Adakah peluang bisnis online tanpa modal?



Dari waktu kewaktu, banyak orang mencari peluang bisnis online tanpa modal. Memang ada? Kalau kita cari di internet, kita akan dapatkan hasil pencarian yang sepertinya memang bisnis seperti itu banyak. Beberapa malah memberi kesan bahwa bisnis semacam itu gampang. Tapi benarkah?

Dari istilah pun peluang bisnis online tanpa modal itu pun sudah keliru. Namanya online itu butuh koneksi internet. Lepas dari masalah koneksi itu murah atau mahal, itu butuh biaya. Jadi akan 100% tanpa modal, kecuali kita bisa dapatkan koneksi internet gratis.

Juga, yang namanya peluang itu ada nilainya. Peluangnya 90%? atau nol koma sekian persen? Tidak salah kalau orang bilang ya, peluang itu ada. Tapi peluang itu berapa banyak?



Tulisan ini bukan bermaksud membuat Anda bersikap pesimis tentang bisnis online tanpa modal. Tapi wawasan itu penting agar kita tidak salah langkah. Peluang bisnis online tanpa modal itu memang ada. Tapi peluang itu kecil. Untuk menjadikan peluang itu menjadi nyata, perlu beberapa faktor yang mungkin Anda tidak punya. Mari kita bahas. Anggap saja biaya koneksi gratis, jadi betulan tanpa modal.

Yang dimaksud bisnis online adalah bisnis yang transaksinya dilakukan secara online. Contoh jual beli yang dilakukan di toko online. Orang deal jual beli tidak perlu bertatap muka langsung. Itulah bisnis online.

Ada banyak macam bisnis online. Dari jual beli online sampai bisnis bermodal raksasa seperti Google. Tapi tentu kita tidak bahas dalam konteks yang besar. Kita hanya bahas bisnis online yang tanpa modal, setidaknya yang nyaris tanpa modal.

Beberapa peluang bisnis online tanpa modal

Beberapa peluang bisnis online tanpa modal yang populer:

  • Menjadi dropshipper
  • Program affiliasi
  • Menjadi penulis
  • Perancang website atau blog

Peluangnya memang ada. Tapi hanya sebagian kecil orang saja yang akhirnya benar-benar dapat menghasilkan pendapatan.

Dropshipper

Menjadi dropshipper itu berarti Anda pura pura mempunyai barang, lalu memasarkan barang. Kalau ada orang beli, Anda order ke pihak lain dan meminta ke pemilik barang yang asli agar mengirim barang atas nama Anda.

Kelihatannya enak. Tak perlu modal, tak perlu stok barang. Tapi dibalik itu perlu perjuangan berat.

Anda bersaing dengan pemilik barang asli. Bila Anda dan pemilik barang asli sama-sama jualan di pasar online yang sama, misalnya sama-sama di Bukalapak, susah buat Anda mendapakan pembeli. Pertama, harga tidak akan bersaing, kecuali Anda mendapatkan potongan harga dari pemilik barang asli sehingga harga bisa sama. Kedua, tingkat kepercayaan calon pembeli untuk Anda pun kemungkinan lebih kecil dari pemilik barang yang asli. Mereka menjual lebih dahulu dan sudah orang yang memberi penilaian, kecuali Anda harus memilih barang yang kurang laku yang tentu saja tak bagus. Untuk mengatasi hal ini.

Supaya bisa bersaing, Anda butuh pemasaran yang lebih gencar dari pemilik asli. Promosi butuh biaya. Mau tetap tanpa biaya? Bisa. Anda harus punya kemampuan membuat website yang bagus sehingga website Anda muncul saat orang mencari dengan kata kunci produk yang Anda jual. Anda butuh kemampuan khusus tentang SEO. Gampang? Tidak. Untuk produk yang banyak dicari orang, Saingan Anda justru bukalapak itu sendiri. Atau Tokopedia, tergantung dimana Anda menjadi Dropshipper. Tanpa biaya, Bukalapak dan Tokopedia akan menampilkan penjual yang membayar biaya promosi.

Masalah di dropshipper juga masalah mutu pelayanan. Respon Anda akan lebih lambat dibanding pemilik barang asli. Ini kalau Anda berhasil menjual barang. Lambatnya respon itu pada akhirnya membuat penilaian pembeli buruk dan membuat Anda makin sulit bersaing dengan pemilik barang asli. Ditambah lagi kalau terjadi komplain, Anda harus repot mengurusi hal tersebut kepada penjual asli. Kalau tiak mau, makin buruk saja penilaian pembeli.

Masalah yang lain, begitu pemilik barang yang asli menawarkan program dropship, bukan Anda saja yang berminat, tapi juga banyak orang lain yang masih berharap adanya bisnis online tanpa modal. Tingkat persaingan makin berat.

Jadi, peluang itu ada, tapi kecil. Untuk memperbesar peluang, Anda harus mencari produk yang dijual disuatu situs belanja online dan tidak dijual di situs yang lain. Contoh, dijual di bukalapak, tidak dijual di Tokopedia. Anda jadi dropshipper dengan menawakannya di Tokopedia. Pengetahuan tentang membuat website dan SEO juga bisa memperbesar peluang.

Program afiliasi

Program afiliasi sama saja dengan dropshipping, tetapi Anda terus terang bahwa itu adalah barang milik orang lain, Anda hanya bantu menjualkan. Tantangan dalam persaingan tetap ada, tetapi anda tidak direpotkan dengan masalah paska transaksi seperti pengriman, apalagi komplain.

Menjadi penulis

Menjadi penulis dijaman internet itu enak. Anda tinggal ketak-ketik, kirim lewat email dan dibayar. Pertanyaannya, apakah tulisan Anda layak dibayar? Anda harus punya kemampuan menulis yang membuat orang mau baca.

Anggap Anda punya kemampuan menulis, Anda harus membangun brand diri Anda sendiri. Rajin menulis, dikenal orang, dikenal orang yang mau membayar tulisan Anda.

Altertanif lain adalah Anda menulis di webiste Anda sendiri dan mendapatkan uang dari iklan adsense. Bisa, tapi penghasilannya luar biasa kecil. Perlu beberapa tahun, konsistensi tingkat tinggi dan juga kemampuan lain: Anda harus paham search engine optimization atau SEO. Tanpa itu, website anda seperti sebuah catatan di sebuah pojok kamar yang tak pernah dibaca orang.

Peluangnya Anda, tapi Anda harus punya keahlian dan ketekunan.

Merancang Website

Ini sama dengan menjadi penulis. Anda harus punya skill dan juga ketekunan dalam membangun brand diri Anda sendiri.

Jangan percaya pada mudahnya bisnis online

Bisnis online itu tidak mudah. Mungkin waktu jaman internet baru lahir lebih mudah. Tapi sekarang sudah banjir informasi. Untuk berhasil anda perlu cukup menonjol agar informasi Anda dilihat orang. Perlu usaha keras, bahkan untuk orang yang punya modal.

Banyak orang masih percaya adanya peluang bisnis online tanpa modal yang mudah. Klik dapat duit. Melihat iklan dapat duit. Tak ada yang seperti itu. Tawaran bisnis online yang mudah pasti penipuan. Awalnya gratis, lalu Anda digiring untuk mengeluarkan uang yang akhirnya membuat Anda rugi.

Bila Anda tak tahu banyak tentang dunia internet, lebih baik bisnis konvensional. Dagang kecil-kecilan, bisnis kuliner dan lain-lain. Lihat apa yang orang butuhkan. Jangan harap ada bisnis yang mudah, apalagi bisnis mudah tanpa modal. Baca juga berbagai tantangan dalam bisnis rumahan.

 



Semua iklan dalam situs ini dimunculkan oleh google, tergantung apa yang pernah Anda cari di Google atau kata yang terkandung di artikel. Iklan kadang bertentangan dengan isi artikel, menampilkan apa yang dikritik dalam artikel, diluar keinginan pengelola situs.

Leave a Reply