Dilaporkan Lagi dan Lagi, Apa Salah Yusuf Mansur?

Tahun 2006 Yusuf Mansur dilaporkan ke Polisi. Berujung di bui. Tahun 2008 dia dilaporkan lagi, juga berujung di bui. Dua-duanya urusan duit dengan orang lain. Waktu itu dia belum tenar sebagai Ustadz seleb.

Tahun 2017, Yusuf Mansur lagi-lagi dilaporkan. Kasusnya terkait penghimpunan dana bisnis Condotel Moya. Kali ini dia sudah tenar sebagai Ustadz. Tapi dia beruntung tidak masuk bui ketiga kali. Kasusnya di SP3 kan tahun 2018.

Tahun 2020 ini, lagi-lagi Yusuf Mansur dilaporkan. Kali ini perdata. Kasusnya masih terkait penghimpunan dana bisnis penginapan. Apakah kali ini hukum akan menjerat Yusuf Mansur? Bisa jadi. Terjerat atau tidak, Ada satu hal yang menarik: Bagaimana bisa terjadi Ustadz Seleb didera laporan lagi dan lagi? Apa salah Yusuf Mansur?

Apa salah Yusuf Mansur?

Melihat berbagai bisnis Yusuf Mansur, kesalahannya tak banyak, cuma dua: Senang memakai dana orang tak jelas pertanggungjawaban dan bisnis sesat

Senang memakai dana orang, tak jelas pertanggungjawaban

Kasus 2006 dan 2008 membuktikan bahwa Yusuf Mansur ngemplang hutang bisnis. Sampai dibui, berarti kemungkinan sampai jadi kasus pidaha. Mungkin penggelapan, penipuan. Pastinya penggunaan dana orang tanpa bertanggung jawab.

Setelah jadi Ustadz terkenal, Yusuf Mansur lebih dahsyat lagi. Dia jadi senang menghimpun dana orang. Ada patungan usaha, ada patungan sawah, ada patungan aset. Semuanya sama saja: Menghimpun dana orang. Untuk hal ini OJK pernah menegur Yusuf Mansur.

Apakah menguntungkan? Tak ada bukti. Ada pertanggung jawaban? Juga tak jelas. Yang ada adalah pelaporan demi pelaporan.

Bermain bisnis sesat

Selain senang menghimpun dana orang, Yusuf Mansur juga senang bermain bisnis sesat. Modelnya seperti MLM, tapi MLM yang disebut skema piramida. Model MLM ini hanya fokus pada perekrutan member, bukan jualan produk akhir ke masyarakat umum. Member hanya bisa mendapat penghasilan kalau bisa merekrut orang lain untuk jadi member dalam jumlah banyak.

Modal MLM skema piramida akan jenuh pada akhirnya. Dan akhirnya akan merugikan member yang tak bisa merekrut orang, dan member yang masuk belakangan.

Itulah yang terjadi pada Paytren.

Di Paytren, Yusuf Mansur juga bisa dianggap sebagai pembohong. Dia mengatakan bahwa Paytren membuat orang mudah dapat rumah, mobil, umroh. Padahal? bohong. Tidak mudah.

Hanya segelintir orang dari ratusan ribu member Paytren yang bisa dapat mobil dan umroh, apalagi dapat rumah. Jadi kata-kata ‘mudah’ itu adalah jelas kebohongan supaya orang mau jadi member Paytren dan setor uang. Baca disini: Keluhan para korban Paytren. Lihat juga video sewatku Yusuf mansur berbohong ini:

Belakangan, Bahsul Matsail Nahdlatul Ulama pun mengharampan Paytren. Lihat disini: Dokumen hasil Bahsul Matsail NU 2019

Bukan hanya Paytren bisnis sesat Yusuf Mansur. Dulu ada juga E-Miracle yang sekarang sudah lenyap ditelan bumi. Sekarang, setelah Paytren meredup, Yusuf Mansur kembali membuat MLM sesat: Treninet. Tetap memperdaya orang dengan janji sukses kalau beli barang.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"