Melia sehat money game atau bukan?

Dulu namanya Melia Nature. Sekarang Melia Sehat. Produk andalannya propolis. Katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Juga, kalau ikut bisnis ini bisa sukses dan kaya. Bernarkan?

Bisnis Melia Sehat: skema piramida menurut permendag 70 2019

Dalam permendag 70 2019 pasal 30 huruf b disebutkan bahwa salah satu ciri skema piramida adalah:

Menerima pendaftaran keanggotaan sebagai Penjual Langsung dengan identitas yang sama dan hak usaha lebih dari 1 (satu) kali.

Di Melia sehat setiap orang (satu ID) bisa membeli 3, 7 dan 15 hak usaha.

Kata membernya, itu bukan hak usaha, itu paket atau unit.

Isilah paket atau unit cuma untuk penyaramaran saja. Faktanya, orang yang beli 3 unit, ketiga unit itu bisa mendapatkan bonus sponsorship dan pasangan. Itulah hak usaha. Hak untuk mendapatkan bonus. Ya masa unit bisa mendapatkan bonus? Unit atau paket itu kata benda. Masa benda bisa mendapatkan bonus? Ngarang sekali deh kamu.

Lihat penjelasannya disini, bukti bahwa paket atau unit itu bisa mendapat bonus.

URL: https://youtu.be/TnwgaoY8QVQ

Jadi jelas bahwa istilah paket atau unit itu adalah hak usaha. Dan satu mitra bisa mempunyai beberapa hak usaha. Itulah skema piramida menurut permendag No. 70 tahun 2019.

Produk melia sehat: Klaim berlebihan

Produk yang paling terkenal dari Melia Sehat adalah Melia propolis. Terdaftar di BPOM sebagai obat tradisional.

Ada banyak sekali klaim dari para member Melia Sehat bahwa Melia propolis dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya adalah kanker. Apakah betul?

Perlu penelitian yang lebih intensif. Bukan sekedar klaim. Yang pasti, BPOM melarang iklan obat tradisional yang menyatakan dapat menyembuhkan penyakit kanker, tumor, HIV AIDS (referensi).

Propolis memang bermanfaat, tapi tidak sedahsyat yang dikatakan para member Melia Sehat (referensi).

Layakkah ikut bisnis Melia Sehat?

Ikut bisnis MLM apapun, potensi barang laku dengan jujur itu harus jadi kriteria utama.

Sembarangan mengatakan suatu zat menyembuhkan berbagai penyakit, lalu orang menunda untuk mendapatkan perawatan yang seharusnya, Anda bisa saja membunuh orang.

Ingan bahwa BPOM melarang iklan obat tradisional sebagai obat kanker, obat tumor, obat mata dan sederet penyakit lain. Dan Melia sehat adalah obat tradisional yang dimaksud.

Silahkan saja jadi member Melia Sehat. Coba jual dengan jujur, tanpa klaim berlebihan.

Atau fokus pada perekrutan downline?

Kalau fokus pada perekrutan downline, ya itulah moneygame. Jangan dikira gampang. Untuk dapat penghasilan yang cukup, Anda harus merekrut puluhan orang setiap bulan.

Lalu bagaimana dengan video-video epik, orang dapat mobil, jalan-jalan ke Paris karena ikut bisnis Melia Sehat?

Mungkin benar tapi itu hanya sebagian kecil saja. Di setiap MLM skema piramida, hanya kurang dari 1% yang bisa mendapatkan penghasilan layak. Sebagian besar hanya mendapat zonk. Beli produk yang tidak dibutuhkan sejumlah jutaan rupiah, tanpa mendapat penghasilan bisnis yang diharapkan. Tak percaya? periksa saja sembarang 10 member propolis. Ada yang kaya?

Tapi ada dokter yang jadi leader Melia Sehat? sejauh yang saya tau, dokter dilarang jualan obat.

Sebetulnya kalau yang menawarkan dokter, lebih asyik nanyanya. Dia paham kalau ditanya: Apakah ada penelitian ilmiah pada manusia yang membuktikan manfaat propolis seperti yang dikatakan para member melia sehat? Dokter harusnya jawabannya ilmiah. Tapi kalau jawabannya gaga gugu, ya sama saja. Tak usah dianggap gelarnya. Mungkin pantas diadukan ke Ikatan Dokter Indonesia.

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

data-matched-content-ui-type="image_sidebyside"