli jauh lebih luas dan bisa berulang.

Saat jenuh itu, orang yang sudah mengeluarkan uang untuk jadi member akan rugi. Barangpun teronggok di pojok ruangan jadi sampah tak berguna.

Tak perlu menunggu jenuh pun, skema piramida selalu berlaku fakta seperti ini: Yang dapat penghasilan dan reward yang digembar-gemborkan hanya segelintir, dibanding ribuan, puluhan ribu bahkan ratusan ribu yang rugi.

Tentang peraturan terkait MLM di Indonesia

MLM di Indonesia secara legal disebut distribusi langsung. Peraturannya tertuan di permendag No. 70 tahun 2019. Beberapa aturan disitu, yang nyata-nyata dilanggar oleh MLM yang disebut di atas adalah:

  • Perusahaan tidak boleh mewajibkan pembelian paket produk untuk pendaftaran ataupun untuk penaikan peringkat keanggotaan.
  • Mitra tidak boleh mempunyai lebih dari 1 hak usaha.

Hampir semua MLM diatas mengatakan memenuhi peraturan di atas hanya dengan mengganti istilah. Mereka biasanya menggratiskan orang saat jadi member, tapi supaya punya hak penuh sebagai member, member harus beli sejumlah produk. Sama saja melanggar sebetulnya. Sebab kewajiban pembelian juga dilarang untuk penaikan peringkat.

Juga, MLM-MLM sesat diatas menyangkal adanya multi lisensi untuk satu member. Mereka mengatakan itu pembelian paket. Padahal bila dilihat sedikit saja lebih jauh, pembelian paket itu merubah struktur jaringan di member yang jelas-jelas menggambarkan adanya multi lisensi.

Mengapa pemerintah membiarkan pelanggaran tersebut? Terka sendiri jawabannya. Siapa yang seharusnya mencabut izin usaha mereka? BKPM atau Badan koordinasi pemananaman modal, milik departemen perdagangan.

Jadi, departemen perdagangan membiarkan peraturan menteri-nya sendiri dilanggar? ya. Mengapa? Sekali lagi, terka sendiri jawabannya.

Bagaimana dengan fungsi APLI?

Dalam hal mencegah bisnis skema piramida, tak ada. Terbukti Paytren jadi anggota mereka. Qnet juga, walaupun sekarang sudah tidak lagi. Bahkan dulu Direktur Qnet pernah jadi pengacaran APLI.

Bagaimana dengan AP2LI? Apa tuh? Yang pentolannya adalah pemilik moneygame Eco Racing? Ya bisa dikira-kira apa sebetulnya AP2LI.

apakah ada MLM yang benar?

Ada. Dan carinya cukup mudah. Cari saja MLM yang daftar gratis lalu langsung bisa pilih produk untuk dijual. Begitu ada yang beli, minta barang dikirim.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"