Auto Gajian, Cari Uang Maling Zaman Edan

Auto Gajian katanya komunitas saling berbagi. Itu jelas bohong. Skema Ponzi sama sekali tak bisa disebut komunitas saling berbagi.

Auto Gajian: Skema ponzi yang cepat bubar

Skema ponzi itu arisan berantai. Anda ikut dan setor uang. Uang Anda untuk orang yang masuk sebelum Anda dan juga tentunya buat bandar.

Anda nanti dapat ‘gajian’? Bisa jadi. Kalau ada beberapa orang yang masuk setelah Anda, uangnya untuk Anda. Andapun untung. Lalu orang yang memberi Anda uang akan mendapat uang dari orang yang masuk berikutnya lagi. Begitu seterusnya.

Apakah akan terus begitu? Pasti tidak. Sekali lagi: Pasti tidak. Skema ponzi alias arisan berantai itu butuh peserta baru dalam jumlah berlipat-lipat. Satu orang butuh 4 peserta baru. Yang 4 butuh 16, lalu 64, lalu 256, lalu 1024 dan seterusnya. Akhirnya jenuh. Tak ada lagi orang masuk. Saat tak ada lagi orang masuk, skema pun bubar. Yang masuk belakangan ambyar.

Apakah pasti jenuh dan bubar? Pasti. Itu matematika sederhana. Bahkan kalau semua penduduk dunia ikut, pasti jenuh dan bubar. Karena jumlah orang di dunia itu terbatas.

Malah pada kenyataannya, yang mau ikut skema seperti ini itu cuma dua golongan: Orang awam ponzi yang tidak kritis dan maling. Kedua golongan itu jumlahnya lebih terbatas lagi. Jadi, skema ponzi seperti ini cepat jenuhnya, cepat bubarnya.

Skema ponzi atau arisan berantai itu pasti bubar dalam waktu cepat. MMM yang skala internasional saja bubar. Dream for Freedom skala nasional bubar. Koperasi Pandawa, Langit Biru yang skala kabupaten bubar. Itulah faktanya. Mau skala kelurahan, mau skala internasional, skema ponzi pasti bubar dalam waktu cepat.

Ikut Auto Gajian, hati hati bisa ambyar

Selalu ada kemungkinan bahwa setelah Anda setor uang, skema ponzi seperti Auto Gajian bubar. Peserta baru makin sepi. Maka Anda rugi. Tak ada orang yang setor uang ke Anda.

Dizaman internet ini, skema ponzi memang mudah tersebar. Tapi yang kasih kabar bahwa Auto Gajian itu skema ponzi pun mudah tersebar. Begitu orang awam banyak yang tahu bahwa itu skema saling menzolimi, makin sedikit orang yang mau ikut. Skema pun makin cepat bubar. Jadi, hati-hati kalau beberapa hari atau beberapa minggu setelah Anda ikut, skema bubar dan Anda mendapat ambyar.

Kalaupun untung, Anda menzolimi orang lain

Misalnya Anda ikut. Lalu ada banyak orang yang masuk setelah Anda. Anda pun untung. Tapi bagaimana begitu anda dapat untung, skema ponzi auto gajian jenuh dan bubar? Orang yang masuk setelah Anda rugi, Anda untung. Uang Anda adalah uang yang rugi.

Ataupun bila yang masuk setelah Anda untung, lalu yang masuk setelahnya lagi masih untung, saatnya jenuh nanti (pasti jenuh), akan ada orang yang rugi. Tetap keuntungan Anda adalah uang orang yang rugi. Karena skema ponzi itu zero sum game. Uang tak kemana-mana. Zero sum game itu berlaku persamaan: Keuntungan – kerugian = Nol. Sama dengan judi. Keseluruhan keuntungan yang menang adalah keserluruhan kerugian yang kalah. Bedanya, judi dilakukan dengan sukarela, skema ponzi dengan tipu daya.

Korban skema ponzi Langit Biru

Yang pasti untung di Auto Gajian

Yang pasti untung di Auto Gajian adalah pengelolanya. Mereka mendapat sebagian dari uang yang disetor oleh para peserta. Uang pendaftaran, uang tiket dan sangat bisa jadi mereka merekayasa siapa orang yang harus anda transfer. Siapa yang mengawasi? Tidak ada.

Sudah tahu itu Ponzi tapi masih ikut? Anda bermental maling

Maling itu mengambil hak orang lain tanpa kerelaan yang punya hak. Kalau Anda untung, maka seperti penjelasan di atas, keuntungan Anda adalah uang korban yang rugi. Yang rugi itu kebanyakan orang awam, tak tau bahwa Auto Gajian itu skema ponzi. Apa mereka rela rugi? Tidak. Jadi, keuntungan anda adalah uang orang lain yang tak rela. Anda maling.

Beginilah sesungguhnya peserta skema ponzi Auto Gajian yang untung. Maling.
Maling

Tipu daya Auto Gajian

Auto Gajian saling berbagi? bohong

Sebagaimana skema ponzi atau arisan berantai lainnya, Auto Gajian menipu orang dengan mengatakan mereka adalah komunitas saling berbagi.

Kebohongan Auto Gajian

Saling berbagi itu benar-benar bohong. Saling berbagi tak ada yang rugi. Di skema ponzi, saat bubar nanti pasti ada yang rugi. Bagaimana disebut saling berbagi?

Kesempatan yang sama semua anggota? juga bohong

Auto Gajian juga mengatakan bahwa mereka memberi kesempatan yang sama bagi anggotanya. Juga bohong. Dalam skema ponzi manapun, yang masuk duluan punya kesempatan lebih besar untuk ‘memaling’ daripada yang masuk belakangan.

Terakhir, untuk memahami skema ponzi, silahkan baca referensi-refernsi ini.

Apa itu skema ponzi

60 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"