Fingo, tipu-tipu berkedok e-commerce

Mungkin Anda juga menyukai

259 Respon

  1. Rahadian Bagus berkata:

    Alhamdulillah, akhirnya ada yg bongkar. Dan sempat juga kepincut untung nya belum daftar terus follow perkembangannya. Ternyata zonk

    • Hendra911 berkata:

      Ada yg bongkar apa maksud anda bos, apa yg di beritakan website sampah ini ttg FINGO sy katakan 100% Bukan cuma HOAX tapi sdh menjurus ke FITNAH.
      Coba perhatikan aja ni Website nya, dimana alamat redaksinya, siapa yg bertanggungjawab tiap setiap tulisan yg dibuatnya “GAK ADA”, WEBSITE TUKANG BUAT HOAX & TUKANG FITNAH NI.

      Woiii Admin, anda buat artikel berita ini sdh benar cross chek (Cek & ricek) belum? Kalo anda belum melakukan Cross cek dgn benar jangan sembarangan buat berita yg anda analisa berdasarkan pemikiran anda sendiri, kalo sy baca berita yg anda buat ttg FINGO ini, bukan lagi berita HOAX tapi anda sdh memfitnah, berita anda di atas mengatakan dgn “Daftar 800 ribu dapat produk: Omong kosong”, kenyataannya tak satu org member pun yg daftar FINGO, tdk mendapatkan Produk yg dijanjikan. Anda dapat bayaran berapa sih, buat berita HOAX yg menjurus ke Fitnah ini??? Sesuai dgn Kode Etik Jurnalis, harusnya sebelum ada membuat sebuah berita, anda harus tanya dulu kepada para member yg sdh bergabung di FINGO, kemudian anda Cross cek lagi ke Management Perusahaan FINGO, setelah itu anda tanyai lagi kepada para member FINGO nya, ada gak para membernya yg merasa dirugikan, & ada gak member-2nya yg gak dapat produk yg dijanjikan FINGO. Jangan ada membuat berita, hanya menurut pemikiran anda sendiri. Dasar Website SAMPAH ni Website anda, Alamat Redaksi, Siapa-2 org yg bertanggungjawab thd ini Website aja gak ada dicantumkan, karena takut, kalo-2 ada yg melaporkan bahwa berita yg anda buat jelas-2 tdk sesuai dgn Kode Etik Jurnalis yg benar. “DASAR WEBSITE TUKANG FITNAH NI”, Bagi para pembaca Website SAMPAH ini, jgn percaya sepenuhnya apa yg di beritakan di Website ini, karena sy Member FINGO, & sy mendapatkan Produk yg dijanjikan FINGO. Gak ada benarnya nih berita yg dibuat oleh Website SAMPAH ini mengenai FINGO. “100% FITNAH”…

      Balas

      • Brahm Anuga berkata:

        kalau fitnah, laporin aja ke polisi, atau kominfo. Berani?

        • Andri berkata:

          Iya bang kalau semua ikut fingo trus siapa yg belanja….lowongan kerja penuh dengan fingo..

        • Margaretha berkata:

          klo di Malaysia sekarang banyak yg dilaporkan ke polisi. saya masih di Malaysia, nanti klo saya jadi pulang bulan 6 tunggu saya akan laporkan anda ke polisi. saya sudah ambil bukti yg bisa saya ambil.

          • Ning berkata:

            Mantap mbak…harus dilaporkan biar kayak dimalaysia, yang hanya bilang fingo MLM aja langsung kena tindkan , apalagi ini 👍👍👍

          • Brahm Anuga berkata:

            ditunggu, ditunggu

          • Hantu Nasionalis berkata:

            Laporin gue juga donk… Gue sebarin site ini ke semua medsos gue dan share ke kerabat yang ngajak ngajak gabung ke Fingo. Jadi secara tidak langsung gue mendukung isi site ini yang kata lu HOAX.

            atau screenshot komentar gue ini yak :

            “Fingo itu bisnis tipu tipu dan MLM maling”

            Laporin yak mbak… Jangan kuatir gue pake nama ini karena polisi tau dan bisa lacak gue di medsos manapun dengan email ini.

            Udah lama gak maen ama polisi.

          • Yoezco berkata:

            Yang mau anda laporkan apa ini mba??? Anda mau laporin ini ke delik kasus apa mba???

            Bukannya malah jadi “bunuh diri” mba? Fingo ini blm legal di Indonesia mba,

            Sekarang ini judulnya Orang Indonesia rame2 setor duit ke Malaysia??

        • Un lip berkata:

          Saya juga ikut fingo bang, barang saya sudah sampai, bisa saya fotokan di sini gak bang. Soalnya saya lihat perkataan abang hanya sepihak. Banyak yg gak benar. Saya baru join PS 1minggu, barang saya suruh kirim ke alamat keluarga saya di malaysia, dari saya upgrade, barang perlu waktu 2 hari sudah sampai

          • Brahm Anuga berkata:

            gak perlu foto. percaya kok. Bravo. Silahkan mulai cari uang dengan mengajak orang belanja di fingo….kalau ada yang mau. Eeeeeh, cari uangnya dengan cara cari member ps baru ya? ups. Keceplosan.

      • Muhaldy berkata:

        Pak hendra911,sdh terjebak dipermainan Money game sistem Multi level rekruiting,dan sdh mnjadi membernya yg siap tertipu dan siap menipu masyarakat banyak,makanya pak hendra membela mati2an tentang Fingo,padahal sdh jls fingo melanggar kode etik permendag No. 70 thn 2019 pasal 21 hurf f.awalnya sja sdh mafia bgmna selanjutnya..??🙄🤕🤕

      • Dodo berkata:

        Anda sdh join di fingo? Bagaimana skema bisnisnya?

      • sesto elemento berkata:

        sy juga baru ditawarin utk join Fingo oleh kerabat dan jualannya memang selalu membawa2 nama jack ma dan masayoshi son serta deddy corbuzier kalo diindonesia. Dan setelah sy cek harga barang yg umum seperti elektronik selalu lebih mahal dan lama pengiriman bisa sampai 22 hari

      • Dom ACNH berkata:

        lu yg sampah, sudah terjerumus lalu panik, takut gada yg join ntar hahaha… gada yg bisa lu tipu, yaelah 800rb relain aja bro, kecil itu mah, tobat nak

      • wanto berkata:

        Yang di komentari cuma Produk yang didapat dari join member saja. Kenapa tidak kasi penjelasan mengenai Produk yg di MARK UP sampai sebanyak itu? Fingo selalu menekankan mereka e-commerce, bukan MLM, kalau memang fokus di e-commerce, kenapa harganya seperti itu? Bagaimana SH, PS, AM dll nya bisa dapat untung dari penjualan produk? Sedangkan produknya di mark up setinggi itu. Bagaimana bisa bersaing dgn E-commerce lain? Kalau memang MLM ya bilang aja MLM Piramida. Gitu aja kog repot pakai bahasa E-commerce.

      • wawa berkata:

        yauda kalo mnrt bapak ini hoaks dan fitnah, buktikan dgn fakta dan sumber yg kredibel mnrt bapak aja. gitu aja kok repot.

        bapak sendiri bikin statement ini sudah cross check juga belum? jgn sembarangan tuduh juga pak :))

        • Sulis r berkata:

          Dibilang launcingnya pertengahan april,tidak pasti tanggalnya,di bilang lagi akhir maret tdk pasti juga tanggalnya,di bilang lagi pertengahan tahu nanti,ini perusahaan katanya multinasional,kok kayak perusahaan lokal di kampung.harus punya komitmen dong.yg saya pelajari.bagaimana kita mau cairkan komisinya sedang bank yg di tunjuk di indonesia tdk ada.berarti nanti seandainya cair,uang akan di transferkan oleh pihak ketiga seperti wasterunion dan semacamnya.lha ini FINGO merasa perusahaan besar krena dekat dgn jackma.kok nggk bisa ajak kerjasama dengan bank2 di indonesia yg jumlahnya puluhan.aneh dan meragukan klo menurut saya.cukup saya pernah tertipu dgn model2 seperti ini.

      • Remi berkata:

        Jadi penasaran… kasih liat dong data member fingo yang udah beli produk di fingo sendiri !

      • Yoezco berkata:

        Ada baiknya, kalau di balas dengan data pak, apa yang salah menurut fin*oers , ayo di counter / di debat disini, jangan donk. Cuman blg hoax, fitnah, sampah,, ayo sajikan datanya.. Klo emang salah tunjukkin yang bener nya gimana.

        😊😀😁🙏🙏🙏

      • Andi berkata:

        Kalo MCI Bagaimana apakah pakai piramida juga????

      • Hamba Tuhan berkata:

        Laporin aja kalau hoax tp kalau benar berarti anda yg salah

      • Darma berkata:

        Fingo justru kelak akan membuka lapangan kerja di Indonesia dan bekerja sama dengan UMKM -UMKM dan pemegang merek lokal untuk turut dapat memasarkan produknya di Fingo.

        Ijin Fingo sebagai Marketplace Asing pasti disetujui Pemerintah RI , sebagaimana marketplace lainnya yang telah masuk ke Indonesia.

        • Brahm Anuga berkata:

          Ini bohong. Di Malaysia pun sekarang member fingo lebih banyak yang cari member daripada cari shopper. Silahkan pikir. Lalu siapa yang belanja disana?

    • Andri berkata:

      Ya bro semua di ajak gabung….la trus yang jadi pembelinya siapa….ini kok malah fokus rekrut orang dengan membagikan kode referal….la kalau semua tiap hari cari member baru trus jualannya kapan😂😂😂😂

  2. muhammed Abdel Aziz berkata:

    saya ingin berdiskusi panjang lebar dengan anda, terkait dg internet, sosmed, big data dan juga keterkaitan dg affiliate marketing

    • Brahm Anuga berkata:

      diskusi aja disini. Asal beneran diskusi.

      • Andréi berkata:

        Mau minta bantuan donk untuk memberikan analisa terhadap Bisnis JAFRA dan NASA apakah bisnis tersebut termasuk ponzi skema atau Piramida….

        Terimakasih sekali sebelumnya kalau mau memberikan tanggapan….

        Karena banyak sekali yg mengajukan pertanyaan ini…dan sebagai pencerahan terhadap konsumen awam…. terutama kaum ibu-ibu….

        Semoga anda berkenan…kami tunggu….

  3. Abdurrahman berkata:

    Bahas juga dong tentang bisnis British Propolis

  4. Trimanto berkata:

    Pak Brahm, tolong sekiranya tidak keberatan, dibahas juga mengenai bisnis Yippi/Toga yang memberi kesempatan kepada agen/pengguna utk ikut dalam kepemilikan saham. Bagaimana menurut penilaian Bapak dan juga para pengunjung pengunjung web ini. Terima kasih.

  5. Ernst berkata:

    Saya sempat menelusuri di google dan pernah melihat gambar-gambar perbandingan harga Fingo dan Shopee ada yang lebih murah di Fingo. Apakah itu juga akal-akalan? Mohon penjelasannya….

  6. Sambal Udang berkata:

    Thanks agan Brahm Anuga. Mudah-mudahan tidak banyak orang Indonesia yang jadi korban Fingo.

  7. Arsa berkata:

    Fingo..ternyata oh.. ternyata….ponzi lagi…ponzi lagi…bosan ah..itu2 melulu…

  8. Asep Dolgar berkata:

    Terima Kasih atas pencerahannya Bang. Tetap menghimpun banyak data untuk mendukung setiap opini dan berita di web ini, agar lebih Valid. Izin share ke teman ya. Terima Kasih.

  9. JuandaZ berkata:

    Artikel yang sangat menarik, semoga masyarakat Indonesia banyak yang terbantu lewat tulisan ini. Dan tidak tertipu dengan bisnis MLM sesat ini. Yang menampilkan sebuah aplikasi yang sangat cantik,padahal hanya untuk kamuflase/bertopeng e-commerce.

  10. Junarto berkata:

    Barisan sakit hati selalu begini ceritanya dan akan selalu menyebar hoax dan fitnah tetapi kalau kebenaran tetap akan benar nanti kita lihat aja prosesya masalah diundur waktu launchingnya itu karena kondisi Covid 19 bukan karena ada masalah pak, jadi tetap kita berpikir positifya. ..dalam sukses.

  11. Bryan berkata:

    Syukur sekali saya bisa ketemu pembahasan ini,saya baru saja ditawarin untuk join fingo, karena sekarang banyak skema2 penipuan,saya harus hati2…

    Terima kasih kepada Pembahas yg sudah memperingatkan.

  12. Patika Juhera berkata:

    Setiap negara mempunya hukum yang jelas dan mempunyai orang-orang IT yang cerdas. Kalau memang itu menyesatkan kenapa sampai saat ini masih launching di negara tersebut dan di setiap medsos?

    • Brahm Anuga berkata:

      bisnis sesat lain juga bisa launching kok. Gak bisa jadi ukuran. Tampil di setiap medsos? omg. Lebih lagi tak bisa jadi ukuran.

  13. Akbar berkata:

    GW Promote Bang Web Lu Biar Masyarakat Indonesia Nggak ada yang kena Penipuan Online.

  14. Mahmud berkata:

    Saya jadi bingung rencananya mau gabung ke fingo jadi takut tlg solusi terbaik nya dong makasih sebelumnya

    • wilda berkata:

      fingo promonya menggiurkan siih, aq sdh daftar dan instal cuma blm upgrad PS

      tp alhmdulillah nemu tulisan ini, lbh mantep untuk tdk upgrade fingo
      pas masuk group rekrutan sih menggiurkan bgt, tp ya gitu yg mau upgrade sy mikir 1000 kali krn kurang sreg dan agak mengganjal, lbh lbh kl nnti sy jd PS Sy ngajak temen sodara dan org lain dan ternyata mereka merasa dirugikan gmn??
      berusaha tdk merugikan org lain, semoga rizqi kita berkah🤲

  15. mia berkata:

    market place yg ada saja dan gratis banyak bisa dimanfaatkan. nda perlu repot recruting

  16. Tiwita berkata:

    Saya sudah daftar Fingo, dan upgrade ke PS, membayar 800 ribu untuk beli barang, dan sudah 1 bulan lebih barang tetap belum saya terima. Saya sempat kaget waktu melihat pilihan barang yang bisa saya dapat dengan harga 800ribu itu, luar biasa mahall, tidak sesuai dengan harganya. Tapi karena saya daftar dan upgrade dengan cara dibimbing melalui telpon oleh Leader teman baik saya, saya merasa gak enak untuk membatalkan. Ya sudahlah, anggap saja menolong teman. Setelah upgrade ke PS baru saya mempelajari Fingo lebih lanjut, dan sadar bahwa ini bukan seperti ynag mereka katakan. Saya tidak akan pernah punya bisnis online shop. Bahkan tidak bisa dropship, atau jadi reseller sekalipun. Saya hanya akan mendapat uang kalau bisa rekrut orang untuk jadi PS,dan membayar 800ribu juga. Kalau orang yang saya dapat melalui link saya hanya ‘daftar’ saja, saya tidak mendapatkan apa2. Jadi ulasan di website ini benar adanya. Kalau tidak mau disebut MLM, jadi apa namanya? Dan yang lebih parah, saya membaca bahwa Deddy Corbuzier tidak ada hubungan dengan Fingo. Konten video Deddy Corbuzier ternyata dicuri dan ditambahkan tulisan2 mengenai Fingo, dan dipakai untuk keperluan promosi. Ada banyak berita mengenai ini, dan saya juga sudah melihat video asli Deddy Corbuzier yang belum dipotong2 dan diedit oleh Fingo. Mari kita promote website ini untuk mencegah lebih banyak korban seperti saya.

  17. Jack yi berkata:

    Sebarkan ke berbagai forum medsos baik fb atau wa,informasi ini bagus untuk menangkal korban lebih banyak lagi. secara hukum saja tidak legal beroperasi di indonesia, ini tidak lebih dari permainan uang dengan merekrut member baru jadi PS dengan biaya 750.000,-. kalau fingo ecomerce murni maka tentu akan memberikan kesempatan member untuk jualan di situsnya,ini tidak, kasihan orang selalu di iming-iming dapat uang sampai milyaran hanya dengan share link. kalau mau kaya itu buat usaha, bukan sebarin link, itu namanya membuat orang kaya makin kaya, lu melarat sendiri. namanya MLM ya begitu, kira-kira member sudah habis yang mau direkrut, maka pesta usai dan tinggal jadi kenangan.nangis. kalau ada iming-iming dapat income sampe millyaran hanya sebar link , sudah pasti itu BOHONG.

    • Dong Fang berkata:

      gila lu dro namanya.

      Pendirinya yang komentar. wkwkwkwkw

      Gue juga ah biar muncul paling atas nih blog.

      Gue abis di undang di grupnya. Terus ribut dah. Ga mau di bilang MLM.

      Sepakat sama ni artikel

  18. Wahyuanto berkata:

    Menghimpun dana masyarakat Indonesia, izin ojk sdh ada ? Transparasi kepengurusan siapa saja orang2nya di Fingo Indonesia? Kenapa tdk nunggu ipo /saham saja lebih jelas aturannya. Kalo bos besarnya di LN, yg menikmati mereka, ada kasus susah ditindak nantinya.

  19. Bang Boms berkata:

    Untung. Cari tau tentang fingo. Lumayan 800rb bisa raib. Jaman lagi susah begini. Thx bro

  20. Agus Mulyono berkata:

    Kala biznet gimana lagi ini produknya ?tolong ada yg beri pencerahannya sebab saya juga ditawari

    • Antonius Joshua berkata:

      Kalau untuk biznet mah provider internet gan , untuk kecepatannya bagus kok dibanding indihome untuk harga lebih murah juga

      disclaimer saya pengguna MyRepublik , cuma pernah ketempat temen yang inet nya pake biznet

  21. agus berkata:

    terima kasih atas infonya, saya baru ditawarin fingo, untung belum bayar

  22. Fira Risna berkata:

    Saya sebenarnya tertarik dengan bisni Affiliate-nya. Tetapi karena informasi ini.

    Terima Kasih infonya, saya berharap semoga tidak ada orang Indonesia terjebak di bisnis Fingo.

    Boleh diinfokan jika ada bisnis affiliate yang bagus, seperti dulu Amazone Affiliate ya?

  23. Yuli berkata:

    Saya pun ada daftar di fingo. Karena takut, jd tdk sampai ke tahap mentransfer uang 800ribu itu. Gara2 fokus utama fingo di suruh cari member utk join bisa dpt komisi.

  24. Muari berkata:

    Wah kena tipu gua. 850. Mudah mudahan jadi sumber api neraka buat mrk. Amiin.

  25. Garuda berkata:

    Coba loloskan komen saya ini…Bagi orang awam mungkin tidak tahu, tapi bagi kami para IT tahu banget bahwa web bahasbisnis ini web hoax. Tujuan kami adalah memberantas fitnah dan hoax di negeri tercinta ini.
    Berikut data web bahasbisnis.com
    Registrant Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Administrative Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Technical Contact Information:
    Name
    WhoisGuard Protected
    Organization
    WhoisGuard, Inc.
    Address
    P.O. Box 0823-03411
    City
    Panama
    State / Province
    Panama
    Postal Code
    Country
    PA
    Phone
    +507.8365503
    Fax
    +51.17057182
    Email

    Lihat email untuk mendaftar domain websites hoax apakah itu email yang wajar ………?

  26. Dong Fang berkata:

    Sepahama saya dengan artikel ini. Terimakasih Sudah Di wakilkan

  27. Ririn berkata:

    Baru join tp blum smpet bayar 750rb

  28. Luke berkata:

    Saya simak semua ulasan diatas, ” fingo tipu2 berkedok e commerce “, sy kira ulasan yg masuk akal dan oleh karena itu perlu dijelaskan secara clear oleh pihak fingo indonesia supaya tdk ada kekisruhan sperti ini. jika ilegal spy tdk timbul korban yg lebih banyak lagi. Dan jika betul legal spy yg sungguh2 mau mencari nafkah di sini tdk was was.
    sy hanya ingin tanya, jika betul fingo legal dan dan sdh mengantongi izin dari pemerintah, tetapi krn covid 19 sehingga launching yg sedianya (katanya) dilaksanakan pd bln maret 2020 ditunda. Pertanyaannya, jika benar fingo itu legal artinya di indonesia sdh ada kantor pusatnya, Krn salah satu syarat utk pengurusan perizinan wajib melampirkan alamat usahanya. Dan siapa penanggungjawab di indonesia. Mohon dijawab oleh fingo indonesia. dimana alamat kantornya di indonesia?. Dan siapa penanggungjawabnya. Ditunggu.

  29. Ahal berkata:

    Jika fingo legal artinya sdh mengantongi ijin pemerintah.. yg artinya juga punya alamat yg jelas sebagai kantor pusat di indonesia. Mohon dijawab dimana kantor pusat di indonesia dan siapa penanggungjawabnya. Supaya tdk menimbulkan polemik.

  30. Winwin berkata:

    Smoga aj fingo gak spt mlm,spt paytrend ,qnet,dream from freedom

  31. FuceekkkMLM berkata:

    Saya sudah baca keseluruhan artikel dan komentar juga, terimakasih atas pemahamannya, untuk masyarakat indonesia termasuk saya berhati-hatilah terhadap hal baru, harus banyak² sharing, jangan mudah terbawa arus dengan tawaran² yang menggiurkan

  32. Rusli berkata:

    Bila harga Fingo malaysia lebih mahal, mana mungkin ada orang Indonesia yang mau belanja di Fingo dong ?
    Jawabannya adalah sudah pasti orang Indonesia gak mungkin ada yang mau belanja di Fingo sementara ini, karena Fingo saat tulisan ini dibuat (22 May 2020) masih terpusat di Malaysia.
    Akan tetapi, bila Fingo kelak telah buka atau launching di Indonesia tentunya dengan regulasi terkait pajak dan bea masuk akan sama seperti e-commerce lainnya di indonesia, jadi bisa dipastikan harga barang yang di jual kelak di Fingo Indonesia akan sangat kompetitif dan bisa bersaing dengan e-commerce lainnya di Indonesia seperti Lazada dkk.

  33. Freddy berkata:

    Kalo Affiliate yg legit apa gan?

  34. Nay berkata:

    Masuk akal klo fingo gk jelas. Skrg gini member mau dapat untung dari mana kalau si Member gk punya barang yg dijual, melainkan cuma kasih link website aja sama cari orang utk dijadikan downline. Pikiran awam simpel kan..

  35. Arsy berkata:

    Setah saya diapproach teman soal Fingo, langsung saya browsing referensi informasi, alhamdulillaah ketemu situs web ini, sangat informatif, sangat bermanfaat dan membantu sebagai “Pertimbangan Bisnis”. Saya pernah ikut beberapa MLM dan saya kira saya cukup mengerti. Tidak perlu didebatkan. Terimakasih pak Brahm Anuga. 🙏

  36. Pram berkata:

    Ya.. Masalahnya, bisnis semacam ini Tidak Jelas siapa pimpinan perusahaan dan penanggung jawab.. Gak Ada.. Sumpah Gak ada..
    Kalau nanti bubar.. Dan PASTI 100% dijamin Bubar, para Upline Segera menyatakan dirinya sebagai “SAYA JUGA KORBAN” sambil menghitung hasil kejahatannya secara sembunyi.
    Terserahlah.. Yang pasti Anda tahu.. Bahwa ini adalah bisnis penuh Resiko.. Anggaplah main Judi saja.. Anda tahu pasti ada Korban dikemudian hari.. Tapi Anda Tidak Perduli.. Kkarena Keserakahan sudah menguasai AkaL dan Nalarmu.

  37. Bani Adam berkata:

    Terimakasih kawan, atas pemberitaannya, saya sudah dapat kesimpulannya, bahwa saya batalkan untuk menjadi member fingo

  38. lyon berkata:

    wkwkwk gw save ni web gw suka banget gaya penulisan n bahasanya… agak kassr tapi mendidik… kasarin aja yg bandel2 brohh haha…

    trus kasarnya juga ada batasnya ga perna sampe gunakan kata2 ga pantas… gw fans blog u broooh lanjutkan n sukses slalu

  39. Eko Prasetya berkata:

    Terima kasih atas ulasan lengkap dgn analisa dan fakta nya. Tadi teman saya nanyain tentang ini, dia diajak, terus saya google dan ketemu situs ini.
    ogah dgn MLM..

  40. fingo berkata:

    terimakasih dengan ulasan dan analisa di atas. Jikalau fingo adalah hoax atau scam ataupun money game/ponzi, apapun itu, maka informasi tersebut sangatlah berguna bagi pembacanya. Namun jika fingo adalah bisnis yang real dan kerjasama afiliasi yang murni tanpa unsur menipu, maka kesempatan kamu join bisnis menjadi terlewati atau tertinggal. Sebenarnya diperlukan analisa yang benar-benar valid.
    Menurut pendapat saya, bisa benar atau bisa tidak, fingo sebenarnya hanyalah bisnis afiliasi seperti kamu memperkenalkan atau mendealkan suatu barang/produk, dalam dunia sehari-hari kita namakan makelar. Apakah makelar itu menipu? secara profesi, makelar ya sangat bermanfaat tentunya.
    Nah kemudian mungkin ada yang anti dengan MLM, mengatakan MLM itu penipuan. Saya ingin menjelaskan bahwa MLM itu bukanlah skema penipuan. Sampai saat ini banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan MLM sebagai marketingnya, mulai dari produk asuransi sampai produk rumah tangga.
    Penipuan berkedok MLM itu ada, namanya money game, dan banyak sekali yang muncul di Indonesia.

    • Brahm Anuga berkata:

      MLM gak masalah. Yang masalah itu MLM skema piramida seperti fingo.

      • Galuh berkata:

        Ada 1 orang pebisnis besar di Jkt yg saya follow di IG mengatakan, bisnis MLM itu harga barang hanya 10% dr uang yg kamu keluarkan, bukannya jelek barangnya ya tapi klo kamu niatnya mau sedekah ke pendiri mlm dan downline nya gapapa lanjut aja. Hahaha, sejak saat itu aku sama sekali ga pernah beli produk hasil MLM (beli aja ya bukan jd member, jd member otomatis aku ga akan pernah mau).

      • Jak berkata:

        Fingo itu bukan dibuat MLM, Walau caranya mirip MLM tapi bukan sebenarnya MLM.
        MLM memiliki nama merk tersendiri sedangkan Fingo adalah tempat berbagai macam produk seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll

        • Brahm Anuga berkata:

          mau produknya satu ada banyak, mau mereknya ada satu ada banyak, kalau pemasaran berjenjang ya namanya MLM. Mau ngaku MLM atau bukan, tetap MLM. Dan fingo bukan sembarang MLM, tapi MLM sesat yang fokusnya cuma rekrut.

        • Yoezco berkata:

          Masbro. MLM itu kan singkatan dari Multi Level Marketing, jadi ente mau cerita apa aja, klo udah sistem tingkatan/level di dalamnya itu udah pasti MLM namanya pak… Udah pasti itu mah. Kecuali di fingo itu levelnya atu doank cuman PS aja. Atau AM aja, atau AT aja…

    • Classco berkata:

      Cari pengikut yaa mas..??
      Mau bikin aliran baru yaa..??
      Sebelum terlambat saya mengucapkan “turut bersedih yaa mas, yg sabar yaa..”
      😂😂😂

    • ahong berkata:

      Kantor dimana? Gudang dimana? no ijin usahanya berapa? Kapan daftar di kementerian perdagangan?

  41. Mr. Mister berkata:

    Hampir sama dengan memiles dong ya?🤣😁

  42. Amiruddin berkata:

    Saya sejak Februari upgrade OS, tapi sampai Juni ini produk belum diterima

  43. avin berkata:

    gua uda daftar, tapi dibayarin temen, webside uda jadi dan uda di sebar. uda ada shopper yang daftar di bawah saya. tapi blm ada yang bayar. ahirnya saya pertimbangkan lagi, webside saya unpublis dan blog saya drafkan. rugi gak apa apa, bisa dicari lagi, tapi merugikan orang lain itu saya gak mau. trimakasi buat artikelnya. bisa jadi bahan pertimbangan buat lanjut atau stop.

    • Brahm Anuga berkata:

      Ini namanya orang waras

    • Ella berkata:

      Sama .. saya juga sudah daftar dr bulan Maret Krn sodara seh. Awalnya saya lihat peluang bisnis bagus bgt, dan saat itu “menurut saya masuk akal” .. tapi sampai saat ini saat belum terima barangnya. Tp nothing to lose ajalah, anggap saya kurang sedekah makanya harus seperti ini / Krn saya gak enak sama sodara . Tp masih blm tau kebenaran berita ini seh. Maaf sekedar sharing pengalaman aja ya. Kalau mau join better nunggu lounching dl aja klo mmg benar adanya ..

      • Rudy berkata:

        Setuju bro, relakan saja uang pendaftaran. Nothing to loose aja.. Sudah terlanjur daftar, sama temen. Gue ga mau ngerugiin orang lain. Makanya walaupun gue sdh daftar, gue belum mau cari member sebelum semuanya clear (barang gue terima, terdaftar dan launching resmi di Indonesia). Terima kasih ulasannya, sudah menambah wawasan.

  44. bangke berkata:

    fingo udah berapa lama?ada websitenya kah atau cuman ada aplikasi di android?

  45. Mahar berkata:

    Terima kasih atas ulasan lengkapnya, untung belum jadi daftar fingo.

  46. Abdel SGL berkata:

    Setelah sy install dan sign up di Fingo sebagai Reguler Shopper (SH) melalui Playstore dgn bimbingan “Inviter” sy, sy dimintanya utk upgrade dgn mentransfer 800 rb utk menjadi PS (Preferred Shopper)
    Sy menolaknya dgn alasan ingin mempelajari lebih jauh sistem kerja nya.
    Lalu si “Inviter” mengirimkan kan sy dokumen pdf yg berjudul “Presentation Fingo For World Team”.

    Setelah sy pelajari dokumen tsb, sy berprasangka koq Fingo ini seperti bisnis berkedok MLM dgn skema Ponzi ya?

    Dari 800 rb:
    – 165 rb untuk sang “Inviter”
    – 635 rb utk pembelian barang (yg ternyata harga sebenarnya dipasaran umum cuma setengahnya).

    Inviter untung, Fingo pun untung. Yg rugi adalah member/shopper yg melakukan upgrade.

    Dan benar menurut penjelasan di artikel diatas bhw setiap transaksi pembelian yg dilakukan oleh seorang shopper maka sesungguhnya shopper memberikan “nafkah” kepada “upline” nya apakah itu PS, AM ataupun AT dgn persentase yg bervariasi.

    Lalu darimana Fingo mendapatkan dan membagikan “share” kepada PS, AM dan AT utk setiap transaksi penjualan?
    Salah satunya bisa jadi bhw harganya telah di “marked up” lebih dulu.
    Maka wajar saja di penjelasan di artikel diatas bhw harga barang di Fingo lebih mahal daripada marketplace yg lain.

    Lalu bagaimana kalau kita cukup sebagai member biasa saja atau sebagai shopper biasa saja di Fingo.
    Ya ini sepertinya yg paling BAIK. Tinggal sering2 saja lihat penawaran di Fingo, kalo memang ada barang yg menarik dan harganya memang lebih murah dari marketplace lain maka bolehlah dipertimbangkan utk dibeli.

    Tetapi INGAT!!
    Gudang Fingo itu adanya di Malaysia, jadi pertimbangkan Ongkirnya ke Indonesia.
    Jangan malah harga beli + Ongkir jadi jauh lebih mahal dari pada perolehan dari marketplace lain di Indonesia.

    Wallohu a’lam

  47. Sulis r berkata:

    Saya juga sudah mendaftar,tujuan saya ingin tahu lebih lanjut tentang FINGO,tapi setelah ada persyaratannya untuk membeli barang dengan jumlah uang yg banyak.dan mengharuskan merekrut member baru.Oh no…batal saya.tidak mau tertipu ke dua kalinya.good artikelnya bro.smoga masih banyak orang2 cerdas dan sehat cara bepikirnya ditengah wabah pendemi covid -19.

  48. Krun berkata:

    Menurut saya jika fingo tipu2 gak mungkin dong perusahaan seperti Oppo mau jadi partner fingo,gak mungkin bisa legal di Singapore negara yg begitu ketat dan disiplin

    • Brahm Anuga berkata:

      mana buktinya oppo jadi partner?

      • Soerya berkata:

        Mudah²an ada acara televisi yang mengulas tuntas masalah ini, dan mudah²an antara yg membuat artikel ini dan fihak fingo di pertemukan, dan di tonton oleh rakyat indonesia, biar masalahnya terang benderang tidak ada dusta di antara kita, kalau bicara kebenaran semua orang merasa benar, karena yang maha benar hanyalah Allah.

        Ga tahu kalau ini fitnah atau bukan, yang jelas jangankan masalah bisnis besar²an, kita jualan gorengan saja, pasti ga semuanya suka, jadi kesimpulannya, setiap sesuatu yg kita lakukan pasti ada yang suka dan ada yg tidak suka, maklum dunia ini kan fitnah, jangankan dunia bisnis, anak saja akan menjadi fitnah bagi orang tuanya.

        Maaf saya tidak membela siapapun, biarlah hukum yg bicara baik di dunia maupun di akhirat kelak.

      • Benk berkata:

        Anda buka aplikasi, anda lihat.
        Oppo, realme, vivo, xiaomi, huawei.
        Laneige, shiseido.
        Muji
        Richeese

  49. Jak berkata:

    Apa benar Fingo Indonesia tipu-tipu..? Jangan-jangan ini hoax atau persaingan bisnis yang gak mau kalah dengan cara licik seperti ini.
    Fingo Indonesia sudah menduduki peringkat 10 besar lho, padahal belum launching, apalagi kalau sudah launching bisa mengalahkan posisi Shopee yang saat ini di posisi paling atas.
    Jangan dulu menuduh yg bukan-bukan, su’udzon itu namanya, belum terbukti salah.
    Marketplace Fingo sudah diikuti oleh Singapure, Thailand, Malaysia, Indonesia menyusul,,
    Fingo Indonesia direncanakan akan dipertahankan 10 tahun kedepan dan dapat diwariskan oleh generasi selanjutnya, jangan takut kehabisan downline atau rekrutan,,

  50. Coco berkata:

    inilah ciri2 orang yg gak mau maju. Misinya selalu menghambat rejeki orang. Padahal belum paham tentang Fingo. Tidak ada yg dirugikan di bisnis fingo. Silahkan cek dan bandingkan secara detail harga barang di fingo dengan marketplace lain. Jika ada yg lebih murah, knp harus beli yg mahal. Hey bung berhentilah menyebar Hoax..

    • Brahm Anuga berkata:

      tak ada yang dirugikan? banyak yang bayar 700 ribu gak dapat barang.

      • Benk berkata:

        Inilah yg bikin org salah persepsi. GP ga sampe ke tgn PS.
        1. Indo masih nebeng malay.
        2. GP masih manual, Leader tanggung jawab urus sampe ke jkt.
        3. Sampe jkt baru sebar ke PS

        Di team sy lancar jaya GPnya. Ga ada komplain.

    • Disan berkata:

      Mungkin beberapa tulisan anda mengenai MLM sesat yang lain itu benar ada nya, tp mengenai Fingo data” anda sangatlah sedikit. Anda belum tahu benar” mengenai fingo. Contoh bila ingin membandingkan harga dari suatu produk harus aple to aple spt fingo malaysia dgn shoppe malaysia dan carilah yg sama” harga official store nya jangan harga distributor. Kemudian skrg cek posisi Fingo di playstore jgn hanya asal menjawab ngimpi. Lalu jika memang anda tau Fingo, detail kan nilai 700 ribu itu kemana saja mengalirnya, apa ada yg mengalir ke Fingo nya? Tidak, nilai itu real 500ribu untuk inviter”nya sbg fee yg telah beraffiliasi dan sekitar 200ribu nya untuk harga giftpack. Tidak ada paksaan juga untuk merekrut/mengajak orang untuk upgrade karena ada keuntungan lain nantinya. Pastinya cek dulu yg saya bilang, bandingkan harga aple to aple lalu cek apakah benar di markup atau tidak!!! So, mencari tau sesuatu itu memang penting, tp termakan statement orang yg belum tau detail masalahnya itu yg bahaya. Bisa menghambat rezeki anda. Be a smart guys

      • Brahm Anuga berkata:

        Jawaban klasik pemain. Masuk dulu kedalam. Saya tak perlu jadi member pandawa, tak perlu beli paket umroh first travel, tak perlu beli wincash coin di give4dream untuk tau itu penipuan. Juga tak perlu beli paytren untuk tau itu akhirnya akan bubar seperti sekarang.

    • Rudy berkata:

      Mas Coco sudah daftar kapan ? Sudah terima barangnya atau belum ? Up line kalau saya tanya tidak bisa kasih penjelasan kapan barang datang dan kapan bisa diambil di AT. Terus saya tanya alamat AT juga ga tahu dimana itu alamatnya ? Kalau promosinya adalah e-commerce, maka berlakulah yang jujur, bahwa anggota yang belanja pasti menerima barang yang dibelinya. Kalau tidak ada barang, berarti sama saja dengan money game. Saya sudah daftar, tapi netral saja. Saya mau testimoni barang sudah diterima, bukan testimoni pencairan dana hasil member get member.

      • Jamaludin berkata:

        Alasannya karena wabah covid19, makanya barang belum bisa dikirim ke member karena pesawat kargo belum bisa masuk indonesia…………..hahahahahaha kasihan si corona jadi kambing hitam

  51. Bahar berkata:

    Ini harus di usut tuntas, pengacara fingo dan kepolisian di raja malaysia dan indonesia akan menyelidiki tentang tulisin ini, siapa yg benar dan siapa yg salah akan ketahuan di meja hijau. Kita tunggu kabar selanjutnya

  52. aDHY berkata:

    COBA DI BAHAS JUGA TENTANG ZOOMHO

  53. Rendy berkata:

    Awas aja kl blok ini dihapus, biar semua tau. siapa yg dpt malu nanti.

  54. Ninoy berkata:

    Bgaimana dgn auto gajian?

  55. Bayu berkata:

    Gan tlg bahas ttg edccash

    Itu bener gag? Katanya bner bisnis investasi crytocurrency dg sistem mining gt.. saya pengen tau krn tertarik invest jg..

  56. Benk berkata:

    Aduh, kalian harus sadar. Mudah sekali bedakan Aplikasi scam atau tidak. Kalau Aplikasi ada di APPLE STORE itu tandanya Aplikasi bagus. Coba Buktikan, Apakah ada Aplikasi di APPLE STORE YG MLM/MONEYGAME/PYRAMID SCHEME?

    • Nixson berkata:

      Seriusan bro? Trus klo ud di playstore ud real good ya?
      Udlah sudahi penipuan ini, situ aja yg kburu masuk jd member,drpd rugi total ya loe pengen modal loe balik jd ktika orang lain ngehambat langkah loe, y loe berusaha donk klarifikasi stdkny gimana caranya modal loe balik kan??

    • Classco berkata:

      Sotoy…aplikasi kalkulator pemula aja banyak di playstore..google mah yg penting terima duid dulu…nanti kalo ternyata aplikasinya banyak yg ngelapor baru dah di block tuh app.

    • Jamaludin berkata:

      Tul….tul….tul….

      Google app store and Apple Store Beda besutan beda pula kebijakan

      Cukup dana Rp. 5 juta kita bisa daftarkan Aplikasi di Google Playstore

  57. Makan duit orang berkata:

    Apakah fingo sudah legal di indo ? Smpai dimana surat surat ijin nya, lokasi bisnis nya dimana ? Sudah kah mengantongi ijin resmi di indo sperti APLI OJK dll.

    Apakah kalau belum mngantongi ijin dapat di simpulkan bisnis ilegal ? (Kalau di malay kan sudah ada ijin legal nya kalau tidak salah)

  58. jack yi berkata:

    hipo juga scam dan juga buat aplikasi di playstore. jgn tolol benk. playstore yg penting lu bayar. u buat aplikasi apapun boleh.

  59. Hendra Singkawang berkata:

    Akhirnya mimin dapat kebenarannya

  60. Farid berkata:

    Ok ini pendapat saya. Pemilik web ini memiliki tujuan yang mulia, agar tidak banyak orang merasa dirugikan. Namun pemaparan yang dijelaskan di web ini tidak bisa dijadikan acuan benar maupun salah. Memang diberikannya fakta2 didalamnya merupakan yang menguatkan kebenaran web ini berdasarkan kebenaran dari sisi pembuat web ini. Namun bilamana memang yang dikatakan seperti web ini terbantahkan dengan beberapa orang yang memang benar terhadap Fingo, seperti memang seharusnya aple to aple membandingkan harga dengan e-commerce yang sama wilayahnya (jangan berbeda wilayah lalu dibandingkan harganya) selain itu harga relatif, tidak bisa dikatakan harga mahal itu lalu bohong dengan yang murah, karena mungkin saja harga mahal memberikan service ataupun benefit lain yang tidak ada pada si harga murah. Dari segi ini web ini sudah tidak fair. Selain itu yang menjalankan Fingo ini mereka kebanyakan bukanlah orang2 yang mewakili pihak Fingo, namun mereka hanya mencuri start awal, bahwasanya Fingo akan Launching di Indonesia, oleh karena itu banyak memang yang masih dalam proses. Kalopun ini benar nantinya, maka web ini memberikan fitnah kepada bisnis yang sebenarnya memang benar adanya. Namun kalo Fingo salah maka sebaliknya.
    Begitu juga Fingo tidak bisa dikatakan salah/ penipu maupun benar sebuah e-commerce. Fingo selama ini masih wacana di Indonesia. Tp telah nyata di 3 negara. Simpang siur ini yang menyebabkan masalah2. Disisi lain yang Launching masih diundur2, dan beberapa orang yang masih belum menerima giftpack sampai saat ini. Namun biaya yang dikeluarkan yang dikatakan untuk membeli Lisensi itupun tidak salah. Sama halnya kalo orang ingin mendirikan indomaret/alfamaret atau franchise, mereka juga disyaratkan membeli lisensi atau merek dagang sehingga mereka bisa menjual produk ats nama minimarket/ franchise tersebut. Sama halnya Fingo mereka menjual kode referal yang digunakan sebagai agen untuk pembeli yang ingin membeli produk dr Fingo. Sama.
    Benar atau salah maka waktu yang akan menjawabnya. Namun menyematkan bahwa sesuatu salah atau benar tanpa adanya konfirmasi dr pihak terkait ataupun masih dalam proses, maka itu bukanlah sesuatu yang bijak. Kalopun menyematkannya pun harus diberi keterangan ini adalah sebuah pendapat dan barangkali saja masih ada kekeliruan didalamnya. Karena masih ada beberapa yang harus diluruskan dari web ini maupun Fingo.

    • Brahm Anuga berkata:

      guy, dari dulu bahasbisnis berani bilang ini penipuan, itu penipuan, terbukti. Gak usah ngomong bijak-bijakan. Malah gak bijak sesuatu yang jelas penipuan lalu menerangkan dengan mengambang, yang akhirnya orang lain tertipu. Paham? Gak ada yang perlu diluruskan.

  61. Andrew berkata:

    Nah kalau kita komentar dengan cerdas dan dengan fakta dan bukti di website bahasbisnis asli akan di sensor oleh adminya… karena admin bahasbisnis itu pengetahuannya rendah dan kurangnya edukasi.. ga bisa bedakan FINGO SISTEM AFILIASI vs SKEMA PIRAMIDA PONZI..

    mari bongkar dengan fakta:

    1. Apa FINGO itu PONZI?
    https://id.wikipedia.org/wiki/Skema_Ponzi
    Skema Ponzi adalah modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini. Skema Ponzi biasanya membujuk investor baru dengan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain, dalam jangka pendek dengan tingkat pengembalian yang terlalu tinggi atau luar biasa konsisten. Kelangsungan dari pengembalian yang tinggi tersebut membutuhkan aliran yang terus meningkat dari uang yang didapat dari investor baru untuk menjaga skema ini terus berjalan

    FAKTA : Anda bukan investasi di Fingo.. anda mau bawa 1 milyar rupiahpun untuk diinvestasikan tidak akan diterima oleh FINGO atau Fingo tidak akan menjanjikan uang kembali berkali kali lipat tanpa kerja. FINGO memiliki biaya upgrade yg sangat murah Rp 700rb dan dapat jam tangan pula (atau giftpack lain) berlaku seumur hidup. dan tidak ada paksaan sama sekali anda harus membayar kecuali anda mau upgrade.

    2. Apa Fingo itu skema Piramida?
    https://www.apli.or.id/pages/skema-piramida
    Apakah Skema Piramida itu?
    Skema Piramida adalah sistem (ilegal) dimana banyak orang yang berada pada lapisan terbawah dari piramida membayar sejumlah uang kepada sejumlah orang yang berada di lapisan piramida teratas. Setiap anggota baru membeli peluang untuk naik ke lapisan teratas dan mendapat keuntungan dari orang lain yang bergabung kemudian. Sebagai contoh, untuk menjadi anggota Anda mungkin harus membayar mulai dari jumlah yang kecil hingga jutaan rupiah. Dalam contoh ini, Anda harus membayar Rp. 10 juta, untuk membeli sebuah tempat pada piramida di lapisan paling bawah. Uang Anda senilai Rp. 5.000.000 akan pindah ke orang lain yang posisinya tepat di atas Anda dan Rp 5.000.000 lainnya beralih ke puncak piramida, atau ke promotor. Bilamana semua posisi yang tersedia dalam skema tersebut telah dipenuhi peserta, promotor akan memperoleh Rp 160 juta, sedangkan Anda dan teman-teman lain yang sama-sama berada di lapisan paling bawah akan kehilangan Rp 10 juta per orang. Apabila promotor telah terbayar, maka posisinya dihilangkan dan yang berada di lapisan kedua akan naik ke puncak. Setelah itu, barulah kedua orang yang tadinya berada pada lapisan kedua akan menikmati keuntungan. Untuk membayar kedua orang ini, lapisan terbawah ditambah 32 posisi baru, dan pencarian peserta baru terus berlanjut. Setiap kali sebuah lapisan naik ke puncak, sebuah lapisan baru harus ditambahkan pada alas piramida, masing-masing 2 kali lebih banyak dari sebelumnya. Apabila jumlah peserta baru mencukupi, maka Anda dan 15 peserta lain yang berada pada lapisan yang sama mungkin dapat mencapai puncak.

    FAKTA : Anda mendapatkan penghasilan dari FINGO apabila ada yang belanja baik sebagai shopper atau belanja upgrade ke PS. Apabila anda ajak 1000 orang semuanya ga ada yang upgrade. Tidak masalah karena 1000 orang tersebut boleh belanja keperluan yang mereka butuhkan : handphone, mainan, kosmetik, fashion dll dan anda mendapatkan penghasilan dari sana. Apabila ada yang mau upgrade ke PS ya monggo silahkan, tidak ada suatu paksaan, namun apabila upgrade ke PS maka akan mendapatkan keuntungan berupa hak usaha, voucher, giftpack,cashback, pasif income, dll dsb.

    3. Apakah FINGO itu sistem afiliasi?
    https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-affiliate-marketing-dan-tips-sukses-menjalankan-bisnisnya/
    Jika Anda ingin menjadi affiliate marketer, maka Anda harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi dan Anda akan mendapat sebuah link Afiliasi. Kemudian Anda mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan pembelian, maka Anda mendapatkan komisi. Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual. Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki website sendiri.

    FAKTA: semua puluhan ribu produk yang ada di FINGO dapat anda SHARE dalam bentuk link afiliasi kemudian anda silahkan bagikan.. orang yang membeli dari link tersebut, akan memberikan komisi kepada anda.

    Jadi dari ketika BUKTI dan FAKTA sesuai definisi yang kredibel (bukan tebak asal2an sesuai khayalan admin) sudah dibuktikan bahwa:

    1. FINGO bukan skema investasi bodong
    2. FINGO bukan skema piramida yang butuh uang pendaftaran untuk bertahan bisnisnya
    3. FINGO bisnis afiliasi online menjual berbagai macam produk kebutuhan umum.

    INILAH KOMENTAR SAYA YANG DI SENSOR ADMIN BAHASBISNIS. kalau berani dan jantan silahkan tampilkan dan diskusi dengan BUKTI DAN FAKTA.. terima kasih.

    • Brahm Anuga berkata:

      Ini orang yang merengek-rengek komennya di approve. Yup, sudah beberapa kali saya masukkan ke trash. Why? dari referensi yang dia kutip dan kesimpulan yang dia ambil aja bertentangan. Entah orang aneh atau orang bodoh. No 1: Yang namanya keluar modal, beli lisensi, berharap ada usaha lalu dapat untung, itu namanya investasi. Cari di kamus. No. 2: member dapat penghasilan dari belanja orang lain? Emang ada yang belanja? wakakakak. Belanja saat upgrade jadi PS? adaaah. Ya melanggar permendag No. 70 2019, kalau gitu. perusahaan distribusi langsung gak boleh mewajibkan mitra usaha untuk membeli paket produk saat pendaftaran atau untuk menaikkan peringkat kemitraan. Lagian belanja kok barangnya gak nyampe-nyampe. And btw, ada AT yang bilang itu bukan belanja lhooo. Itu beli lisensi tapi dapat bonus. :-).
      Dah di approve ya. Jangan dungu lagi.

  62. Delahore berkata:

    Pak brahm anuga….
    Ini saya dapat link dari orang fingo, apakah ini editan mereka atas web asli bapak?
    Berikut linknya :

    http://bahasbisnis2020/xxxx

  63. Yulia berkata:

    Benarkah ini klarifikasi/revisi asli dari penulis sebelumnya tentang penipuan bisnis Fingo?

  64. Karyono berkata:

    Skema program cara kerja yang diutamakan jika sudah menjadi anggota bukannya promo kesuksesan para laeder. Ditampilkan

  65. Mahmil berkata:

    Tangan berbicara, jejak porensik tercatat

    Siap siap ya

  66. Delahore berkata:

    Pak Brahm Anuga,
    Mohon maaf mau tanya, ini saya dapat link disalah satu WAG, apakah ini bener klarifikasi bapak atas tulisan ini atau ada oknum yang mencoba mengedit tulisan bapak sebelumnya? Karena jika saya baca isinya bertolak belakang dan alamat websitenya agak mencurigakan…

    Mohon tanggapannya pak brahm

    Berikut linknya

    http://bahasbisnis2020.com/Fingo,%20tipu-tipu%20berkedok%20e-commerce%20-%20Bahas%20Bisnis.html

    • Brahm Anuga berkata:

      Itu tanda Fingo sangat takut kebohongannya ketahuan banyak orang. Gak masalah. Orang googling fingo tetap ketemunya yang asli. Thanks anyway.

  67. Jack ma berkata:

    Min, minta pendapat dong dengan artikel ini, dapatnya dari grup wa member fingo.sepertinya situsnya kena kloning yaa?
    http://bahasbisnis2020.com/Fingo,%20tipu-tipu%20berkedok%20e-commerce%20-%20Bahas%20Bisnis.html

  68. fahri lorenzo berkata:

    dibelain kloning website…ngakak🤣🤣🤣

  69. Fredy Ginting berkata:

    Wkwkw… niat bener nge-clone website yg asli.. tobat om…

  70. Walmadri berkata:

    Hahaha jujur aku senyum2 sendiri baca update terbaru dari website ini, yg awalnya isinya negatif semua tentang Fingo, sekarang malah jadi Positif semua. Dan sangat pro dengan Fingo. Mantul

    • Brahm Anuga berkata:

      duh duh. Kamu baca website bahasbisnis2020 (bahasbisnis palsu), lalu komen di sini (bahasbisnis asli). Kerek ke atas mas, lihat isinya.

  71. Andri berkata:

    Bagaimana dengan zoomho
    Diulas ….

  72. Susan berkata:

    Fingo Penipu??? 3 negara sekelas Malaysia, Thailand dan Singapura kena tipu Fingo???

    Logikanya dimana???

  73. kasniah berkata:

    saya blm paham karana saya gaptek ta tau cara julan di onlen.dan ta paham

  74. Delahore berkata:

    Website cloning ya om? Trus isinya dirobah seakan akan klarifikasi dari website aslinya?

  75. Jhoni Gayaq berkata:

    Mohon diperjelas terkait masalah izin operasional di Indonesia. Agar kita tdk terbentur dengan kekuatiran tentang legalitas. Banyak calon member yang mempertanyakan soal legalitas tentang Fingo ini.

  76. Jack ma berkata:

    Caranya mempengaruhi member baru sangat bombastis, “Akan dapat income 1 miliar perbulan”
    Halusinasi yang tinggi, lupa daratan. Kalau mau dapat gaji 1 miliar 1 bulan ya buat usaha,bukan rekrut member baru.

  77. Sutarko berkata:

    Ijin Shere bolek ngak pak🙏🙏
    Situs Web di yg mna ya.

  78. Lutfi berkata:

    Admin plinplan.. ada yg aneh dr pernyataan yg sejarang, seperti di buat2, terkesan perbaiki atas tulisan yg dulu, padahal dr tulisan yg dulu natural sekali, kliatan natural atas emosional dr pikiran, klo yg ini terkesan keliatan di buat2, dapet cuan kli ya…

    • Brahm Anuga berkata:

      kamu baca di bahasbisnis palsu komen disni.

      • Jack ma berkata:

        Baiknya diblow up sebanyak mungkin ke media sosial,biar masyarakat tidak banyak korban tipu tipu. Mereka banyak ngiklan di google ads,di fb, instagram.
        Udah jelas fingo itu model money game. Gak rekrut member baru gak dapat duit.yang kaya upline diatasnya pastinya. Sibodoh ikut manut aja diarahkan terus.

  79. Anugrah berkata:

    Thanks bro Brahm Anuga ilmunya.
    Memang agak aneh saya lihat di aplikasi, barang terjual 2000+ tapi tidak ada rating, tidak ada komentar dr pembeli, how come dr 2ribuan pembeli td tidak ada satupun yg berkenan utk komentar mengenai product² tsb.

    Ditambah bukti ternyata byk harga yg di markup.

    Saya baca di web malaysia berbahasa inggris kalau di pemerintah Malaysia sendiri Fingo blm mengantongi ijin.

    Logika dr penulis sangat nyata, krn dr sistem piramida tsb, seandainya semua orang Indonesia sdh jd member Fingo, klimaks sdh penjualan recruitmen td. Kemudian loncat deh ke aplikasi tipu² yg baru wkwk.

    Saya pernah ikut MLM, kesimpulan selama jualannya itu bukan product terbaik (jualan anggota), pasti hancur.

    Yakin product²nya harus standar ISO, dll.. coba buktikan..

    Buktikan dgn launching di TV Nasional, pernyataan lgsg dr pemerintah atau Public Figure lah kalau berani.. yg tampil di YouTube orang² gak jelas semua, productnya gak jelas, berlindung di balik cover E-Commerce pdhl tetep aja money games..

    Buat kalian yg bela²in Fingo, baru pertama MLM??? TUNJUKIN PRESTASI KALIAN SEBESAR APA BUAT BISA DIPERCAYA ORANG BYK.
    BISNIS KALIAN OMSET PULUHAN, RATUSAN ATAU MILYARAN RUPIAH? COBA BAYARIN TUH PUBLIC FIGURE MANA, TV NASIONAL MANA YG MAU BANTU PROMO KEHEBATAN KALIAN.

  80. Femmy berkata:

    Bahas vtube dong…

  81. Jack ma berkata:

    Dibahas juga min tentang Digitalnesia, banyak ngiklan dimedsos.jelas gak bisnisnya itu.

  82. Ceh berkata:

    niat banget mereka sampe cloning buat website palsu
    hahahaha

  83. Adit berkata:

    https://bahasbisnis.com/2020/05/05/fingo-tipu-tipu-berkedok-e-commerce/#comments

    Luar biasa fingo bikin blog bohong aja bisa apalagi bohongin kamu, kamu, iya kamu. Wkwkwkwkw..

    • Jack ma berkata:

      Iya kasihan sebenarnya orang yang terlanjur beli barang, yang kemudian bahasanya diseludupkan menjadi istilah bonus. Itu pun kalau ada barangnya.
      Malah kalau mau cepat datang barangnya,diminta lagi biaya bea cukai dan segala macam. Makin lucu, ngawur. Dah jelas fingo money game terselubung.ujung ujung alasan nunggu korona selesai, hahahaha, mimpi go income 1 miliar sebulan.

  84. APhee berkata:

    Bila benar demikian rasanya aparat perlu tahu dan agar bisa ditindak bila memang salah.

  85. Dewi berkata:

    Abis ngebaca artikel ini langsung coba browsing beberapa review tentang fingo di M’Sia, & sudah banyak yg kasih review ke arah negatif, seperti artikel di atas.
    Thanks buat artikelnya.

  86. Sultan zellerian berkata:

    Kalo pada masih punya logika udah jelas semua …
    Kerja aja dulu trus gajian ataw usaha aja dulu trus menuai keuntungan…jangan sim salabim itu namanya sulap yg isinya trik and trik…

  87. Jack ma berkata:

    Min, para member ps fingo sudah mulai marah karena barang yang dibeli tak kunjung datang berbulan bulan.kemudian AT atau AM nya kembali meyakinkan para membernya bahwa fingo sudah legal dengan memberi sebuah link. Coba dicek min bener gak nih linknya, soalnya ada beberapa versi. Kalau hanya situsnya dicari, fingo itu dah dari tahun 2013 dibuat. Cek min https://pdki-indonesia.dgip.go.id/index.php/merek/WjZIQWpjOVdwQTRPNVhCcmlDN01hUT09?q=Fingo&type=1

    • Brahm Anuga berkata:

      itu cuma daftar merk. Gak ada istimewanya sama sekali. Tapi ada yang menarik dari siapa yang mendaftarkan merk tersebut. Kok bukan jack yi?

  88. Kongke berkata:

    untung aja bc artikel ini bosku,,,,tadinya saya tergiur juga,,,tp saya mau cari info2 dulu,,trimakasih pak,,🙏🙏

  89. Antifongo berkata:

    Di pembahasan fingo, dijelaskan bahwa fingo dapat barang langsung dari pabrik (jadi barangnya harusnya dijual lebih murah dari harga end user). Coba sebutkan dan buktikan pabrik mana yg sudah jualan atau supply barang ke fingo?! Sebutkan pabriknya apa ! Barangnya mana ? Harganya brp ? Tinggal bandingin sama ecomerce yg lain. Kalo harga fingo lebih mahal dari ecomerce sebelah kan aneh. Harga pabrik yg di claim fingo tuh pabrik yg mana ya ?! Hahhaah

  90. Ahmad berkata:

    saya melihat yang komen di bahasbisnis sudah banyak sekali.

    baiknya sih diberikan semacam portal komen yang lebih rapi, seperti disqus.

    komennya tetap disaring dulu oleh admin. namun bagi yg komennya sering bagus2, dilolosin otomatis. gitu aja saran saya. semoga bahasbisnis terus maju!

  91. Baiq Lilik Kusrini berkata:

    Bang Brahm Anuga trims banget untung aja blm join ama yang namanya Fingo itu. Bang next bahas donk tentang bisnis Indo Supply Chain. Matur nuhun

  92. Entah Korban atau Pemenang berkata:

    Makasi banyak Bang pencerahannya. Sy jg didaftarkan yg PS oleh leader Sy. Awalnya sy bilang gk ada modal Krn baru abis married dan pindahan rumah. Tp Beliau maksa dgn mendaftarkan sy dlu (pakai duit Beliau) dan sy ganti ntar kalo udh dpt rejeki dari Fingo.

    Tp dari artikel ini sy dpt second opinion mengenai Fingo. Sempat curiga jg td siang buka2 aplikasinya Fingo. Harga Oppo Reno 3 Pro di Fingo dan toko di kota Sy beda jauh banget.. harusnya secara logika krn Fingo langsung dr Pabrik hrs lbh murah dong, tp ini malah lebih murah d toko.. bagaimana ini? Disamping itu varian barang yang dijual juga tidak banyak, misalnya saja sy cari Oppo Reno 3, gak ada stok barangnya.

    Jadi sy belom berani sebar link dlu sampai Fingo ini bener2 launching di Indonesia. Gak apa deh kehilangan rekan bisnis (kalau bisnisnya beneran, lumayan jg dapet diskon 10% kalo belanja) ketimbang didemo banyak downline (kalo bisnisnya bodong).

    • Brahm Anuga berkata:

      Sama-sama. Kalaupun launching di Indo, tetap saja saya yaking harganya gak kompetitif. Karena dari pabrik itu bohong dan mereka harus kasih komisi ke beberapa level member. Gak bakalan laku. Akhirnya cuma cari PS baru yang mau beli barang dengan iming iming kaya.

  93. akasa berkata:

    Temen ane udah join bro, tp tak kasih tau ginian malah masih ngeyel, trs gimana gan?

  94. Bony berkata:

    Gak sabar nunggu fingo bubar

  95. Modal berkata:

    sudah saya duga, di FB banyak yang udah cari downline. Agak janggal memang

  96. amir berkata:

    makasih artikelnya bang. membantu banget. akhirnya gak jadi gagal paham dah. wkwkwk
    gara2 di desak temen buat join dan ane masih mikir buat cari pertimbangan. eh nemu ni artikel. untung belum jadi. wkwkwk
    makasih bang.

  97. Jamaludin berkata:

    Terjadi kesalah pahaman ini sebetulnya dan banyak oknum atau pihak” yang tidak bertanggung jawab. Biar saya luruskan, Coba pelajari yang namanya sistem afiliasi atau perbedaan afiliasi dengan MLM. Sangat jauh bedanya, cmn di internet pada nangkep nya itu Fingo itu menganut sistem seperti MLM padahal sejatinya bukan, yaitu sistem afiliasi. Jadi beda, tolong penulis jangan menjerumuskan orang awam, kasian mereka.

    Buatlah postingan yang bijak, jangan menjatuhkan. Saya tau postingan ini bakalan membludak karena Anda sejatinya adalah blogger, yaitu pencari traffic dan disitu Anda mendapatkan uangnya. Tapi tolong, jngn menjerumuskan orang, kasian.

    Fingo
    BUKAN INVESTASI
    BUKAN MLM
    BUKAN TRADING
    BUKAN MINING
    BUKAN IKLAN

    Fingo adalah marketplace pada umumnya

    Yang di jalankan dgn konsep AFILIASI.

    🙏🙏🙏
    Apa itu Afiliasi?

    Affiliate program atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan program afiliasi atau kemitraan adalah suatu teknik marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website pemasar. Dalam prakteknya para pemasar mendapatkan link khusus yang sudah diberi tracking (pelacak) sehingga setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh system afiliasi penjual.

    • Brahm Anuga berkata:

      paragraf terakhir anda itu menandakan fingo itu penipuan. Sebab tak ada member fingo di indo yang jadi affiliate marketing. Semuanya rayu orang jadi member ps.

  98. Abduk berkata:

    Untunglah sy blm transfer uangnya .

  99. Simo berkata:

    Alhamdulillah spt info masuk akal… ga jadi dech terima tawaran fingo.

  100. Fifi Kawaii berkata:

    Hai kak…sedikit koreksi nih…btw MLM itu gabahaya lho ka ehee yg bahaya itu ponzi/money game..tp klo dari seluruh sumber yg saya amati yaaa fingo ini memang hmmm yaa gitu deh..btw bahas ttg taxoyager dong kak…pengen pencerahannya nih

  101. Yulia berkata:

    Sy penjual shopee lalu ada seller anggota fingo malah menawarkan join dg fingo. Sy kira sy bisa jualan disana taunya cuma beli hak affiliasi atau apa namanya. Katanya klo ada yg belanja disana sy otomatis dapat cashback. Lalu sy lihat harganya, mahal bgt. Mana ada yg mau beli produk dg harga tdk bersaing. Secara hukum islam jg jualan gak ada barangnya itu haram. Lagian sy murni penjual barang bkn reseller aplg dropshipper. Ya udh pasti sy tolak gabung fingo.

  102. Helmy Kurniawan berkata:

    mantap nih ngga jadi gabung, pasti uplinenaya fingo kejang-kejang baca artikel ini

  103. Nendra berkata:

    Thx…info y…

    Baru az..sy diajak gabung…nm y bukan fingo…tp zinopi..cara-cara hampir sama sepeti yg dibicarakan diatas…
    Apakah mereka orang yg sama dengan berganti nama…?
    Saya bertanya di dlm group wa mereka..bertanyaan umum
    ” Zinopi ini menjual produk atau bisnis jaringan?”
    Mereka pun mengeluarkan data power point membahas income dll

    Akhir y ..sy pamit..left dari group wa mereka

    Saya coba cari” info tentang zinopi di internet..info y..perusahaan singapura dan blm ada ijin usaha…

    Alasan y karena tidak ada kntr perwakilan di indonesia

    Oponi sy ini bisnis jaringan…alias cari org…ambil keuntungan dr pendaftaran..bukan jualan sepeti marketplace

  104. Xeremlethe berkata:

    Bahasbisnis.com mantabs sekali web ini dikarenakan sang penulis brahm anuga menyempatkan waktu menulis dan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dinegeri ini mengenai bisnis online yang tidak layak diikuti dan diperjuangkan karena akan berakhir dengan titik jenuh,scam bahkan jatuhnya banyak korban dan berakhir penipuan dengan argumen pemaparan yg sangat gamblang…!!!
    Namun, semua keputusan ditangan kita masing².mau ngeyel atau bersikap cerdas akan suatu bisnis online dengan segala refrensi fakta yg ada ditulisan web ini..Up 2 you sing penting good 4 you..
    Buat brahm anuga…siapapun anda dan dimanapun anda…semoga sehat selalu,saya pribadi ucapkan banyak terima kasih karena anda memberikan pencerahaan bagi saya pribadi sebelum ingin memulai suatu bisnis online melalui tulisan di web ini…

  105. Abdullah fuad berkata:

    Yg sudah transfer ke fingo..
    Anggap aja kasih uang saku ke org y mau minggat

  106. Bunda nda berkata:

    mau tanya tentang aplikasi talk fusion gan….? gmn menurut agan Brahm…? apa aplikasi itu memakai skema pyramid atau ponzi…? dan apa benar gan..setiap perusahaan affiliate Besar di seluruh Dunia wajib terdaftar di DSA…? dan jika member mendapatkan ATM yg bekerja sama dengan VISA apakah itu berarti perusahaannya LEGAL gan…?

    • Brahm Anuga berkata:

      Talk fusion kan udah banyak kasus. Jangan percaya DSA atau APLI. Banyak MLM sesat masuk situ juga. Herbalife masuk DSA. Paytren, qnet masuk APLI. ATM sama VISA? memangnya bank? Gak paham saya.

  107. Mendingan investasi saham atau obligasi aja. Ikutan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dibuat sama Bursa Efek Indonesia (BEI). Info bisa diliat di http://www.idx.co.id.

  108. Sukma Wijaya berkata:

    Yg real aja deh bisnisnya jualan parfum. Untung sedikit yg penting bisa rutin bersedekah.

  109. Han berkata:

    Aku dh mau gabung tinggal transfer , tp baca artikel ini jadi mikir 1000x
    Makasih infonya bang .
    Iya bisa review ayodeal aplikasi buatan anak medan . Ada Sistemnya afiliasi nya juga tp semua pendaftarannya gratis . Untuk. Barang2 yg dijual harga wajar.

    • Brahm Anuga berkata:

      Lihat sekilas, ok saja ada komisi bertingkat affiliate marketing. Cuma harus digali lebih lanjut, apakah untuk dapat komisi harus ada syarat belanja? Juga jangan jangan telan mentah mentah promo penghasilan ratusan juta. Affiliate marketing itu perlu usaha keras. Malah lebih keras dari jualan biasa. Kenapa? Karena saingannya banyak. Semua orang tergoda untuk bisa cari uang hanya dengan HP.

  110. Fai berkata:

    Bang, saya ditawari bisnis VIDY. Bagi sy memang gak masuk akal. Tolong di bantu pencerahannya ya bang. Thanks

  111. Tan berkata:

    Thanks kak ulasannya. Kemarin sempet di tawarin sama temen. Invest 700 dlu.. trs rekrut member nnti dapet 170rb (katanya) .. aku bilang mau pelajari dulu.. untung ketemu artikel ini. Kalau tidak, bisa2 di marahin suami klo kena tipu eCommerce abal2 macam ini.

  112. Adit berkata:

    https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200703150757-37-170054/hati-hati-ini-modus-99-investasi-bodong-yang-ditutup-ojk

    Fingo masuk daftar nih no.2
    Jadi apa yg di tulis oleh bro brahm adalah benar, yg ngotot ngebela fingo sampe blg bro brahm bodoh, ga ngerti marketing plan, sirik.
    Akhirnya terbuka semua siapa yg benar dan bohong di sini.
    Utk member fingo cepat kejar itu fingo minta uang nya kembali sebelum kabur itu pemilik fingo

  113. Squall berkata:

    Untuk para calon member yg diprospek seharusnya berpikir. Jika iming2 komisi yg didapat dari merekrut member baru, sedangkan perusahaan menjual produk dengan harga mahal yg sbenarnya hanya kamuflase harusnya hati2 ambil keputusan bergabung. Kalau mendapat keuntungan dari member baru itu namanya menipu/merampok orang. Yg diuntungkan adalah sih kepala yg pertama kali masuk. Jangan buang2 duit atau makan uang panas. Gak berkah hidup kita

  114. Yoga berkata:

    katanya fingo mau ditutup OJK. kok masih jalan seperti biasa aja.. ga ada rame2 juga di OJK ? ini gimana nih kebenarannya..??

    • Brahm Anuga berkata:

      coba liat kasus bisnis bodong lain seperti give4dream dan memiles. Ditutup juga, ngeyel tetap jalan juga, ujungnya tetap bubar. Cara bubarnya beda-beda. Ada yang app nya diblokir, ada yang pentolannya dibui.

    • Yoga berkata:

      sekarang udah lewat dari tanggal 3, apakah ada surat asli dari pihak2 terkait yang menerangkan fingo akan ditutup atau fingo sudah dinyatakan di tutup? kalau ada silahkan dimuat. kalau ga ada berarti situs ini tidak kuat isinya. bantu kita semua yang sudah membaca agar kita semua percaya dengan artikel ini. khusus tentang Fingo ya, bukan yg lain… silahkan kami tunggu

  115. gabriel berkata:

    daftar fingo bayar 800 ribu
    daftar shopee gratis
    toko online kok daftar nya bayar

  116. Jason berkata:

    Sudah lebih 500rb member indo yg gabung, duit yg dikelola fingo 800rb x 500rb = 400milyar….dengan kantor sederhana tanpa website bagaimana orang bisa percaya

  117. みく berkata:

    Kek MelM yg dulu pernah saya ikut, namanya D4F, yg ad gambar kunci rosaknya.

    Janjinya dapat uang miliaran, buktinya setor 1200k yg ad hilang 😅😅

    Zaman now jangan lah ngikut” kalo gak terdaftar OJK ☺️

  118. Pi berkata:

    Hiks sedih suami sy kena ini.
    Dy prnh kasi tau k sy akan sebuah marketplace baru & meminta ijin kpd sy utk join. Sy blg mending jgn krn skema nya MLM banget. Suami sy gampang bgt tergiur skema tsb.

    Sy jelaskan kalau berbisnis boleh tp usahakan pintar dlm memilih kemana uang kita.
    Bbrapa minggu lalu saat wfh, suami lg ntn zoom. Sy blg tumben amat fokus bngt vidcall an. Trnyata dy sdng vidcall dg ‘leader2’ fingo. Dsitu sy marah & tanya sudah keluar brapa uang yg dipakai.
    Suami crita hanya membeli barang yg bs dipakai: headset bluetooth seharga 300rb.
    Oh yaudahlah cm 300rb ini & sy liat headset nya bagus jg jd yaudah sy diemin.

    Trnyata suami daftarin hp sy jg & suruh sy utk beli serta upgred. Yah udahlah sy jg lg butuh headset jdlah sy beli jg. Tp aplikasi tsb diem tdk terpakai d hp sy.
    Sudah bbrapa minggu itu bluetooth headset kagak nyampe2.
    Sy yg mulai gerah & was2 menanyakan kpd suami sudah brapa uang yg dikeluarkan d fingo & brapa org yg masuk. 700rb an sdh keluar dr kami & brng sampai skrg blm kami terima.

    “Terhambat delivery nya krn covid-19”, jawaban suami sy ketika sy tanyakan kenapa blm sampai2.
    Kenapa kok ada hembusan berita bhw findo itu ilegal di Indonesia, sy tanya. “Iya krn waktu mau urus surat2nya , terhambat covid-19 jadi representative fingo malaysia tdk bs travel kesini utk legalisasi”
    ….belum legalisasi kenapa mau aja join dulu bgini?? Gmana cara jualan klo mreka nya aja blm ada disini??
    Sy banyak screenshot penjelasan blog anda & share ke suami. Suami hanya bs berdiam diri & tdk jawab apa2.

    Untung sy ketemu sm blog ini. Yg selalu menjadi panduan sy utk melihat bisnis2 online yg sdg marak lg skrg. Terima kasih ya mas. Semoga pengetahuan ini bs lebih banyak dikembangkan & tdk lg menjerumuskan org2 spt suami sy.

  119. Oziii berkata:

    Kak Brahm Anuga tolong Analisis

    http://Www.share4pay.net

    Gue bimbang nihhh

  120. Prisil berkata:

    Mereka yang udah terlanjur join jadi act “salty” sama kyk tmn gue yg gue kasih web ini

  121. Jack ma berkata:

    Mudah2an fingo cepat tenggelam dimakan bumi.berhentilah melakukan penipuan member baru. Kalian calon member baru hanya objek. Dengan close anda upgrade jadi member, upline akan senang karena duitmu akan dibagi bagi mereka.
    Min japri email saya min.pengen share materi2 mereka cara merayu orang agar mau upgrade. Baik video atau yg lain2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *